Pantangan Makanan Penderita Kelainan Jantung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Asupan yang masuk ke dalam tubuh sangat berpengaruh pada keadaan diri baik fisik maupun psikis. Terlebih kepada orang yang menderita penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung. Orang yang menderita penyakit jantung harus menjaga pola hidupnya mulai dari aktivitas hingga makanan.

Makanan untuk masing-masing penyakit berbeda. Penyakit Jantung memiliki pantangan makanan yang harus dihindari secara disiplin untuk mengurangi risiko yang lebih parah lagi.

Pantangan makanan untuk penderita penyakit jantung, antara lain:

  • Makangan Berkolesterol Tinggi. Kolesterol merupakan musuh utama bagi jantung. Daging berlemak, daging kambing, organ hewan bagian dalam, belut, kuning telur, bebek, susu sapi, kulit ayam dan makanan daging ayam olahan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Makanan laut seperti udang, cumi, kepiting juga berkolesterol. Tentunya fastfood harus sangat dihindari bagi penderita penyakit jantung. Hindari mentega dan segenisnya karena terdapat 300mg kolesterol dalam setiap 1sdm mentega.

Apabila ingin mengonsumsi kuning telur untuk sarapan, usahakan tidak makan mengandung kolesterol lain setelahnya hingga malam.

  • Makanan Mengandung Trigleserin. Trigleserin merupakan zat berbahaya bagi penderita darah tinggi dan penyakit jantung yang berasal dari tumbuhan karena mengandung lemak jahat. Makanan mengandung trigleserin yaitu santan kelapa, minyak goreng, kelapa, dan margarin.

Makanan yang digoreng sebaiknya menggunakan minyak goreng yang benar-benar bening dan jangan lebih dari tiga kali pemakaian.

  • Banyak Garam. Mengonsumsi makanan rendah garam dapat menurunkan tekanan darah. Jumlah garam untuk tubuh sebaiknya tidak lebih dari enam gram setiap harinya. Hindari makanan mengandung banyak garam seperti keripik kentang dan sebagainya. Terlebih pada makanan kalengan atau olahan karena mengandung garam tiga kali lipat. Makanan bebas garam seperti buah segar, sayuran, ikan, beras merah, dan oatmeal.
  • Gula Alkoholik. Makanan mengandung gula alkohol antara lain minuman beralkohol, durian, dan tape.

Makanan pantangan bagi penderita penyakit jantung memang penting untuk dihindari, namun pola hidup seperti berolahraga teratur juga sangat membantu. Selain itu, dukungan dari keluarga dan kerabat terdekat sangat dibutuhkan untuk semangat penderita penyakit jantung.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY