Olahraga yang Baik untuk Penderita Disfungsi Ereksi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gangguan ereksi pada pria bisa dihindari dengan melakukan olahraga. Melakukan olahraga secara teratur selama 15 hingga 30 menit setiap hari dapat menyehatkan tubuh. Selain itu olahraga juga mampu melancarkan peredaran darah, termasuk di bagian intim pria sehingga bisa meningkatkan libido.

Selama ini senam kegel biasa dilakukan oleh perempuan, namun pria juga dianjurkan untuk melakukan senam kegel karena bermanfaat untuk kesehatan seksual pria yaitu pada kemampuan organ intim pria.

Saat pria melakukan senam kegel, otot-otot dasar panggul menjadi aktif bekerja. Senam kegel yang di lakukan oleh pria berperan pada proses ereksi penis. Senam kegel menjadi terapi untuk mengendalikan ejakulasi prematur dan mampu memperbaiki fungsi ereksi pria.

Agar bisa mencegah gangguan ereksi, ada beberapa latihan olahraga yang bisa di lakukan pria demi meningkatkan kemampuan seksualnya. Berikut adalah beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh pria untuk menghindari gangguan ereksi:

  • Aerobik. Sebuah studi pernah dilakukan menggunakan indeks IIEF, sebuah indeks internasional untuk menghitung fungsi ereksi. Diketahui bahwa sebanyak 385 pria yang berpartisipasi dalam 5 penelitian menunjukkan hasil yang positif dan mengalami peningkatan kualitas ereksi setelah melakukan latihan aerobik. Melakukan latihan aerobik secara teratur dan benar akan meningkatkan kesehatan secara umum, memperbaiki fungsi kardiovaskular dan mencegah disfungsi ereksi terjadi.
  • Latihan Pelvic Floor. Latihan otot panggul umumnya dilakukan kaum wanita untuk mengencangkan kembali otot-otot disekitar vagina setelah melahirkan. Tetapi penelitian terbaru menyebutkan bahwa jenis latihan tersebut juga bermanfaat bagi pria yang bermasalah dengan ereksi. Studi dari peneliti Univeristas West of England, Bristol menunjukan bahwa melatih otot panggul akan memperkuat otot-otot pada penis dan menyembuhkan disfungsi ereksi, ejakulasi dini dan dribbing (air seni yang menetes setelah buang air kecil). Peneliti lain dari Inggris menyebutkan bahwa latihan panggul akan meningkatkan juga kualitas orgasme.
  • Berenang. Olahraga ini melibatkan banyak otot tubuh saat bergerak di dalam air. Tangan, kaki, otot di sekitar kelamin akan bergerak cepat. Akbatnya jantung akan mengalirkan lebih banyak darah dan paru-paru menjadi lebih sehat. Tekanan air ketika berenang juga akan membantu fungsi keseimbangan tubuh sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.
  • Jalan kaki. Jalan kaki atau jogging sepanjang tiga kilometer setiap hari dapat meningkatkan performa seks termasuk perbaikan fungsi ereksi, terutama pada pria yang mengalami obesitas. American Medical Association mengatakan bahwa sekitar sepertiga dari pria obesitas dan menderita disfungsi ereksi akan mengalami perbaikan fungsi seksual setelah melakukan olahraga teratur selama dua tahun, menjalani gaya hidup sehat dan mengurangi berat badan. Pria yang jarang berolahraga dapat mengurangi risiko disfungsi ereksi dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur yang dapat membakar minimal 200 kalori per hari. Olahraga jalan cepat juga bermanfaat untuk mengatasi kanker prostat yang biasanya terjadi pada pria yang telah lanjut usia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY