Optimalkan Diri dengan Sarapan Sehat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makan adalah kebutuhan pokok bagi setiap makhluk hidup. Dalam rangkaian aktivitas manusia dalam sehari frekuensi makan normal dan sehat adalah 3x dalam sehari, tetapi terkadang seseorang secara sengaja justru melewatkan salah satu diantaranya. Jadwal makan yang paling sering di lewatkan yakni sarapan, menyantap makanan di pagi hari memang terkadang kurang bernafsu, bahkan ada yang menimbulkan reaksi tidak nyaman setelahya. Dengan berbagai alasan sarapan sering dilewatkan tanpa melihat dengan baik manfaat dari sarapan bagi tubuh. Terdapat banyak manfaat sarapan yang seharusnya menjadi pertimbangan untuk tidak melewatkannya sekalipun. Pada dasarnya tubuh kita selalu membutuhkan energi untuk berbagai aktivitas, sedangkan energi yang kita butuhkan tersebut dapat dihasilkan dari apa yang kita konsumsi baik makanan maupun minuman.

Mempertimbangkan betapa penting suplai energi untuk tubuh begitu juga pentingnya sarapan. Aktivitas di pagi sampai dengan siang biasanya merupakan moment paling produktif sehingga jelas saja energi yang dibutuhkan akan lebih besar. Tanpa sarapan energi yang dimiliki tubuh adalah simpanan energi dari makan malam sebelumnya. Pertanyaannya, apakah itu cukup?

Kebutuhan energi tubuh dipastikan tidak tercukupi, dengan kata lain menguras sisa- sisa energi, sehingga performa tubuh tidak akan maksimal. Oleh karena itu hal sederhana sebagai kiat mengoptimalkan diri adalah sarapan. Terlebih lagi bagi yang memiliki kebiasaan wajib sarapan, aktivitasnya kan terganggu jika melewatkannya. Sarapan yang dilakukan juga harus sesuai dari segi sehatnya, karena sarapan yang asal juga tidak dapat memaksimalkan kebutuhan energi tetapi terkadang justru menimbulkan dampak negatif tertentu. Berikut ini adalah pilihan menu sehat untuk sarapan:

  1. Telur rebus & pisang
  2. Omelet Sayuran & roti gandum
  3. Sereal & buah
  4. Salad Buah atau sayur
  5. Yogurt
  6. Outmeal
  7. Nasi

Beberapa jenis makanan tersebut adalah makanan dengan kadar energi cukup untuk menopang aktivitasmu sampai dengan siang hari, sarapan itu bukan hanya untuk menahan lapar sampai dengan makan siang tiba, melainkan memberikan energi yang cukup. Itulah mengapa menu sarapan tidak selalu harus berupa kmakanan berat tetapi lebih pada pertimbangan kandungan nutrisi yang cukup. Karena ketika sarapan hanya untuk kenyang biasanya akan mempengaruhi produktifitas, diantaranya munculnya kantuk karena kenyang. Akan sangat berbeda jika pembaca menyantap makanan sehat seperti diatas, energi akan terisi penuh dan lebih fresh.

Pemilihan menu untuk sarapan juga memerlukan perhatian khusus diantaranya dalam menyesuaikan komposisi menu tersebut, usahakan seimbang. Pada point inilah begitu pentingnya bagi kita mengetahui kandungan makanan yang kita konsumsi, dengan begitu kita dapat memperkirakan kombinasi dan porsinya sesuai dengan kebutuhan kalori tubuh kita. Pengetahuan semacam itu saat ini sangat mudah di peroleh dengan bantuan media sosial dan juga fasilitas teknologi. Bahkan banyak kita jumpai media memberikan refrensi sehat secara lengkap untuk menu sarapan kita. Ingin tampil optimal dan maksimal dalam aktivitas serta menjaga kesehatan dengan hal sederhana?, Jangan lewatkan sarapanmu!! (WDA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here