Olahraga Terlalu Sering Dapat Menurunkan Libido

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki tubuh yang sehat dan ideal merupakan dambaan setiap orang. Kesehatan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pola makan, aktivitas, pola istirahat dan lain-lain.

Olahraga merupakan salah satu cara hidup sehat. Selain makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup olahraga merupakan penunjang kesehatan bagi manusia. Banyak manfaat yang didapat dari olah raga. Olahraga dianggap sebagai faktor untuk meningkatkan gairah seksual. Namun, olahraga yang terlalu sering dengan intensitas tinggi menimbulkan dampak yang berpengaruhi bagi gairah seksual.

Olahraga yang dianggap intensitas tinggi seperti gym, angkat besi dan olahraga yang dilakukan terlalu lama dan mengakibatkan kelelahan. Banyak ilmuwan yang meneliti tentang hal ini. Sebuah penelitian menyatakan bahwa olahraga yang dianggap dengan intensitas tinggi pada laki-laki apabila dilakukan 10 jam dalam seminggu.

Sebuah penelitian dilakukan pada 1.077 pria yang sering melakukan olahraga lari, berjalan kaki, bersepeda, renang atau angkat beban ternyata mengakibatkan aktivitas gairah seksual menurun.

Sebuah ilmuan menyatakan olahraga yang terlalu intens bisa memicu dan mengakibatkan kondisi yang disebut hipogonadisme. Hipogonadisme terjadi ketika olahraga yang intens mengakibatkan hormon testosteron dan luteinizing berkurang.

Laporan yang diterbitkan oleh Newser menambahkan studi mengenai hal ini yang menyatakan orang yang secara teratur berolahraga atau latihan dalam waktu yang lama mungkin tidak memiliki  cadangan energi yang cukup atau testosteron yang berkurang sehingga gairah sek menurun.

Hipogonadisme memiliki dampak libido menurun. Selain itu hipogonadisme mengakibatkan kesulitan ekresi dan infertilitas karena testis tidak cukup memproduksi sperma.

Penelitian kecil menyatakan bahwa olahraga atau latihan fisik yang panjang dan melelahkan menurunka kadar testosteron dalam aliran darah manusia, baik dengan jangka pendek ataupun jangka panjang.

Studi lain melakukan penelitian pada atlet wanita. Wanita yang sering melakukan olahraga yang berat dan terlalu sering menurunkan gairah sek yang menurun. Hal ini dipengaruhi oleh ketidakseimbangan antara hormon yang berhubungan dengan tingkat stres pada wanita tersebut.

Kesimpulan diatas menjelaskan bahwa pria atau wanita yang sehari-hari kurang gerak dengan melakukan olahraga bisa meningkatkan gairah seksual meningkat. Akan tetapi hal ini harus dilakukan dalam batas normal dan tidak berintensitas tinggi.

Kebuguran tubuh dan kesehatan yang dilakukan dengan berolahraga itu penting tetapi dalam batas normal. Karena alangkah baiknya jika olahraga dilakukan dalam waktu yang sedang dan tidak membuat tubuh menjadi lelah. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here