Olahraga Yoga Bantu Remaja Raih Prestasi

SehatFresh.com – Banyak orang yang mengidentikkan latihan yoga dengan orang dewasa. Padahal, anak-anak dan remaja juga bisa menuai manfaat yoga. Lebih dari sekedar menyehatkan secara fisik, remaja juga bisa meraih kualitas hidup yang lebih baik khususnya secara akademis, dengan rutin latihan yoga.

Yoga bisa membantu remaja lebih tenang menghadapi beban pelajaran di sekolah maupun hiruk pikuk kehidupan di perkotaan. Gabungan antara latihan fisik dan latihan pernapasan dalam yoga membantu para remaja tetap fokus. Yoga menawarkan waktu bagi tubuh dan pikiran untuk bersantai dari kerasnya belajar. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh International Society for Scientific Interdisipliner Yoga Research, menyimpulkan bahwa teknik pernapasan dalam yoga dapat meningkatkan konsentrasi dan prestasi pada siswa yang berjuang secara akademis.

Yoga bisa jadi alternatif anak untuk melepas rasa stres. Stres yang tinggi bisa menghambat proses belajar menjadi tidak optimal. Yoga dapat membantu menurunkan kadar kortisol dan adrenalin, dan membantu mengatur gula darah, tekanan darah, resistensi insulin dan menghindarkan keinginan makanan tidak sehat yang terinspirasi oleh stres yang mengarah ke penambahan berat badan dan penumpukan lemak perut.

Meditasi dalam yoga merangsang korteks prefrontal yang mengontrol tingkat kebahagiaan dan fungsi kekebalan tubuh yang sehat. Hasilnya, kualitas tidur menjadi lebih baik dan emosi menjadi terkontrol. Ini pada gilirannya membawa remaja ke interaksi sosial yang lebih efektif dan citra diri yang positif.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics juga menunjukkan bahwa yoga memberikan banyak manfaat bagi remaja. Para peneliti dari Brigham and Women’s Hospital dan Harvard Medical School melakukan pengamatan pada 51 siswa menengah pertama dan siswa menengah atas. Beberapa siswa melakukan yoga 10 minggu dalam kelas olahraga mereka, dan beberapa melakukan kelas olahraga biasa. Kelas yoga menyertakan Kripalu yoga yang meliputi meditasi, relaksasi dan latihan pernapasan, bersamaan dengan pose yoga. Semua siswa juga diminta sejumlah tes psikologis terkait masalah mood, kecemasan, perhatian, ketahanan dan ekspresi kemarahan.

Pada akhir penelitian, para remaja yang melakukan yoga memiliki nilai lebih tinggi pada beberapa tes psikologi, sedangkan remaja yang tidak melakukan yoga menunjukkan hasil yang buruk pada beberapa tes. Selain itu, remaja yang tidak melakukan yoga melaporkan emosi negatif selama periode penelitian, sedangkan remaja yang melakukan yoga melaporkan emosi negatif yang lebih sedikit. Secara kesuluruhan, siswa yang terlibat dalam yoga menunjukkan peningkatan kondisi mental yang lebih baik setelahnya.

Masa remaja adalah masa yang sangat penting untuk mengembangkan kesehatan mental, termasuk bagaimana memberikan respon yang baik dalam mengatasi stres. Yoga terbukti memberikan manfaat yang efektif untuk mengatasi stres, sehingga meningkatkan potensi remaja meraih prestasi akademik yang lebih baik. Bahkan, sejumlah penelitian mengklaim bahwa yoga memberikan manfaat yang bersifat preventif dalam mengatasi masalah-masalah perkembangan mental.

Sumber gambar : deviraissa.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY