Olahraga yang Rutin Kunci untuk Mencegah Gangguan Demensia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Demensia atau gangguan memori biasanya dialami orang tua. Namun, kini banyak kalangan muda yang mulai mengalaminya. Menurut Alzheimer’s Society, sekitar 850 ribu orang di Inggris saat ini mengalami penyakit otak degeneratif tersebut.

Cegah Demensia dengan Olahraga Rutin

Ada banyak factor yang bisa memicu kerusakan otak yaitu stres, kurang olahraga dan diet. Pastikan melakukan olahraga rutin untuk mengurangi risiko penyakit demensia dan tetap menjaga fungsi otak.

Penelitian Dr Ana Verdalho yang melibatkan lebih dari 600 pria dan wanita umur 60-70 tahun menjalani pemindaian otak di awal dan akhir studi untuk melihat perubahan fungsi mental mereka.

Hampir dua per tiga partisipan menjalani kelas latihan fisik selama 30 menit sehari tiga kali sepekan. Selama studi berlangsung, partisipan dicek tingkat depresi, kualitas hidup, dan aktivitas harian.

Hingga tiga tahun sebanyak 90 pasien menjadi demensia, termasuk 54 orang demensia vaskular (demensia akibat penyakit serebrovaskuler, karena adanya stroke ringan dari waktu ke waktu) dan 34 orang mengalami Alzheimer. Ada 147 orang mengalami urusan mental atau demensia.

Aktivitas fisik selama 30 menit tiga kali tiap minggu dapat mencegah kerusakan kognitif. Adanya latihan fisik rutin dapat terlepas dari stroke. Dr. Ralph Sacco, kepala Departemen Neurologi University of Miami, menyakinkan adanya aktivitas fisik bagi orang lanjut usia menurunkan risiko demensia vaskular.

Demensia vaskular menurunkan aliran darah ke otak, stroke dan menyebabkan memunculkan kebingungan, depresi, agitasi, masalah memori, atensi dan pengambilan keputusan. Olahraga rutin yang bisa dilakukan untuk mencegah demensia ialah sebagai berikut:

  • Menari dan Tenis Meja

World Health Organisation (WHO) atau sepertiga orang dewasa di Inggris merekomendasikan olahraga yang dapat membantu melatih tubuh dan otak sehingga terhindar dari demensia. Olahraga yang paling cocok ialahtenis meja atau menari.

  • Sarapan

Sarapan ialah waktu makan ter baik sehingga menghasilkan nutrisi dan dapat menjaga otak agar sehat. Semangkuk blueberry bisa meningkatkan konsentrasi hingga lima jam kemudian.

  • Mengubah Tontonan

Jangan sering menonton drama aksi tinggi yang dapat membuat Anda terbangun sebelum tidur, sebaiknya tonton berhubungan dengan alam untuk mengurangi stres.

  • Membuat Jadwal

Membuat jadwal hal kecil secara rutin, sehingga dapat focus pada hal yang positif sehingga hidup terus bahagia dan membuat bersyukur.

Pada intinya persoalan mental tumbuh dari jiwa dan pemikiran yang kotor. Banyak orang selalu berprasangka buruk terhadap semua hal sehingga hidupnya dibayangi dengan ketakutan. Inilah yang membuat seseorang merasa berat dalam menjalani hidup. Demikian informasi mengenai olahraga tutin untuk mencegah demensia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca setia. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here