Olahraga yang Baik Ketika Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Olahraga menjaga tubuh untuk tetap prima dalam berbagai kondisi. Olahraga ringan perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat puasa. Melakukan olahraga ringan setelah sahur atau sebelum berbuka puasa mampu menyeimbangkan dan menjaga kebugaran tubuh meski sedang berpuasa. Memperhatikan jenis dan waktu olahraga saat puasa perlu disesuaikan dengan kemampuan kondisi tubuh

Berikut beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan saat berpuasa:

  • Bersepeda. Bersepeda merupakan olahraga alternatif ringan yang dapat dilakukan saat berpuasa. Bersepeda selama berpuasa dapat dilakukan pada pagi hari atau setelah subuh, dengan jenis sepeda statis ataupun dinamis. Lakukan aktivitas bersepeda sampai sekitar 45 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda selama kurang lebih 45 menit akan membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, dan 350 kalori untuk pria.
  • Jogging. Jogging dengan intensitas ringan sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Melakukan jogging beberapa jam setelah melakukan sahur di pagi hari dan/atau saat sore menjelang waktu berbuka. Jogging di pagi hari memungkinkan kita tidak merasa terlalu lelah, karena masih banyaknya energi tersimpan di dalam tubuh setelah makan sahur. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Tentukan intensitas jogging yang ringan demi mencegah terjadinya dehidrasi berlebihan.
  • Jalan Cepat. Jalan cepat menjadi alternatif olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan selama berpuasa. Melakukan jalan cepat bersama rekan di tempat dan waktu yang tidak terbatas. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu kita untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Lakukan olahraga jalan cepat saat menjelang berbuka.
  • Renang. Renang salah satu olahraga ringan yang membakar kalori dengan baik. Mengisi waktu berbuka dengan berenang selama kurang lebih 30 menit mampu membakar 360 kalori bagi wanita. Tetap berhati-hati mencegah masuknya air ke dalam mulut yang dapat membatalkan puasa.
  • Yoga. Yoga mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh dan mampu menjaga pikiran tetap. Proses yoga berfokus pada pelatihan teknik pernapasan membantu proses penyuplaian oksigen ke dalam otak dan membantu tetap berpikir jernih, merasa tenang, serta nyaman selama berpuasa. Yoga dapat dilakukan kapan pun selama berpuasa. Pilihlah lokasi tenang dan jauh dari keramaian untuk dapat melakukan yoga maksimal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY