Panduan Make Up untuk Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa remaja merupakan masa yang menyenangkan, banyak hal baru yang ditemukan dan perlu dicoba. Salah satu hal baru yang menyenangkan bagi remaja putri adalah make up. Make up menjadi hal yang wajib karena remaja sudah mulai ingin tampil cantik apalagi jika bertemu dengan orang yang dicintai.

Meski terdengar sepele, ternyata penggunaan make up saat remaja perlu diperhatikan. Jika salah menggunakan make up, bisa jadi bukan menjadi cantik namun wajah rusak. Banyak faktor yang membuat wajah remaja rusak karena salah menggunakan make up seperti salah membeli produk, alergi pada kandungan make up yang digunakan dan lain sebagainya. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda mengikuti panduan make up bagi remaja berikut ini:

  1. Konsultasikan dengan sang ahli

Sebelum menggunakan make up, ada baiknya anda berkonsultasi ke ahli tata rias. Tanyakan jenis kulit dan make up yang cocok bagi anda. Karena menggunakan make up yang berbeda dengan jenis kulit bisa jadi merusak wajah, sehingga penting bagi anda untuk mengetahui jenis kulit dari usia remaja.

  1. Rajin cuci muka

Jika sudah mulai memakai make up maka rajin cuci muka itu wajib. Dengan cuci muka akan membantu menjaga kebersihan wajah dari sisa make up yang digunakan. Karena sisa make up yang tidak dibersihkan akan memunculkan masalah pada wajah seperti munculnya jerawat dan noda hitam. Lakukan cuci muka dengan sabun pembersih muka minimal 2 kali sehari yaitu pada saat pagi hari dan malam hari setelah menggunakan make up.

  1. Gunakan pelembab

Setelah mencuci muka, penting untuk menutrisi kembali wajah anda. Oleh karena itu gunakan pelembab setelah mencuci muka. Pelembab akan membantu menghidrasi dan mempersiapkan wajah sebelum menggunakan make up.

  1. Gunakan sunscreen

Sunscreen sangat penting bagi anda, apalagi di usia anda yang masih remaja sudah saatnya mulai mengaplikasikan sunscreen sehingga dapat mencegah penuaan dini. Sunscreen juga bisa digunakan untuk mencegah kanker kulit. Untuk anda yang memiliki jenis kulit berminyak sebaiknya gunakan jenis physical sunscreen.

  1. Pakai concelar

Jika kamu sudah mulai bermasalah dengan jerawat atau noda hitam maka kamu boleh memakai concelar di langkah make up kamu. Concelar akan membantu menyamarkan jerawat dan noda hitam sehingga wajah tetap akan cantik. Namun untuk alas bedak masih belum dianjurkan karena akan membuatmu tampak menor dan lebih tua.

  1. Mencoba maskara dan eyeliner

Boleh sesekali anda mencoba menggunakan maskara dan eyeliner. Belajar menggunakan maskara dan eyeliner mulai remaja akan membuat anda ahli pada saat dewasa, karena butuh banyak percobaan untuk pemakaian maskara dan eyeliner. Menggunakan maskara dan eyeliner akan membuat mata tampak besar dan indah.

  1. Pakai lipstick dan blush on yang natural

Agar tidak terlihat pucat, anda bisa menggunakan lipstick di bibir dan blush on pada pipi anda. Agar terkesan natural, aplikasikan blush on yang sesuai warna wajah dan tipis-tipis saja. Untuk lipstick pilihlah warna natural seperti pink atau peach.

  1. Jangan lupa bersihkan wajah saat malam hari

Setelah menggunakan make up seharian, wajib bagi anda untuk membersihkan wajah di malam hari. Gunakan make up remover untuk membersihkan sisa make up dan cuci muka dengan sabun muka. Setelah itu lakukan skincare rutin juga pada malam hari seperti masker dan lain-lain sehingga kulit akan tetap sehat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here