Panduan Dalam Memilih Sekolah Bagi Para Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak remaja yang kebingungan ketika sudah mulai memasuki masa sekolah SMP dan SMA. Sebagian besar mereka bingung untuk memilih jenis sekolah umum, pesantren, asrama ataupun homeschooling. Pemilihan sekolah tentunya butuh arahan dari orangtua atau pun banyak membaca panduan, salah satunya tulisan berikut ini.

Mau Sekolah Dimana?

  • Kenali Passion dalam Diri

Sebaiknya Anda kenali passion dalam diri, untuk melihat seberapa ingin untuk memilih jenis sekolah. Apabila Anda ialah seseorang yang ingin sekolah di sekolah umum, baik negeri atau swasta, maka nilai plus-nya ialah masih diawasi oleh orangtua tentu akan lebih terkontrol.

Kalau Anda memiliki passion di bidang agama karena lebih suka menekuni di bidang dakwah atau mengaji, Anda bisa pilih pesantren. Apabila Anda ingin mandiri dan hidup terarur di asrama, maka Anda pun bisa memilih asrama sebagai sekolah Anda. Kemudian untuk homeschooling misalnya, Anda bisa memilih sekolah jenis ini apabila Anda memiliki passion di bidang hiburan misalnya seperti artis, modelling, dan lain sebagainya.

  • Berdiskusi dengan Orangtua

Setelah memahami apa passion dalam diri, Anda bisa memulai untuk berdiskusi dengan orangtua. Tentu orangtua akan memberikan yang terbaik bagi anaknya. Orangtua juga sebagai fasilitator yang akan menjamin hidup Anda seperti biaya sekolah, biaya makan, dan lain sebagainya.

  • Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Setelah mendapatkan restu dari orangtua, sebaiknya Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jenis sekolah yang Anda pilih. Misalnya Anda sedang ingin mengambil sekolah asrama. Maka cari tahu sebanyak-banyaknya tentang sekolah asrama tersebut. Pilihlah yang paling baik dan paling sesuai dengan keinginan Anda. Jangan sampai salah memilih sekolah karena akan berakibat pada kehidupan Anda di masa mendatang.

  • Menyiapkan Kebutuhan dan Perlengkapan Ujian Masuk

Apabila Anda sudah mendapatkan informasi mengenai biaya, syarat, dan keperluan masuk jenis sekolah yang sudah dipilih. Anda bisa menyiapkan segala macam kebutuhan dan perlengkapan ujian masuk. Misalnya dengan menambah les privat di bidang bahasa Inggris misalnya. Intinya Anda harus siap jauh-jauh hari untuk menghadapi ujian masuk.

  • Mempersiapkan Mental

Sebelum Anda melangkah menjadi murid asrama, mulai lah Anda menjadi anak yang mandiri agar nantinya tidak kaget. Atau jika Anda ingin mengambil jenis sekolah homeschooling, maka sebaiknya Anda harus lebih akrab dengan gadget dan buku-buku. Anda bisa belajar secara mandiri, agar nantinya tidak kaget jika sudah memulai untuk sekolah. Anda juga bisa mulai untuk mulai rajin beribadah dan belajar agama, jika sudah memutuskan untuk masuk ke pesantren.

Demikian informasi mengenai panduan dalam memilih sekolah bagi para remaja. Semoga bermanfaat bagi Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here