Panduan Keamanan Menolong Korban Tersengat Listrik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sengatan listrik merupakan suatu kejadian yang sering kita jumpai dimana saja, bisa sampai sekitar 1000 kematian yang diakibatkan oleh sengatan listrik yang sangat tinggi korbannya dalam setiap tahunnya. Luka akibat sengatan listrik menyebabkan angka kematian yang berjumlah sekitar 3-5% atau 3-5 kematian setiap 100 kejadian. Kasus ini justru menjadi kasus yang mengerikan untuk siapa saja dan dapat terjadi pada lingkungan kerja yang terjadi oleh orang dewasa dan di rumah pada anak-anak atau ibu rumah tangga bahkan di jalan seperti ini di tiang listrik seseorang yang sedang membetulkan kabel dapat tersengat pula dan langsung dapat meninggal.

Terdapat beberapa penyebab yang sering terjadi sengatan listrik seperti :

  1. Kontak dengan alat-alat listrik atau kabel yang tidak terlepas oleh konduktor
  2. Sambaran listrik dari sebuah kabel yang mempunyai tegangan yang sangat tinggi
  3. Oleh sambaran petir
  4. Kontak dengan mesin atau alat-alat yang ada di lingkungan kerja
  5. Pada anak-anak yang sering tidak mengerti dalam menggunkan media elektronik dan memagang apa saja yang mempunyai tegangan pada listrik

Mengapa sengat listrik sangat berbahaya dan mengancam langsung jiwa seseorang yang tersengatnya ? kita perlu bandingkan dengan luka bakar lainnya, pada sengatan listrik lebih berbahaya karena luka yang terlihat di sekitar tubuh manusia tidak mesti dapat menggambarkan suatu kondisi orang tersebut karena umumnya menyerang langsung pembuluh darah dan saraf kita. Perlu anda ketahui tubuh manusia merupakan pengahntar listrik baik, yang berarti jika manusia tersengat listrik, maka listrik tersebut dapat dihantarkan keseluruh tubuh sehingga menyebabka kerusakan pada organ tubuh kita secara luas. Bahkan sering kali kerusakan tersebut terjadi pada jaringan saraf, pembuluh darah dan otot. Hal ini disebebkan bahwa resistensi organ tubuh manusia tersebut lebih rendah sesuai hukum Ohm.

Tanda gejala akibat sengatan listrik sangat beragam  tergantung organ apa saja yang dilalui dan di rusak arus listrik tersebut. Berat atau ringannya kerusakan pada organ tubuh anda di pengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti berapa lama, kontak dengan arus listrik yang terjadi. Tipe arus listrik daan berapa kuat arus listrik tersebut menyebar kedalam tubuh anda.

Arus listrik sebesar >200.000 Ampere dengan >30×106 Volt yang menyebabkan angka kematian yang tinggi walaupun kontaknya singkat.

Bila Anda mengetahui seseorang yang tersengat listrik anda harus melakukan dengan hati-hati dan santai tidak di perbolehkan untuk terburu-buru seperti :

  1. Matikan sumber arus listrik atau anda dapat cabut kabel yang menyebabkan sengatan, jika memang kondisi masih aman.
  2. Jika arus listrik tidak dapat dihentikan, dorong korban dengan alat yang tidak menghantarkan listrik, seperti sapu, kursi atau tongkat kayu
  3. Anda gunakan alas kaki atau berdiri diatas bahan yang tidak mengahantarkan listrik seperti matras karet
  4. Hubungi klinik kesehatan terdekat
  5. Setelah korban aman anda dapat mengecek pernafasan dan denyut jantung korban lakukan pertolongan pertama sesuai yang ada ketahui

Tetap bersama korban sampai pusat bantuan datang. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here