Pantangan Makanan untuk Penderita Eczema

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit bisa menyerang bagian tubuh mana pun dan siapapun. Usia juga bukan patokan bisa terkena penyakit atau tidak, seperti halnya penyakit eczema yang bisa terjadi pada anak-anak, remaja ataupun dewasa. Penyakit ini juga bisa menyerang pria maupun wanita. Pada kesempatan in kita akan membahasa lebih lanjut mengenai makanan yang perlu dihindari oleh penderita eczema.

Sebelum lebih lanjut, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu penyakit eczema. Eczema atau eksim atau eksema adalah suatu kondisi pada kulit yang  umumnya ditandai dengan timbulnya bercak, gatal dan radang. Eczema juga dikenal dengan istilah Dermatitis Atopik. Eczema terjadi hampir semua usia, baik anak-anak hingga dewasa. Eczema biasanya muncul di wajah, siku dan lutut, selangkangan, ketiak atau bagian kulit tubuh yang memiliki lipatan.

Eczema belum diketahui pasti penyebabnya, namun beberapa ahli berpendapat bahwa  eczema atau eksim berhubungan dengan aktivitas daya pertahanan tubuh (imun) yang berlebihan. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak berbahaya pada kulit. Karena itu eczema banyak ditemukan pada keluarga yang memiliki riwayat penyakit alergi atau asma.

Setiap orang memiliki penyebab eczema yang berbeda-beda, sebagian orang ada bisa merasa gatal yang luar biasa setelah memegang sabun atau deterjen, ada pula yang disebabkan oleh bahan atau alat rumah tangga yang lain. Gejala yang timbul pun bervariasi, ada yang gatalnya ringan tetapi rasa panas yang dominan, ada pula yang sebaliknya. Infeksi saluran nafas bagian atas atau flu juga bisa menjadi penyebab timbulnya eczema. Jika penderita mengalami stres setelah terjadi gatal, biasanya akan memperburuk keadaan.

Makanan bisa menjadi salah satu faktor penyembuh suatu penyakit dan penyebab bertambah buruknya kondisi tubuh seseorang terutama bagi mereka yang sedang mengidap penyakit. Bagi penderita eczema beberapa makanan bisa memperburuk kondisi penderita jika dikonsumsi, bagi Anda yang sedang mengalami ezcema ada baiknya jika Anda menghindari makanan berikut ini :

  • Telur. Bagi orang penderita alergi tertentu, mengonsumsi telur bisa merangsang masalah kulit seperti kemerahan dan ruam pada kulit.
  • Kacang. Salah satu makanan yang dapat mengakibatkan reaksi alergi adalah kacang. Kacang dapat mengganggu pada masalah perut dan ruam pada kulit.
  • Ikan dan daging. Penderita eksim atau eczema harus menghindari kedua makanan ini, karena makanan tersebut akan menimbulkan dampak alergi khusunya bagi penderita penyakit eksim.
  • Susu sapi. Susu sapi mengandung protein kasein dan kandungan tersebut dikenal sebagai alergen utama yang merangsang reaksi alergi lain termasuk alergi perut, gerakan longgar, rasa mual dan lainnya.
  • Kacang kedelai. Pada kacang kedelai terdapat kandungan phytoestrogen dan serat yang tinggi. Hal tersebut mampu menyebabkan terjadinya masalah pencernaan stomatitis, diare, kembung dan sakit perut.
  • Tepung terigu. Tepung terigu mengadung alergen yang mempercepat gejala celiac yaitu gluten gandum. Hal tersebut dapat merusak kondisi lapisan usus dan mencegah penyerapan nutrisi penting.

Jika makanan yang dijelaskan diatas dihindari, lebih dari 50% anak-anak yang melakukan diet terkait dengan dermatitis atopik mengalami penurunan gejala signifikan. Namun, ketika makanan-makanan tersebut kembali dikonsumsi, gejala dapat muncul kembali. Orang dewasa dengan eczema akan lebih memungkinkan mengalami serangan mendadak bila mengonsumsi makanan yang mengandung birch pollen. Lebih dari 50% pasien dilaporkan telah mengalami kondisi yang lebih baik dengan diet rendah alergen. Diet vegetarian juga secara signifikan menurunkan gejala eczema atau dermatitis atopik. Selain itu, dengan diet rendah kalori juga dapat membantu mengurangi eczema.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY