Pantangan Makanan untuk Penderita Polip Hidung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penderita polip hidung memang memiliki banyak masalah yang mengganggu kondisi hidungnya. Selain kondisi hidung yang terganggu, tentunya aktivitas sehari-hari bisa terganggu juga.

Polip hidung memiliki bentuk dan warna yang beragam. Polip dengan ukuran besar bisa menyumbat saluran hidung. Hal ini bisa menyebabkan munculnya gejala polip seperti hidung tersumbat, hidung berair, kesulitan bernapas, gangguan pada indera penciuman dan indera perasa. Sedangkan polip berukuran kecil mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun, tapi tetap akan membuat Anda tidak nyaman.

Makanan bisa menjadi salah satu penyebab bertambah buruknya kondisi tubuh seseorang, terutama bagi mereka yang sedang mengidap penyakit. Bagi penderita polip hidung, beberapa makanan bisa memperburuk kondisi penderita jika dikonsumsi. Bagi Anda yang sedang mengalami polip hidung ada baiknya jika Anda menghindari makanan berikut ini:

  • Makanan instan yang mengandung bahan pengawet kimia. Bahan kimia yang terdapat dalam makanan tersebut dapat memicu polip hidung semakin parah, karenanya hindari konsumsi makanan siap saji atau junk food terlebih jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut. Anda harus segera menghentikan kebiasaan itu. 
  • Makanan dan minuman kaleng. Saat ini banyak sekali makanan dan minuman yang diproduksi menggunakan kaleng sebagai kemasannya. Bahan pengawet serta bahaya dari kaleng sendiri dikhawatirkan membuat kondisi polip semakin buruk. Disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri, selain hemat juga lebih higienis
  • Makanan yang digoreng dan dibakar atau dipanggang. Kandungan minyak serta sia bakaran dapat menyebabkan kondisi polip semakin memburuk, disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang dirbus atau dikukus.
  • Hindari konsumsi alkohol. Alkohol memiliki dampak buruk bagi kesehatan Anda. Penderita polip hidung selain menghindari alkohol, sebaiknya juga mengindari makan yang menggandung alkohol seperti durian, lengkeng, anggur, nangka, tape ketan atau tape singkong.
  • Hindari konsumsi daging merah. Konsumsi daging yang berlebih akan memberikan dampak buruk bagi tubuh Anda, terutama daging kambing dan makanan yang memiliki tingkat lemak atau kolesterol tinggi. Sebaiknya Anda beralih ke makanan yang rendah kolestrol dan lemak.
  • Hindari beberapa sayuran. Ada beberapa jenis sayuran yang harus Anda hindari saat terkena polip hidung, hindari konsumsi kedelai dan olahannya, sawi putih, kangkung, tauge dan bumbu yang menyengat seperti cabai, merica dan lada.
  • Hindari konsumsi makanan dan minuman yang dingi Kondisi makanan atau minuman dingin yang Anda konsumsi dapat menyebabkan polip hidung semakin buruk, karena dingin kondisi hidung akan lebih mudah terkena bakteri.
  • Hindari konsumsi seafood dan daging unggas. Konsumsi makanan seafood seperti kerang, cumi dan udang serta jenis unggas seperti ayam, bebek, dan sebagainya juga perlu Anda hindari saat terkena polip hidung.

Penjelasan diatas merupakan makanan serta minuman yang harus Anda hindari saat terkena polip hidung, adapun beberapa makanan yang dianjurkan untuk Anda konsumsi,antara lain :

  • Lobak dan Madu. Lobak merupakan makanan yang telah terkenal ampuh untuk membersihkan saluran hidung dan dapat digunakan untuk pengobatan polip hidung. Selain itu, lobak ini memiliki khasiat sebagai anti kanker dan pencegah penyakit jantung. Namun, lobak ini memiliki rasa yang sangat pahit sehingga orang-orang enggan untuk memakannya. Untuk mengurangi rasa pahit biasanya lobak dicampur dengan madu agar lebih enak dikonsumsi.
  • Vitamin C. Mengonsumsi makanan bervitamin C sekali sehari seperti jeruk dan lemon dapat mengurangi polip hidung. Vitamin C juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu menangkal berbagai macam masalah kesehatan. Zat bioflavonoid yang terdapat pada buah asam mampu menjaga pembuluh darah dan jaringan hidung tetap sehat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY