Papiloma Intraduktal Pada Payudara Wanita

SehatFresh.com РAdanya benjolan di payudara tidak selalu berarti kanker. Ada beberapa kondisi payudara yang berkaitan dengan munculnya benjolan yang bersifat non-kanker. Salah satunya adalah papiloma intraduktal, yang seringkali ditemukan  pada wanita antara usia 35 dan 55. Papiloma intraduktal adalah tumor jinak yang terbentuk dalam saluran susu di payudara. Tumor ini terdiri dari kelenjar dan jaringan fibrosa serta pembuluh darah.

  • Ketika tumor tunggal tumbuh di saluran susu besar, itu disebut papiloma intraduktal soliter. Ini biasanya muncul sebagai benjolan kecil di dekat puting, dan dapat menyebabkan keluarnya cairan dari puting atau perdarahan. Jenis benjolan ini tidak terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara.
  • Pada saluran lebih kecil yang berjauhan dengan puting payudara, papiloma biasanya bermanifestasi sebagai kelompok tumor kecil. Tumor ini disebut multiple papilloma. Jenis tumor ini telah dikaitkan dengan sedikit peningkatan risiko kanker payudara. Hal ini karena beberapa papiloma telah dikaitkan dengan kondisi payudara pra-kanker yang disebut hiperplasia atipikal.
  • Suatu kondisi yang disebut papillomatosis kadang-kadang dikelompokkan dengan papiloma intraduktal. Kondisi semacam ini terjadi ketika ada pertumbuhan berlebih dari sel-sel abnormal dalam saluran susu. Papillomatosis juga dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Papiloma intraduktal dapat menyebabkan pembesaran payudara, benjolan, dan keluarnya cairan dari puting. Beberapa orang mungkin juga mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan pada payudara mereka. Papiloma intraduktal biasanya muncul sebagai satu benjolan yang cukup besar di dekat puting atau beberapa benjolan kecil yang letaknya agak jauh dari puting. Benjolan biasanya berukuran 1 sampai 2 cm, tetapi mungkin juga bisa lebih besar. Ukuran benjolan tergantung pada ukuran saluran di mana tumor tumbuh. Terkadang, benjolan mungkin tidak terasa atau teraba.

Gejala papiloma intraduktal sangat mirip dengan jenis tumor payudara lainnya. Sangat penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika Anda melihat atau merasakan benjolan di payudara. Pasalnya, Anda tidak akan tahu apakah benjolan pada payudara tersebut bersifat kanker atau tidak sebelum diperiksa secara medis. Deteksi dini merupakan kunci keberhasilan penyembuhan yang berkaitan dengan tumor atau kanker payudara.

Pengobatan standar untuk papiloma intraduktal melibatkan pembedahan untuk mengangkat papiloma dan bagian saluran susu yang terkena. Jaringan yang diangkat selama operasi akan diuji untuk kehadiran sel-sel kanker. Perawatan lebih lanjut mungkin diperlukan jika sel-sel kanker ditemukan.

Sumber gambar : www.SehatFresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY