Olahraga Baik Untuk Kesehatan Mental Remaja

SehatFresh.com – Berolahraga setiap hari memberikan manfaat besar bagi remaja. Manfaat tersebut diantaranya meningkatkan energi, menjaga berat badan tetap ideal, mencegah osteoporosis, kanker, dan penyakit jantung di kemudian hari. Selain itu, remaja juga dapat menuai banyak manfaat kesehatan mental dari aktivitas fisik, terutama yang berkaitan dengan depresi.

Sebuah studi tahun 2006 dalam Journal of Abnormal Psychology, menunjukkan bahwa partisipasi olahraga dan aktivitas fisik yang lebih tinggi terkait dengan tingkat depresi yang lebih rendah. Olahraga juga dapat mendorong persepsi diri yang lebih baik, terutama untuk remaja perempuan. Lebih banyak anak perempuan daripada anak laki-laki yang mengalami depresi pada masa remaja. Bahkan hingga usia 24, perempuan berisiko dua kali lipat menderita depresi dibandingkan dengan laki-laki pada usia yang sama.

Studi lainnya dari dari Trimbos Institute telah mencari korelasi antara olahraga dan kesehatan mental pada 7.000 remaja usia 11-16 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang rajin berolahraga cenderung memancarkan citra diri yang positif dan kemampuan sosial yang baik.

Banyak hal dan kondisi yang memicu stres masa remaja. Para remaja dihadapkan dengan berbagai tantangan yang berkaitan dengan pubertas, perubahan peran sosial, dan lingkungan guna mencapai kemandirian. Tantangan ini bisa memicu masalah perilaku dan berujung stres jika mereka tidak mampu mengatasi tantangan tersebut.

Dari sejumlah penelitian, aktivitas fisik bisa membantu melawan depresi. Artinya, semakin rutin aktivitas fisik dilakukan, semakin rendah kemungkinan seseorang menderita depresi. Saat melakukan aktivitas fisik, tubuh memproduksi hormon-hormon tertentu yang menangkal stres.

Di era modern ini, sayangnya banyak remaja lebih memilih untuk bermain games ketimbang melakukan aktivitas fisik. Era digital juga membuat banyak remaja mudah tertekan. Salah satu contohnya yaitu tekanan untuk selalu tampil maksimal dan menonjolkan diri di berbagai media sosial.

Tubuh membutuhkan olahraga sama halnya dengan kebutuhan tidur. Selain makan sehat, olahraga merupakan faktor penting untuk kesehatan tubuh yang baik. Anjuran dari US Department of Health and Human Service, remaja harus aktif secara fisik setidaknya 60 menit setiap hari. Ini bisa terdiri dari aktivitas fisik yang bervariasi agar tidak jenuh dan tidak harus dilakukan sekaligus. Jalan kaki, jogging dan bersepeda di sekitar rumah bisa menjadi pilihan olahraga sederhana yang menyenangkan. Olahraga kompetisi seperti sepak bola atau basket juga bisa menjadi pilihan olahraga yang memacu semangat.

Sumber gambar : www.sehatfresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY