Olahraga yang Baik untuk Anak saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga. Meski sedang berpuasa, tubuh tetap membutuhkan latihan fisik agar tetap bugar. Namun sebaiknya perhatikan olahraga yang akan Anda dan si buah hati lakukan, jangan sampai olahraga justru membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk.

Ada beberapa jenis olahraga yang baik saat puasa. Bukan termasuk olahraga berat karena olahraga berat bisa menguras cukup banyak energi. Sedangkan saat kita puasa, kita harus menghemat energi akan tubuh tidak lemas hingga saatnya berbuka. Terlebih lagi bagi anak-anak yang masih belajar untuk berpuasa.

Orang yang sedang berpuasa juga harus tetap berolahraga. Jangan sampai karena alasan puasa kita hanya bermalas-malasan tanpa melakukan kegiatan apapun. Olahraga yang kita jalani akan sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh selama kita berpuasa. Asalkan dilakukan dengan cara yang benar dan waktu yang tepat.

Contoh olahraga yang bisa dilakukan saat puasa yaitu jalan-jalan pada pagi hari selama tiga puluh menit, bersepeda keliling komplek selama tiga puluh menit atau senam kecil yang bisa dilakukan lima belas menit. Hindari olahraga berat seperti lari atau olahraga permainan seperti bola saat puasa. Olahraga berat bisa menguras energi dan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat sehingga kekurangan cairan.

Cara berolahraga saat puasa yang bisa menyegarkan badan juga bisa dijalankan pada sore hari ketika menunggu berbuka. Bisa jalan-jalan kecil sambil menunggu datang adzan Maghrib. Begitu pentingnya menjalani olahraga saat puasa, namun yang perlu diperhatikan yaitu harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh. Jadi perhatikan jenis olahraga yang dijalani, waktu, dan durasinya.

Ketika berpuasa tubuh menggunakan cadangan lemak yang ada di dalam tubuh untuk membentuk energi. Lemak inilah yang dibakar ketika olahraga, dan tentu olahraga akan sangat baik untuk kesehatan, kebugaran tubuh dan membantu menurunkan berat badan bagi yang bertubuh gemuk.

Jenis Olahraga yang Baik Saat Puasa

  • Sepeda santai. Olahraga ini cukup menyenangkan ketika dilakukan pada sore hari atau pagi hari. Anda bisa bersepeda selama kurang lebih 30 menit untuk menunggu datangnya waktu berbuka. Selain menyenangkan, olahraga ini juga bisa dilakukan bersama anggota keluarga atau teman-teman. Bersepeda selama 30 menit sudah cukup baik untuk membuat tubuh berkeringat dan menjadikan badan lebih bugar ketika puasa.
  • Jogging. Jogging ringan juga cukup baik dilakukan sambil menunggu waktu berbuka. Lakukan olahraga ini antara 20 hingga 30 menit setiap hari untuk membuat tubuh lebih bugar. Jogging akan membakar kalori dalam tubuh sehingga kita terhindar dari kegemukan saat sedang berpuasa. Akan tetapi, olahraga saat puasa juga harus sesuai kemampuan, jangan dipaksakan jika memang tidak mampu.
  • Badminton. Badminton merupakan olahraga yang cukup menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Olahraga ini cukup baik karena bisa membuat tubuh lebih aktif. Ketika puasa, badminton bisa dilakukan sore hari sambil menunggu berbuka.
  • Tenis Meja. Tenis meja juga termasuk jenis olahraga yang baik saat puasa. Olahraga ini tak terlalu melelahkan namun bisa membakar banyak kalori di dalam tubuh. Tennis juga bisa jadi olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan sambil menunggu adzan Maghrib.

Itulah beberapa jenis olahraga yang baik saat puasa. Anda bisa melakukannya sambil menunggu adzan magrib berkumandang untuk berbuka puasa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY