Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Otak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa menjadi pribadi yang pintar dan cerdas harus banyak mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi serta rajin belajar dan terus melatih kecerdasan otak. Akan tetapi belum banyak orang yang tahu bahwa ingin menjadi pintar tidak hanya hal tersebut, olahraga juga memiliki peranan penting pada kecerdasan otak.

Seperti halnya otot manusia jika sering dilatih maka otot akan semakin besar dan kuat, begitupula dengan otak memiliki kaitannya dengan olahraga. Melakukan olahraga, makan bergizi dan rajin belajar merupakan upaya yang kompleks untuk menyehatkan dan mencerdaskan otak.

Melakukan olahraga secara rutin tidak hanya menyehatkan tubuh akan tetapi dapat menyehatkan otak pula. Berikut ini beberapa jenis olahraga dan aktivitas yang dapat menyehatkan otak, antara lain :

  1. Be present

Sebagian orang terkadang menjadi pribadi yang pelupa atau kurangnya perhatian terhadap tindakan. Hal tersebut bisa saja terjadi karena beban fikiran, rasa capek dan lain sebagainya. Untuk mengatasi kondisi tersebut anda dapat mencurahkan perhatian penuh pada aktivitas yang sedang dilakukan saat ini. Selain itu anda dapat berhenti sejenak melakukan peregangan otot dan badan yang kaku akibat lelahnya pekerjaan agar aliran darah lancar dan otak mebjadi lebih rileks.

  1. Lari

Lari adalah salah satu jenis olahraga yang dapat menyehatkan otak. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukan bahwa berlari dapat membantu dalam pembentukan sel-sel baru di hippocampus. Bagian dari otak tersebut berfungsi untuk mempelajari dan mengingat suatu kejadian. Selain itu berlari juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak dan daya ingat serta akan membuat otak lebih mudah dalam mengelola stres.

  1. Aerobik

Aerobik merupakan salah satu bentuk latihan yang jika dilakukan dalam intensitas sedang selama 150 menit dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan otak. Latihan aerobik dapat menurunkan hormon cortisol dan adrenalin dalam tubuh. Selain itu menurut sebuah riset juga menjelaskan bahwa latihan aerobik dapat meningkatkan kinerja memori spasial dan mengurangi resiko masalah kesehatan seperti depresi, demensia serta kecemasan.

  1. Bersepeda

Bersepeda juga salah satu olahraga yang dapat menyehatkan otak. Menurut penelitian menjelaskan bahwa melakukan aktivitas sepeda dapat meningkatkan aliran darah ke otak yang memicu pertumbuhan sel-sel baru dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu bersepeda sangat bagus untuk penderita hipertensi karena dapat memengaruhi suasana hati dan memperkuat mental.

  1. Kegiatan kontemplatif

Melakukan latihan atau kegiatan kontemplatif seperti yoga, meditasi atau kegiatan spiritual dapat menurunkan hormon kortisol penyebab stres dan meningkatkan hormon dehidroepiandrosteron yang dapat mengoptimalkan fungsi otak.

  1. Berjalan

Hasil sebuah penelitian menunjukan bahwa berjalan di treadmil selama 10 hari berturut-turut selama 30 menit dapat menurunkan depresi secara klinis dan relevan secara statistik. Penelitian lain yang dilakukan tanggal 3 Mei 2017 juga menjelaskan bahwa pada usia 60 – 88 tahun melakukan berjalan kaki selama 30 menit sebanyak 4 kali dalam seminggu dapat memperkuat konektivitas otak. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here