Panduan Berhubungan Intim untuk Ibu Menyusui

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setelah melahirkan ibu disibukan untuk mengurusi bayi yang telah dilahirkannya. Mulai dari mengurusi kebutuhan pakaian bayi hingga asupan nutrisi bayi. Serta tanpa meniggalkan kewajibannya mengurus kebutuhan sang suami.

Masa setelah melahirkan ibu akan masuk dalam masa menyusui. Saat masa menyusui tak jarang suami tetap membutuhkan kebutuhan biologis sebagai manusia yang sudah menikah yaitu hubungan seksual. Hasrat untuk berhubungan seksual memang bisa muncul kapan saja dan tidak bisa ditahan. Termasuk juga saat anda dalam tahap menyusui bayi yang baru saja anda lahirkan melalui proses persalinan.

Namun banyak sekali pertimbangan yang biasanya anda pikirkan. Anda merasa takut jika berhubungan saat menyusui akan menganggu proses menyusui, berbahaya bagi bayi dan lain sebagainya. Pada dasarnya seks saat istri dalam keadaan menyusui diperbolehka, tetapi pada waktu yang tepat.

Waktu yang tepat atau diperbolehkannya untuk berhubungan saat ibu dalam masa menyusui bayinya yaitu sebulan setelah istri melahirkan bayinya. Namun jika terjadi robekan pada vagina atau istri menjalani episiotomi yang membutuhkan jahitan, atau melahirkan melalui proses caesar maka dokter menyarankan agar anda menunggu selama 6 minggu setelah melahirkan anaknya.

Agar seks atau hubungan seksual yang dilakukan dengan ibu menyusui aman. Berikut panduan hubungan intim dengan istri saat dalam masa menyusui:

  1. Ubah posisi

Cobalah berhubungan intim dengan gaya baru yang sesuai denngan keadaan ibu yang menyusui. Saat menyusui payudara akan cenderung terasa basah dan sakit apalagi jika berhubungan intim. Jadi penting untuk anda untuk mengubah posisi. Anda bisa mencoba posisi women on top. Women on top akan mengurangi rasa sakit pada payudara karena tangan dan lutut akan menahan beban tubuh.

  1. Kurangi cumbuan di payudara

Rasa sakit dan basah pada payudara saat berhubungan tidak hanya karena posisi yang kurang tepat tetapi juga bisa karena adanya cumbuan yang berlebihan pada area payudara. Oleh karena itu komunikasikan dengan suami agar mengurang cumbuan pada area payudara. Dengan itu rasa sakit pada payudara akan berkurang juga.

  1. Jangan lepas bra

Saat pertama kali menyusui biasanya produksi ASI akan melimpah dan dapat menyembur saat refleks orgasme datang. Jadi jangan lepaskan bra anda. Untuk alternatif agar aman anda bisa menggunakan bra yang khusus untuk menyusui.

  1. erbanyak pelumas

Selama menyusui, vagina ibu cenderung lebih kering karena kurangnya produksi estrogen. Agar nyaman gunakan pelumas saat berhubungan intim. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here