Olahraga yang Baik Bagi Penderita Jantung Koroner

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Semua orang memiliki keinginan agar tubuhnya selalu dalam keadaan sehat sehingga dapat melakukan semua aktivitas kesehariannya. Sehingga semua cara untuk mendapatkan kesehatan dilakukan.

Salah satunya yaitu dengan melakukan olahraga rutin. Olahraga ini dapat dijadikan sebagai prioritas utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena banyak orang yang menggunakan cara ini, tak terkecuali para penderita jantung koroner.

Bagi anda yang masih memiliki tubuh bugar dan sehat untuk memilih atau melakukan olahraga apa saja mungkin bisa dilakukan. Tetapi berbeda bagi orang yang memiliki penyakit jantung koroner. Karena bagi mereka tidak semua olahraga akan berdampak baik bagi kesehatan atau keadaan penyakitnya. Olahraga tertentu bisa saja membuat jantung koroner yang di deritanya menjadi semakin parah. Jadi mereka sangat berhati- hati dalam memilih jenis olahraga.

Untuk anda yang menderita penyakit jantung koroner tetapi tetap ingin melakukan olahraga, berikut olahraga yang cocok dan baik bagi keadaan penyakit anda, meliputi:

  1. Jalan kaki

Pilihan pertama bagi anda adalah olahraga dengan jalan kaki. Anda dapat melakukannya di pagi hari dan sore hari.

  1. Jalan cepat

Selain jalan kaki, anda juga bisa berolahraga jalan cepat. Jalan cepat dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Namun jika anda merasa lelah ketika melakukan olahraga ini, sebaiknya berhenti daripada akan memberikan dampak buruk pada jantung anda.

  1. Aerobik

Olahraga aerobik ini baik untuk seseorang yang menderita jantung koroner. Meskipun gerakannya banyak dan mengeluarkan keringat, aerobik tidak berbahaya karena tidak memiliki penekanan berat pada otot-otot.

  1. Meditasi

Dengan melakukan meditasi anda akan mendapatkan suasana hati yang tenang dan juga dapat mengontrol emosi. Sehingga baik untuk kesehatan jantung dan sistem pernafasan karena disini anda berlatih untuk mengatur nafas.

  1. Yoga

Selain meditasi, olahraga yoga juga dapat menciptakan ketenangan secara fisik dan efek positif terhadap menurunkan tekanan darah dalam tubuh, membuat pembuluh darah lebih elastis dan tentunya jantung lebih sehat.

  1. Berenang

Jika anda termasuk orang yang memiliki hobi berenang. Tetap lakukan saja hobi tersebut karena baik bagi kesehatan jantung.

  1. Bersepeda

Jika anda ingin berolahraga dengan cara yang menyenangkan, anda dapat memilih olahraga bersepeda. Bersepeda secara rutin dapat menurunkan risiko masalah jantung, dan juga baik untuk pembuluh darah serta paru-paru.

Itulah olahraga yang baik bagi penderita jantung koroner. Anda bisa memilih satu diantara 7 macam olahraga di atas yang mana menurut anda paling nyaman dan aman untuk tubuh anda. Karena memilih olahraga yang cocok dengan anda maka dapat membantu jantung anda lebih sehat. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY