Pantangan Makanan Penderita Penyakit Gondok

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Terdapat beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita penyakit goondok karena terdapat makanan yang mengandung zat-zat berbahaya seperti pengawet atau bakteri yang berisiko pada penyakit gondok.

Penyakit gondok merupakan penyakit yang cukup serius sehingga sangat penting untuk memperhatikan hal-hal pemicu gondok berkelanjutan. Salah satu pemicu mengingkatnya penyakit gondok adalah makanan.

Pantangan makanan yang dilarang untuk penderita gondok, antara lain:

  • Aspartam. Jika Anda menggunakan aspartam sebagai pemanis buatan, maka Anda harus segera menghentikannya. Bahan ini telah dikaitkan dengan penyakit Graves, dan banyak gangguan autoimun lainnya. Kehadiran kimia dalam aspartam dapat menyebabkan reaksi imun dalam tubuh, sehingga terjadi produksi antibodi tiroid dan peradangan tiroid.
  • Gluten. Gluten juga merupakan goitroge. Selain itu, ini juga dapat memicu respons autoimun dalam tubuh jika Anda sensitif. Makanan dengan gluten meliputi gandum, barley, rye, dan sebagian besar makanan olahan lain. Jadi, jauhkan makanan mengandung gluten ini dari diet harian Anda.
  • Kedelai. Kedelai mengandung isoflavongoitrogen, adalah senyawa yang mengganggu kemampuan kelenjar tiroid bekerja optimal untuk menyerap yodium. Anda harus menghindari makanan yang berbasis kedelai, termasuk burger kedelai, tahu, susu kedelai, kecap, tempe, miso, dan minyak kedelai. Juga pastikan Anda tidak mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung kedelai.
  • Sayuran silangan. Ini adalah sayuran, seperti Bunga kol, kubis, kubis Brussel dan brokoli. Sayuran ini mengandung isothiocyanates yang goitrogen, yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kerja kelenjar tiroid Anda. Ada ahli kesehatan yang memperhitungkan bahwa mengkonsumsi sayuran silangan yang dimasak dapat menghilangkan efek goitrogenik, dan memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum Anda memutuskan untuk makan sayuran ini. Jika Anda melakukannya, pastikan Anda mengukus makanan ini dengan baik.

Selain jenis makanan di atas, penderita penyakit gondok juga dilarang untuk memakan makanan pedas dan berkolesterol tinggi, seperti berlemak, makanan yang digoreng, junkfood, serta minuman beralkohol, soda, dan kopi.

Semua makanan tersebut dapat memperparah keadaan penderita penyakit gondok yang tentunya akan semakin berbahaya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY