Olahraga Bantu Atasi Masalah Kesuburan Pria

SehatFresh.com – Agar dapat terjadi konsepsi, sperma harus sehat dan cukup kuat untuk mencapai dan menembus sel telur wanita. Untuk membuat proses ini terjadi, pria harus mampu memiliki dan mempertahankan ereksi, memiliki cukup sperma sehat, dan memiliki cukup air mani untuk membawa sperma ke sel telur. Adanya gangguan dalam proses ini bisa membuat seorang pria menjadi kurang subur. Selain dengan makan sehat, olahraga dapat membantu mengatasi masalah ini dengan menjaga berat badan tetap ideal dan mengurangi stres.

Kelebihan berat badan dapat memengaruhi sperma dan memicu masalah aliran darah yang akan berpengaruh pada ereksi. Menurut sebuah studi dari Harvard University, pria yang berolahraga selama tujuh jam atau lebih dalam seminggu (satu jam sehari) memiliki konsentrasi sperma 48% lebih tinggi daripada mereka yang berolahraga kurang dari satu jam seminggu. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pria yang rajin berolahraga di luar ruangan atau angkat beban memiliki konsentrasi sperma yang lebih tinggi.

Para peneliti berspekulasi bahwa tingkat aktivitas luar ruangan meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Vitamin ini membantu sperma berenang lebih baik dan lebih cepat. Sementara itu, angkat beban telah terbukti meningkatkan tingkat testosteron dan meningkatkan sensitivitas insulin, di mana keduanya merupakan faktor yang berhubungan dengan konsentrasi sperma yang lebih tinggi.

Meskipun aktif secara fisik memang menguntungkan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa terlalu intens berolahraga dapat merugikan kesuburan. Sejumlah penelitian melaporkan bahwa kualitas sperma para atlet ternyata lebih rendah dibandingkan pria yang olahraga sewajarnya. Artinya, olahraga berlebihan justru bisa merugikan kualitas sperma.

Salah satu jenis olahraga yang dianggap dapat menurunkan kualitas sperma adalah bersepeda. Ini karena bersepeda mengharuskan Anda duduk untuk waktu yang lama sehingga suhu skrotum meningkat dan tekanan pada sadel bisa menyebabkan trauma pada testis.

Pria melepaskan jutaan sperma selama ejakulasi, namun hanya segelintir yang berhasil melewati serviks dan berenang cukup jauh mencapai telur wanita. Semakin sehat dan semakin banyak jumlah sperma, semakin besar kemungkinan satu sperma akan berhasil membuahi sel telur.

Berolahraga setidaknya dua bulan sebelum konsepsi bisa meningkatkan peluang Anda memiliki anak. Bila selama ini olahraga sudah menjadi bagian gaya hidup, terus lanjutkan kegiatan sehat tersebut dalam porsi yang wajar. Jika belum, tidak ada kata terlambat untuk memulainya dari sekarang. Hindari juga penggunaan hormon steroid hanya demi perut six pack, jika tidak ingin kesuburan Anda terganggu.

Sumber gambar : fiforlif.gem8.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY