Panduan Membersihkan Organ Intim untuk Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat remaja banyak perubahan yang terjadi pada tubuh anda. Perubahan-perubahan tersebut menunjukan bahwa anda akan memasuki masa dewasa. Salah satu perubahan yang terjadi yaitu pada organ reproduksi. Organ reproduksi juga perlu diperhatikan secara khusus.

Perhatian khusus diperlukan pada organ reproduksi karena tak sedikit masalah atau penyakit terjadi pada organ tersebut. Agar terhindar dari serangan penyakit maka seorang remaja harus rajin membersihkan organ intimnya. Hal tersebut berlaku baik pada remaja pria ataupun remaja wanita.

Cara membersihkan organ intim pada remaja pria atau wanita berbeda. Oleh karena itu, ikuti panduan berikut untuk membersihkan organ intim anda:

Panduan membersihkan organ intim untuk remaja pria

Tata cara yang benar untuk membersihkan organ intim remaja pria sebagai berikut:

  • Hal pertama yang wajiba anda lakukan adalah mandi. Mandi minimal dua kali dalam sehari yang mana menggunakan air yang bersih. Saat mandi anda juga perlu membersihkan area organ intim anda.
  • Mengganti celana dalam minimal dua kali setelah mandi di pagi hari dan di sore hari. Celana yang kotor akan memicu tumbuhnya kuman pada area organ intim. Jika celana dalam sudah tidak nyaman maka segera ganti dengan yang bersih.
  • Selain saat mandi, bersihkan juga organ intim setelah buang air kecil.
  • Sebaiknya hindari memakai celana yang terlalu ketat karena dapat menyebabkan iritasi dan beberapa penelitian memakai celana ketat dapat menganggu produksi sperma anda.

Panduan membersihkan organ intim untuk remaja wanita

Jika di atas sudah dijelaskan cara membersihkan organ intim untuk remaja pria. Berikut panduan membersihkan organ intin remaja wanita yang bisa anda ikuti:

  • Cucilah organ intim anda minimal dua kali sehari di saat mandi, dan juga setelah buang air besar dimana kotoran yang anda keluarkan bisa saja mengurangi kebersihan organ intim. Anda perlu memperhatikan cara mencuci vagina yaitu dari arah depan ke belakang.
  • Kondisi celana yang lembab seringkali membuat remaja mengalami keputihan atau gangguan lain. Jadi, hindari menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari sintetis atau poliester karena bahan tersebut mudah basah dan susah kering.
  • Setelah buang air kecil, buang air besar atau mandi, jangan lupa keringkan organ intim agar vagina tidak lembab. Sehingga bakteri tidak akan tumbuh.
  • Ganti celana dalam dua kali minimal dalam sehari.
  • Jika anda sudah mengalami menstruasi, maka rajin mengganti pembalut setelah 3 atau 4 jam pemakaian. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here