Pantangan Makanan untuk Anak yang Menderita Diabetes

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi anak anda yang menderita diabetes harus memperhatikan pola makannya, terutama pada asupan makanan yang mengandung karbohidrat dan kolesterol tinggi. Hal itu bertujuan untuk menjaga kondisi gula darah dan kestabilan tubuh secara keseluruhan. Nah, hal-hal yang harus dilakukan anara lain adalah mematuhi makanan yang telah direkomendasikan dokter, menjalankan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, menghindari stres serta perbanyak mengkonsumsi makanan sehat. Berikut ini beberapa makanan yang dilarang untuk Anak anda yang menderita diabetes agar kondisinya membaik.

  1. Kue manis

Makan kue-kue manis menjadi kebiasaan banyak orang, tak terkecuali pada anak-anak yang menderita diabetes. Sebenarnya makan kue manis adalah hal yang tak berbahaya jika dilakukan oleh orang sehat tanpa diabetes. Namun, untuk anak anda yang menderita diabetes, kue manis bisa menjadi ancaman serius.

Hal ini karena pada kue manis terdapat kandungan gula berupa gula putih atau merah maupun bahan pemanis pengganti gula seperti sakarin yang bisa menyebabkan penyakit lain seperti terjadinya peradangan. Gula yang terkandung dalam kue manis dapat membuat kadar gula dalam darah naik karena penderita diabetes tidak memiliki insulin yang cukup baik untuk mengolah gula yang masuk ke dalam tubuh. Hal yang harus diperhatikan bagi anak anda yang menderita diabetes jika ingin memakan kue, maka anda bisa memilihkan jenis kue yang khusus dibuat untuk penderita diabetes.

  1. Buah kering (kemasan)

Jika membeli  buah untuk anak anda yang menderita diabetes, maka hindari membeli semua jenis buah kering. Buah kering ini seperti aprikot, kismis, dan jenis buah lain yang diolah dengan menambahkan beberapa bahan pemanis. Hampir semua jenis buah kering yang dikemas dalam kaleng atau plastik menggunakan bahan pengawet dan perasa (pemanis) makanan. Bagi penderita diabetes yang terlalu sering mengkonsumsi buah kering tidak hanya membuat gula darah naik namun juga beresiko mengalami dehidrasi akibat rasa haus yang dirasakan akibat adanya rasa manis dari buah kering. Anda bisa memilih buah segar seperti jeruk, melon, apel dan stroberi untuk anak anda yang menderita diabetes.

  1. Jus buah kemasan

Rasa dari jus buah kemasan memang lebih lezat dan manis dari jus buah asli, terlebih jika dikonsumsi saat dingin. Bagi anak anda yang menderita diabetes, semua jenis jus buah kemasan tidak boleh anda berikan kepada anak anda untuk diminum. Hal ini karena jus buah kemasan memiliki rasa manis dari bahan pemanis buatan dan bahan pengawet yang bisa menjadi racun untuk tubuh. Bahkan ada beberapa jus buah kemasan yang memiliki kandungan soda sehingga apabila dikonsumsi dapat membuat metabolisme tubuh terganggu.

  1. Susu dengan Lemak

Ketika anak anda yang menderita diabetes ingin minum susu maka susu yang diminum harus susu yang mengandung rendah lemak agar susunya tidak terasa manis. Namun biasanya, para penderita diabetes lebih sering minum susu biasa yang berlemak dan memiliki rasa manis atau malah susu dengan krim. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi susu biasa pada umumnya dapat meningkatkan jumlah kadar gula dengan cepat, sehingga tidak baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain itu, beberapa produk makanan seperti yogurt, es krim, dengan lemak, krim dan keju juga dilarang bagi penderita diabetes.

5. Roti Tawar

Semua jenis roti putih yang terbuat dari tepung juga dilarang bagi anak anda yang menderita diabetes. Hal ini karena roti putih (tawar) memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi. Bahkan roti putih yang tidak mengandung serat sehingga sulit masuk ke dalam sistem pencernaan. Faktanya justru makan roti putih semakin membuat penderita diabetes sering merasa lapar. Penderita diabetes lebih baik mengkonsumsi roti gandum yang berserat tinggi. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here