Olahraga yang tidak Dianjurkan saat Puasa Bagi Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjalani puasa di bulan ramadhan bukan berarti tubuh tidak memerlukan olahraga. Aktifitas fisik seperti olahraga tetap dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kebugaran tubuh selama menjalani ibadah puasa. Terlebih bagi para pria yang ingin tetap memiliki tubuh ideal.

Anda perlu memperhatikan jenis dan waktu yang tepat untuk berolahraga. Hal ini perlu dilakukan agar tidak salah dalam melakukan olahraga yang justru bisa berakibat buruk bagi tubuh Anda sendiri karena tubuh mengalami dehidrasi.

Waktu untuk berolahraga yang baik saat bulan puasa yaitu:

  1. 30 menit sebelum berbuka puasa
  2. 1 – 2 jam sesudah berbuka puasa
  3. 1 – 2 jam sebelum atau sesudah makan besar
  4. Sebelum atau sesudah sahur selama 30 menit

Olahraga baik bagi kesehatan tubuh Anda terlebih saat berpuasa. Kegiatan fisik ini membantu tubuh lebih cepat mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Namun jika Anda salah dalam penerapan olahraga saat berpuasa bisa jadi Anda justru jatuh sakit. Berikut beberapa kegiatan yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat berpuasa:

  • Olahraga Berlebihan. Melakukan olahraga secara berlebihan saat berpuasa beresiko mengalami dehidrasi dan menurunkan daya tahan tubuh yang berakibat tubuh menjadi lemas. Sebaiknya lakukan olahraga ringan seperti Jogging atau treadmill ringan, bersepeda atau yoga.
  • Hindari olahraga saat sedang sakit. Alangkah baiknya untuk tidak melakukan aktifitas fisik yang terlalu berat seperti olahraga saat Anda sedang sakit seperti demam, flu, batuk, diare, atau tubuh terasa nyeri.
  • Olahraga setelah begadang. Sangat tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga jika jam tidur kurang dari enam jam atau kualitas tidur buruk. Hal ini akan memberikan dampak buruk jika tubuh yang lemah dipaksa untuk melakukan aktifitas fisik yang berat. Olahraga setelah begadang juga beresiko terkena serangan jantung dan mengalami kematian mendadak. Menurut penelitian kurang tidur memiliki resiko terkena stroke.

Menjaga kesehatan sejak dini baik dilakukan guna mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang disebabkan oleh banyak faktor. Baik pola hidup yang salah ataupun cuaca. Namun pola olahraga yang baik juga perlu Anda perhatikan agar  tidak salah dalam menjaga kesehatan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY