Olahraga yang Pas saat Ngabuburit Buat Remaja

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagaimana biasanya kaum remaja mengisi ngabuburit? Jalan-jalan ke mal, kafe, taman atau mengikuti pengajian? Boleh-boleh saja melakukan aktivitas tersebut selama lebih banyak manfaatnya. Satu lagi yang bisa dilakukan oleh remaja untuk mengisi ngabuburit yakni berolahraga.

Berolahraga di bulan puasa bukan merupakan hal yang dilarang. Asalkan olahraga yang dilakukan tidak berat. Meskipun tubuh sedang berpuasa, namun Anda dianjurkan tetap berolahraga. Ketika berpuasa, tubuh menggunakan cadangan lemak yang ada di dalam tubuh untuk membentuk energi. Lemak inilah yang dibakar ketika berolah raga.

Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa melakukan beberapa gerakan olahraga ringan saat puasa mampu menyeimbangkan dan menjaga kebugaran tubuh. Sejumlah pakar kesehatan pun mengatakan, bulan puasa adalah momen paling tepat untuk meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.

Lalu, seperti apa olahraga yang pas buat remaja menjelang berbuka puasa?

  • Joging

Joging dengan intensitas ringan sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Cukup lakukan joging ringan selama 15–20 menit untuk menjaga kebugaran tubuh. Bila tidak ingin joging di luar ruang, cobalah treadmil di gym dengan durasi dan intensitas sama.

  • Jalan

Jika Anda tak ingin berlari, jalan kaki juga bisa menjadi aktivitas yang asyik saat ngabuburit. Anda bisa mengajak teman-teman untuk jalan kaki mengelilingi taman atau lingkungan sekitar tempat tinggal.

  • Bersepeda

Bersepeda merupakan jenis olahraga alternatif ringan yang juga bisa dilakukan saat berpuasa. Naik sepeda keliling tempat tinggal sambil menunggu azan maghrib juga asyik untuk dilakukan. Lebih asyik lagi, ajak juga teman-teman atau anggota keluarga untuk menemani Anda bersepeda. Lakukan aktivitas bersepeda sampai sekitar 45 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

  • Bowling

Bowling menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang juga bisa dilakukan selama berpuasa. Bowling merupakan salah satu jenis olahraga yang condong kepada bentuk permainan. Jadi, bowling bisa begitu menyenangkan. Olahraga ini membantu seseorang menjadi lebih rileks dan tetap bugar.

  • Renang

Renang juga boleh saja dilakukan saat ngabuburit. Apalagi olahraga ini menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa membakar kalori dengan baik. Cukup berenang selama kurang-lebih 30 menit. Berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria. Namun saat berenang, tetaplah berhati-hati untuk mencegah masuknya air ke dalam mulut yang mungkin bisa membatalkan puasa.

  • Lompat tali

Lompat tali atau skipping juga bisa dilakukan saat ngabuburit. Aktivitas fisik ini merupakan salah satu latihan yang membakar kalori paling banyak. Setengah jam melakukan lompat tali dapat membantu pria membakar hingga 425 kalori, sedangkan wanita bisa membakar hingga 375 kalori. Agar lebih asyik, jadikan lompat tali sebagai semacam permainan bersama teman-teman. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY