Olahraga Turunkan Risiko Penyakit Jantung pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika anda mendengar kata penyakit jantung pasti dalam benak anda kata tersebut didefinisikan sebagai penyakit mematikan. Siapapun yang terkena penyakit tersebut pasti akan cepat meninggal dan pendapat negatif lainnya.

Memang tidak bisa dipungkiri, siapa saja pasti takut dengan penyakit yang satu ini. Dimana penyakit jantung masuk dalam kategori pembunuh nomor satu di dunia. Dan penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tidak pandang bulu baik anak-anak, remaja atau dewasa. Sehingga semua orang memiliki kemungkinan atau risiko terkena penyakit jantung tak terkecuali wanita.

Lalu seperti apakah orang yang beresiko terkena penyakit jantung?. Orang yang berisiko terkena penyakit jantung seperti berikut ini:

  • Memiliki kolesterol tinggi dalam waktu yang lama
  • Menderita penyakit kencing manis
  • Merokok
  • Meminum alkohol
  • Hipertensi ( Tekanan darah tinggi)
  • Kegemukan
  • Kurang aktivitas
  • Stress

Seperti yang kita lihat di atas, bahwa kurang aktivitas merupakan salah satu indikator yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Yang dimaksud kurangnya aktivitas yaitu kurang berolahraga.

Wanita sering beralasan tidak mau olahraga karena malas atau karena sudah sibuk dengan tugas sehari-hari. Namun, sebaiknya luangkan waktu anda untuk berolahraga sehingga dapat menurunkan risiko tersebut.

Sebenarnya hanya dengan melakukan aktivitas fisik selama 20 menit sudah cukup untuk membuat perbedaan pada jantung, arteri ataupun tulang dan persendian serta kesehatan anda secara keseluruhan. Jadi tidak ada alasan anda tidak sempat, karena ini adalah untuk kesehatan tubuh, apalagi dengan olahraga dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada wanita.

Bagi anda yang tidak suka dengan olahraga berat, ada salah satu alternatif olahraga ringan yang dapat anda lakukan yaitu jalan cepat. Menurut penelitian dari American Heart Association (AHA) menghabiskan dua setengah jam seminggu dengan melakukan aktivitas fisik ringan, seperti jalan cepat, bisa menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 25 persen pada wanita di bawah 50 tahun.

Pada penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association tersebut, para peneliti menggunakan sampel dari wanita berusia antara 27-44 tahun. Alasan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang dapat diambil oleh wanita muda dalam menurunkan risiko penyakit jantung yang terkenal sangat mematikan dan sulit untuk disembuhkan.

Studi lain juga menunjukkan, bahwa wanita yang menghabiskan waktu berolahraga total 2,5 jam per minggu untuk bergerak aktif, memiliki kemungkinan 25 persen lebih kecil untuk terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang jarang atau tidak sama sekali bergerak aktif.

Jadi, untuk para wanita jangan ragu atau malas lagi untuk berolahraga. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa olahraga menyumbang besar dalam langkah kita untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY