Panduan Makan saat Hamil Agar Tidak Gemuk Berlebihan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kebiasaan makan saat hamil perlu dikontrol dengan baik. Ibu juga harus memperhatikan kandungan gizi yang seimbang. Ketika ibu sedang hamil bukan berarti dianjurkan makan dengan jumlah besar. Berat badan yang berlebihan dapat berdampak buruk untuk ibu dan janin.

Inilah Panduan Makan Ibu Hamil Agar Tidak Gendut Berlebihan

  • Pilih Makanan Sehat

Anda bisa memilih buah dan sayuran yang rasanya segar. Anda dapat mengolah dan membuat makanan menjadi lebih segar. Anda bisa mengkonsumsi roti serta sereal yang tinggi serat sebagai sumber karbohidrat yang sehat. Anda bisa memilih prosuk susu dengan rendah lemak sebanyak 4 gelas sehari.

Anda bisa membaca nilai gizi makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat hamil. Jangan terlalu sering makan nasi secara berlebihan karena itu akan membuat tubuh Anda gendut secara berlebihan sehingga akan sulit menurunkannya ketika sudah melahirkan.

  • Hindari Makanan Olahan

Anda bisa menghindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gula buatan yang kadarnya sangat tinggi. Hindari makanan dan minuman dengan natrium berkadar tinggi yang di dalamnya juga banyak zat aditif. Ibu hamil disarankan jangan sampai terlalu sering makan makanan ringan yaitu snack jajanan, aneka gulali atau permen, es krim, cokelat, dan lain sebagainya dengan jumlah sangat banyak. Sebaiknya Anda menghindari aneka lemak trans maupun makanan yang sering digoreng.

  • Hitung Jumlah Kalori yang Ada di Dalam Makanan

Apabila Anda sedang berada di luar rumah, sebaiknya Anda jangan langsung memilih makanan. Sebaiknya Anda sebelum memilih makan ketahui terlebih dahulu jumlah kalori, tinggi kadar lemak, kadar gula, dan kadar garam yang ada di dalam makanan. Apabila Anda bisa memperhatikan kalori yang dikonsumsi, maka Anda akan memilih makanan dengan rendah kalori yang tidak berlebihan. Sebaiknya Anda menghindari junk food, Anda sebaiknya lebih memilih makanan sehat seperti salad, aneka sayuran, atau pun makanan berkuah seperti sup.

  • Masak Sendiri di Rumah

Demi nilai kesehatan, sebaiknya Anda lebih memilih masak sendiri di rumah. Anda sebaiknya tidak menggunakan minyak dengan jumlah yang terlalu banyak ketika memasak di rumah, sebaiknya Anda juga menghindari untuk memasak dengan cara digoreng. Anda bisa memilih untuk memasak dengan cara ditumis, direbus, atau disteam. Cara tersebut lebih sehat daripada memasak dengan cara digoreng.

  • Olahraga Rutin Khusus Ibu Hamil

Saat hamil, sebaiknya Anda rutin mengikuti olah raga yang khusus bisa dilakukan oleh ibu hamil. Anda bisa mengikuti olahraga secara santai seperti renang, yoga, maupun senam yang biasa dilakukan oleh ibu hamil.

Demikian panduan makan bagi ibu hamil agar tidak terlalu gemuk. Nanti setelah melahirkan akan susah menurunkannya. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here