Olahraga yang Dapat Memperlancar Buang Air Besar (BAB)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa olahraga mempunyai segudang manfaat untuk tubuh. Tetapi, tahukah Anda jika olahraga juga bisa memperlancar proses buang air besar? Proses pencernaan pada setiap manusia berbeda-beda termasuk juga frekuensi dari buang air besar. Proses buang air besar pada manusia dapat terjadi bergantung pada individu dan kondisi antara sekali setiap satu atau dua hari hingga beberapa kali dalam sehari. Pengerasan tinja atau feses dapat menyebabkan meningkatnya waktu dan menurunnya frekuensi buang air besar antara pengeluarannya atau pembuangannya disebut dengan konstipasi atau sembelit, dan sebaliknya, bila pengerasan tinja atau feses terganggu, menyebabkan menurunnya waktu dan meningkatnya frekuensi buang air besar disebut dengan diare.

Sulit buang air besar dapat menimbulkan masalah yang sangat banyak bagi kesehatan, karena jika berbicara dengan kotoran itu sama saja dengan racun. Jika tidak rutin dikeluarkan maka racun akan menempel di dinding usus, jika tidak teratur buang air besar maka dapat memberikan akibat negatif bagi kesehatan. Efek yang terjadi juga tak kalah mengganggu kesehatan seperti perut terasa kembung, timbulnya penyakit wasir, sampai pada gejala kanker usus besar.

Sulit buang air besar disebabkan oleh banyak hal seperti kurangnya serat, kurang mengkonsumsi air putih, mengalami stres, terlalu banyak mengonsumsi protein hewani, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, tidur setelah makan, dan kurangnya aktivitas fisik.

Pada banyak kasus terjadinya susah buang air besar karena menurunnya otot disepanjang saluran pencernaan. Mengembalikan fungsi otot seperti semula bisa dilakukan dengan olahraga. Olahraga berhubungan erat dengan gaya hidup yang sehat dan secara tidak langsung sangat berguna untuk mencegah susah buang sir besar. Orang yang senang berolahraga biasanya ia juga memiliki diet yang sehat, memperbanyak serat juga bagus untuk sistem pencernaan.

Mengapa olahraga dapat memperlancar buang air besar? Itu karena pada saat melakukan olahraga yang dapat merangsang kinerja otot-otot di dalam usus sehingga membantu tinja untuk bergerak keluar dengan cepat. Olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah ke usus dan meningkatkan motilitas gastrointestinal. Ini lah yang menyebabkan olahraga dapat memperlancar buang air besar. Lalu apa sajakah olahraga yang dapat memperlancar buang air besar? Pilihlah jenis olahraga yang dapat memperkuat otot dalam pencernaan Anda. Berikut adalah beberapa olahraga yang dapat Anda lakukan antara lain adalah:

  • Berenang. Berenang adalah olahraga yang mempunyai banyak manfaat, salah satu fungsi berenang adalah mengencangkan otot-otot yang kendur seperti pada otot perut dan paha, sehingga selain dapat menurunkan berat bdan, berenang juga dapat memperlancar buang air besar.
  • Gerakan aerobik. Pada saat melakukan gerakan aerobik otot-otot yang ada ditubuh khususnya otot perut dan paha akan tersimulasi untuk mengencang sehingga dapat memperlancar buang air besar.
  • Sit up. Olahraga ini bisa digunakan untuk memperlancar buang air besar karena dapat mengencangkan otot perut
  • Lari pagi dan bersepeda. Kedua olahraga ini dapat membantu lancarnya sistem pembuangan

Pada saat sembelit atau sulit bang air bsarsebaiknya Anda tidak mengkonsumsi obat yang banyak mengandung bahan kimia, karena akan ada efek yang ditimbulkan. Olahraga bisa digunakan sebagai obat alternatif sulit buang air besar hanya ketika konsipasinya ringan, jika konstipasi atau penyebab yang timbul karena suatu penyakit sebaiknya Anda segera hubungi dokter.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY