Pantangan Makanan Penderita Kelainan pada Darah (Thalasemia)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit thalasemia mungkin salah satu penyakit yang kurang dimengerti oleh masyarakat awam. Penyakit thalassemia merupakan penyakit yang berkaitan dengan kelainan pada darah manusia, umumnya penyakit thalassemia adalah penyakit turunan atau genetik. Artinya, jika salah satu orangtua anak baik itu ibu atau ayah yang mempunyai gen thalassemia, maka kemungkinan turunannya atau anak yang dilahirkan juga akan terkena penyakit thalasemia tersebut.

Munculnya penyakit thalasemia disebabkan tidak mampunya sumsum tulang menghasilkan protein untuk dipakai memproduksi hemoglobin. Hemoglobin adalah protein sel darah merah yang berfungsi sebagai transportasi menganggkut oksigensebagai energi dari paru-paru keseluruh tubuh. Tanpa hemoglobin maka akibatnya energi yang dibutuhkan tubuh tidak akan terpenuhi, sehingga tubuh pun tidak dapat berfungsi secara normal. Maka timbulah gangguan seperti: sulit makan dan tidur, sering lemas, wajah menjadi pucat, mudah lelah, pembengkakan pada limpa, kelainan bentuk pada tulang wajah, warna urin gelap, lambatnya pertumbuhan fisik.

Penderita thalasemia berpotensi mengalami penumpukan zat besi yang berbahaya bagi kesehatan tubuhnya. Padahal, zat besi yang berlebih bisa menyebabkan keracunan bagi tubuhnya. Oleh karena itu, makanan yang kadar kandungan zat besinya tinggi harus mereka hindari. Oleh para dokter, para penderita thalassemia biasanya diminta menjalankan diet zat besi.

Penderita Penyakit Thalasemia harus sangat memperhatikan berbagai asupan makanan yang ia konsumsi sehari-hari, apakah makanan yang dikonsumsi tersebut aman untuk kesehatannya atau justru malam akan berdampak buruk dan memperparah konsisi penyakit mioma yang diderita. Adapun pantangan makanan penyakit thalasemia adalah sebagai berikut :

  • Gandum
  • Sayur mayur berwarna hijau
  • Alkohol
  • Roti
  • Makanan yang mengandung zat besi tinggi
  • Hati hewan
  • Daging merah
  • Telur bebek
  • Telur ayam

Itulah beberapa jenis makanan yang dilarang bagi penderita penyakit thalasemia. Anda yang menderita penyakit thalasemia harus ketat dan memilih dengan bijak makanan apa saja yang harus anda konsumsi. Hal ini tentunya bertujuan untuk kesehatan penderita penyakit thalasemia itu sendiri. Dengang menjauhi makanan yang termasuk ke dalam pantangan makanan bagi penderita thalasemia secara tidak langsung ini dapat memberikan dampak yang positif pada proses penyembuhan yang sedang dilakukan, hingga dapat berlangsung lebih cepat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY