Papula Mutiara Pada Penis

SehatFresh.com – Bila Anda mendapati bintik-bintik putih kecil melingkar pada ujung atau batang Mr. P, kemungkinan itu menunjukkan papula penis mutiara atau pearly penile papules (PPP). Bintik-bintik tersebut sifatnya jinak dan tidak disebabkan infeksi menular seksual. Secara medis memang tidak berbahaya, namun seringkali menurunkan rasa percaya diri.

Ada beberapa penyakit kelamin yang gejalanya menyerupai PPP, yaitu kutil kelamin (kondiloma akuminata) dan moluskum kontagiosum. Namun, penyakit kelamin biasanya menunjukkan bintik-bintik yang tersusun acak, sedangkan PPP umumnya melingkari leher penis dengan pola yang cenderung rapi. Biasanya, PPP sudah ada sejak masa kanak-kanak, namun baru disadari saat usia remaja atau dewasa muda karena memang bintik-bintik membesar perlahan. Biasanya, diperlukan waktu hingga 4 tahun untuk menjadi menonjol.

PPP tidak menular seperti penyakit menular seksual. Ini berarti Anda tidak akan terinfeksi ataupun menginfeksi orang lain melalui kontak seksual atau aktivitas lainnya. Penyebab PPP belum diketahui secara pasti. Genetika tampaknya berperan dalam hal ini. Beberapa ahli berpendapat bahwa PPP mungkin muncul sebagai akibat dari penyumbatan atau pembengkakan kelenjar keringat atau pori-pori. Karena seringkali ditemukan pada penis yang belum disunat, ada juga dugaan PPP terbentuk dari cairan pelumas penis (smegma) yang mengeras.

Perawatan PPP ini tidak bisa dilakukan sendiri.  Karena alasan estetika, beberapa pria mungkin memotong atau memencetnya, tapi itu justru hanya akan menyebabkan infeksi dan jaringan parut. PPP bisa dihilangkan dengan tindakan bedah laser. Ini dapat didiskusikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin jika memang PPP dirasa mengganggu rasa percaya diri sehingga Anda berniat untuk menghilangkannya. Namun, tindakan medis untuk menghilangkan PPP tersebut juga tidak terlepas dari efek samping. Area penis tersusun dari banyak pembuluh darah, sehingga dapat terjadi perdarahan yang cukup banyak.

PPP sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Terkadang, PPP dapat menghilang dengan sendirinya seiring dengan waktu. Namun, memang ditemukan juga kasus di mana gejalanya semakin banyak. Sunat atau sirkumsisi di masa anak-anak dikatakan dapat menurunkan risiko PPP. Bagaimanapun juga, menjaga kebersihan itu sangat penting. Maka dari itu, penting juga untuk membersihkan penis dengan benar setiap kali mandi, khususnya pada bagian dalam penis yang tertutup kulit, terutama bagi yang belum disunat.

Sumber gambar : www.SehatFresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY