Panduan Perawatan dan Pemulihan Setelah Patah Tulang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Patah tulang memang tidak nyaman, jadi anda pasti ingin segera sembuh sehingga bisa melakukan aktivitas seperti sedia kala sebelum mengalami patah tulang. Agar cepat sembuh maka anda perlu melakukan perawatan dan pemulihan yang tepat pada patah tulang yang anda alami.

Proses perawatan dan penyembuhan pada patah tulang sebenarnya berbeda-beda. Tergantung pada jenis patah tulang, lokasi serta parahnya patah tulang yang berbeda. Tapi, secara umum anda bisa melakukan perawatan dan pemulihan patah tulang seperti berikut ini:

Baca Juga : Mengunjungi Dokter Patah Tulang

  1. Rajinlah cek ke dokter

Tahap pemulihan pada patah tulang memang cukup lama. Dalam waktu yang lama tersebut sebaiknya anda rajin ke dokter untuk memeriksakan perkembangan pemulihan patah tulang dan anda bisa meminta saran ke dokter cara untuk mempercepat proses pemulihan yang sesuai dengan kebutuhan perawatan patah tulang tersebut.

  1. Minimalisir rasa sakit

Saat proses pemulihan anda akan merasa sakit, nyeri, muncul memar dan bengkak pada bagian yang patah tulang. Agar rasa sakit tersebut dapat diminimalisir anda bisa melakukan hal-hal seperti menggompres bagian tersebut dengan es batu dan berbaring. Jika perlu minta resep obat ke dokter anda.

  1. Gunakan alat penyangga

Alat penyangga pada lokasi patah tulang biasanya disarankan dokter untuk digunakan selama masa pemulihan. Macam-macam penyangga patah tulang berbeda-beda seperti khusus pada patah tulang kaki dan tangan sudah beda.

  1. Batasi gerakan anda

Demi proses pemulihan yang baik, anda harus membatasi gerakan atau jangan dulu banyak bergerak. Saat melakukan segala aktivitas sebaiknya secara perlahan-lahan. Jangan terlalu banyak melakukan gerakan karena akan menyebabkan masalah baru yang semakin parah, misalnya patah tulang jadi berpindah posisi dan komplikasi lainnya akibat gerakan yang terlalu berlebih.

  1. Jalani terapi fisik

Terapi fisik juga dibutuhkan saat pemulihan patah tulang. Bagi anda yang patah tulangnya masih ringan dokter biasanya menyarankan anda latihan sederhana yang bisa dilakukan di rumah secara mandiri. Namun berbeda untuk patah tulang yang cukup berat maka sebaiknya lakukan terapi fisik dengan ahli terapi fisik.

  1. Perhatikan kemungkinan gejala yang tidak biasa

Sangat penting untuk memperhatikan adanya kemungkinan komplikasi patah tulang Anda selama proses pemulihan. Hubungi dokter Anda segera jika Anda mengalami demam, perubahan warna, mati rasa, kesemutan, pembengkakan atau nyeri yang berlebih pada area patah tulang, karena hal ini bisa jadi tanda-tanda komplikasi.

  1. Mencegah cedera

Setelah melakukan cara pemulihan dan perawatan patah tulang di atas. Selanjutnya adalah berhati-hati agar tidak terjadi cedera yang menganggu proses pemulihan dan perawatan. (DKA)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here