Obati Sariawan Kronis dengan Daun Binahong

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hampir setiap orang pernah merasakan tersiksanya terkena sariawan. Sariawan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Jika dibiarkan berlarut-larut, sariawan kronis bisa menyerang Anda.

Jika sariawan kronis sudah menyerang, maka diperlukan pengobatan atau penanganan sesegera mungkin. Salah satu pengobatan tradisional yang ampuh melawan sariawan kronis adalah tanaman binahong.

Seperti apa tanaman binahong itu? Cara tumbuh tanaman ini adalah menjalar atau merambat hingga mencapai 5 m. Ciri khas dari tanaman binahong adalah daunnya. Daun binahong berbentuk jantung. Daunnya tunggal dengan warna hijau. Daun binahong tersusun berseling dengan tangkai sangat pendek. Helaian daun binahong tipis dan lemas, ujungnya runcing, pangkalnya berlekuk, tepinya rata dan permukaannya licin. Daun binahong memiliki panjang kira-kira 5–10 cm dan lebar 3–7 cm.

Akar binahong berdaging lunak, berwarna merah, silindris, saling membelit, bagian dalam solid, dan permukaannya halus. Bunga binahong berbau harum dengan bentuk bunga tandan, tangkainya panjang, dan muncul di ketiak daun. Mahkotanya berwarna krem keputih-putihan dengan jumlah lima helai. Zat-zat yang dimiliki binahong di antaranya zat antioksidan, alkoloid, saponin, asam arkobat, protein, mineral dan masih banyak lagi.

Tanaman yang biasa dijadikan sebagai tanaman hias ini memang dapat digunakan untuk obat sariawan yang sudah kronis. Biasanya, sariawan jenis ini terbentuk akibat kurangnya vitamin yang kemudian menimbulkan luka pada mulut dan sekitarnya.

Bagaimana caranya memanfaatkan binahong untuk mengobati sariawan kronis? Cukup ambil selembar daun binahong, bisa daun yang masih muda atau sudah cukup hijau tua. Kemudian, cuci di air mengalir sebentar saja. Lalu, remas dengan menggunakan dua jari. Tempelkan remasan daun binahong pada luka sariawan. Memang akan terasa pedih. Tapi, hanya sebentar. Tanaman binahong sendiri rasanya tidak pahit.

Bila akan digunakan untuk anak-anak, sebaiknya daun binahong direbus. Ambilah beberapa helai daun binahong. Lalu, rebuslah. Setelah cukup mendidih, air rebusannya diberikan ke anak yang sedang menderita sariawan. Bila terasa masih panas, diamkan air rebusan sejenak hingga terasa lebih sejuk. Jangan meminumkan air rebusan binahong dalam keadaan hangat karena suhu hangat akan memperparah kondisi sariawan.

Jika khawatir anak tidak mau, maka Anda bisa juga mencampurkannya dengan susu. Rasanya yang tawar tidak akan terasa bahwa dia sedang meminum obat.

Selain dapat menyembuhkan sariawan, daun binahong juga bermanfaat sebagai penghilang rasa pusing. Tak hanya itu, binahong juga digunakan untuk luka luar, seperti luka bakar atau luka tersayat pisau.

Satu lagi kelebihan pohon binahong, yakni relatif mudah ditanam. Anda, misalnya, dapat menanam tanaman ini di halaman atau belakang rumah. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY