PATAH PERGELANGAN KAKI

o Definisi
Patah pergelangan kaki atau patah kaki adalah cedera yang umum. Anda mungkin mengalami patah pergelangan kaki atau patah kaki dikerenakan kecelakaan mobil atau terjatuh saat melangkah. Tingkat keseriusan dari patah pergelangan kaki atau patah kaki sangat bervariasi. Patahan (fraktur) dapat berkisar antara retakan pada celah-celah kecil di tulang hingga patahan yang menusuk kulit.

Pengobatan untuk patah pergelangan kaki atau patah kaki tergantung pada area dan tingkat keparahan dari fraktur. Patah pergelangan kaki atau patah kaki yang parah mungkin akan memerlukan tindakan operasi untuk pemasangan pelat, batang atau sekrup ke dalam tulang yang patah untuk mempertahankan posisi yang tepat selama proses penyembuhan.

o Gejala
Jika Anda mengalami patah pergelangan kaki atau patah kaki, Anda mungkin akan mengalami beberapa tanda-tanda dan gejala berikut:

  • Cekot secara tiba- tiba
  • Nyeri yang meningkat saat beraktivitas dan berkurang saat beristirahat
  • Pembengkakan
  • Memar
  • Kerapuhan
  • Kelainan bentuk
  • Kesulitan dalam berjalan atau menanggung berat badan
  • Gangguan terkadang datang dan terkadang tidak

Beberapa orang merasa atau mendengar suara berderik pada saat cedera dan berasumsi bahwa ada sesuatu yang patah. Namun, suara derikan itu tidak selalu menjadi pertanda dari patah tulang.

Kapan Anda Harus ke dokter?
Temuilah dokter jika rasa sakit dan pembengkakan berlangsung selama lebih dari dua atau tiga hari, atau jika nyeri mengganggu Anda saat berjalan.

o Penyebab
Penyebab paling umum dari patah pergelangan kaki atau patah kaki meliputi:

  • Kecelakaan mobil. Cedera parah akibat kecelakaan mobil dapat menyebabkan fraktur yang membutuhkan operasi.
  • Terjatuh. Tersandung dan jatuh dapat mematahkan tulang di pergelangan kaki atau kaki, seperti mendarat dengan kaki Anda setelah melompat dari ketinggian beberapa meter dari permukaan tanah.
  • Dampak dari beban berat. Menjatuhkan sesuatu yang berat pada kaki Anda adalah penyebab umum dari fraktur.
  • Salah langkah. Terkadang hanya karena salah meletakkan kaki Anda ke bawah, dapat mengakibatkan patah tulang. Jari kaki yang patah akibat jari-jari akibat tersandung furnitur juga sering terjadi. Memutar pergelangan kaki Anda juga dapat menyebabkan keseleo atau patah tulang.
  • Penggunaan berlebihan. Stress fracture juga umum terjadi akibat tulang menahan beban dari pergelangan kaki atau kaki. Retak kecil ini biasanya disebabkan oleh pemakaian pergelangan kaki atau kaki secara berlebihan atau berulang, seperti berlari jarak jauh. Tapi patah ini juga dapat terjadi dengan penggunaan normal dari tulang yang telah melemah akibat kondisi seperti osteoporosis atau stress fracture.

o Faktor Risiko
Anda mungking memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap patah kaki atau pergelangan kaki jika Anda:

  • Berpartisipasi dalam olahraga berdampak tinggi. Tekanan, pukulan langsung dan terpelintir yang terjadi dalam sepak bola, hoki, senam, balet, tenis, sepak bola, ski dan snowboarding adalah penyebab patah tulang kaki dan pergelangan kaki.
  • Menggunakan peralatan olahraga yang tidak tepat. Peralatan yang rusak, seperti sepatu yang terlalu usang atau tidak dipasang dengan benar, dapat menyebabkan Anda mengalami stress fracture dan terjatuh. Teknik pelatihan yang tidak benar, seperti tidak melakukan pemanasan dan peregangan, juga dapat menyebabkan cedera kaki dan pergelangan kaki.
  • Bekerja pada bidang pekerjaan tertentu. Lingkungan kerja tertentu, seperti lokasi konstruksi, dapat menyebabkan Anda memiliki risiko jatuh dari ketinggian atau menjatuhkan sesuatu yang berat pada kaki Anda.
  • Membiarkan rumah berantakan. Berjalan-jalan di sebuah rumah yang berantakan atau kekurangan cahaya dapat menyebabkan terjatuh dan terjadinya cedera kaki dan pergelangan kaki.
  • Memiliki kondisi tertentu. Memiliki penyakit osteoporosis atau neuropati dapat menyebabkan seseorang berisiko mengalami cedera pada kaki dan tulang pergelangan kaki.
  • Seorang atlet perempuan. Atlet perempuan sering membatasi diet mereka, yang dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan osteoporosis. Hal ini dikenal sebagai female athlete triad. Secara bersama-sama, ini dapat memicu atlet tersebut berisiko tinggi terhadap patah kaki atau tulang pergelangan kaki.

o Komplikasi
Komplikasi dari patah pergelangan kaki atau patah kaki jarang terjadi, tetapi dapat mencakup:

  • Arthritis. Fraktur yang memanjang ke dalam sendi dapat menyebabkan radang sendi beberapa tahun kemudian. Jika pergelangan kaki atau kaki mulai sakit yang lama setelah beristirahat, pergilah ke dokter untuk pemeriksaan.
  • Infeksi tulang (osteomielitis). Jika Anda memiliki fraktur yang terbuka, hal ini menandakan bahwa salah satu ujung tulang menonjol hingga ke kulit, tulang Anda mungkin terkena bakteri yang menyebabkan infeksi.
  • Sindrom kompartemen. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kadang-kadang cacat pada otot kaki atau lengan yang terinfeksi. Sindrom kompartemen biasanya terjadi pada cedera berdampak tinggi, seperti kecelakaan mobil atau motor.
  • Kerusakan saraf atau pembuluh darah. Trauma pada kaki atau pergelangan kaki bisa melukai saraf yang berdekatan dan pembuluh darah, terkadang saraf dan pembuluh darah ini robek. Carilah perawatan segera jika Anda mengalami mati rasa atau masalah sirkulasi. Kurangnya aliran darah dapat menyebabkan tulang lumpuh dan memburuk.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Anda dapat meminta pengobatan untuk patah pergelangan kaki atau patah kaki di ruang gawat darurat atau perawatan dari klinik gawat darurat. Jika potongan-potongan tulang yang patah tidak dapat disusun dengan baik selama proses penyembuhan, Anda mungkin akan dirujuk ke dokter spesialis bedah ortopedi.

Apa yang dapat Anda lakukan?
Anda dapat menulis daftar yang mencakup:

  • Detil deskripsi gejala Anda
  • Informasi tentang masalah kesehatan yang pernah Anda miliki
  • Informasi tentang masalah medis orang tua atau saudara kandung Anda
  • Semua obat-obatan dan suplemen makanan Anda konsumsi
  • Pertanyaan yang ingin Anda tanyakan pada dokter

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?
Dokter Anda mungkin akan menanyakan beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah ada cedera tertentu yang memicu gejala Anda?
  • Apakah gejala Anda datang tiba-tiba?
  • Apakah pergelangan kaki atau kaki Anda pernah terluka di masa lalu?
  • Apakah Anda sudah memulai atau melakukan olahraga secara intensif?

o Tes dan Diagnosis
Selama pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa titik nyeri di kaki dan pergelangan kaki. Lokasi yang tepat dari rasa sakit Anda dapat membantu menentukan penyebabnya. Dokter mungkin akan memindahkan kaki Anda ke posisi yang berbeda, untuk memeriksa rentang gerak Anda. Anda mungkin akan diminta untuk berjalan jarak pendek sehingga dokter dapat melihat cara berjalan Anda.

Tes pencitraan
Tidak semua cedera kaki dan pergelangan kaki membutuhkan pencitraan. Jika tanda-tanda dan gejala memenuhi kriteria tertentu, dokter mungkin akan menyarankan satu atau lebih dari tes pencitraan berikut.

  • Sinar-X. Kebanyakan patah tulang pergelangan kaki dan patah kaki dapat divisualisasikan pada sinar-X. Ahli medis mungkin perlu mengambil sinar-X dari beberapa sudut yang berbeda sehingga gambar tulang tidak akan tumpang tindih terlalu banyak. Stress fracture sering tidak muncul di sinar-X hingga patahan tersebut mulai mengalami proses pengobatan.
  • Scan tulang. Untuk scan tulang, ahli medis akan menyuntikkan sejumlah kecil bahan radioaktif ke pembuluh darah. Bahan radioaktif terikat pada tulang Anda, terutama di bagian tulang Anda yang telah rusak. Daerah yang rusak, termasuk untuk kasus stress fracture, akan muncul dalam bentuk bintik-bintik terang pada gambar yang dihasilkan.
  • Computerized tomography (CT). CT scan mengambil sinar-X dari berbagai sudut dan menggabungkannya untuk membuat gambar penampang struktur internal tubuh Anda. CT scan dapat mengungkapkan lebih detail tentang tulang dan jaringan lunak yang mengelilinginya, yang dapat membantu dokter menentukan pengobatan yang terbaik.
  • Magnetic resonance imaging (MRI). MRI menggunakan gelombang radio dan medan magnet yang kuat untuk membuat gambar yang sangat rinci dari ligamen yang membantu menahan kaki dan pergelangan kaki Anda secara bersamaan. Pencitraan ini membantu untuk melihat ligamen dan tulang Anda, juga dapat mengidentifikasi patah tulang yang tidak terlihat pada sinar-X. Studi-studi pencitraan lebih maju biasanya digunakan pada orang yang pekerjaannya mengharuskan mereka untuk menjadi aktif pada kaki mereka, seperti atlet.

o Perawatan dan Obat-obatan
Pengobatan untuk patah pergelangan kaki atau patah kaki akan bervariasi, tergantung pada tulang yang rusak dan tingkat keparahan cedera.

Pengobatan
Dokter mungkin akan merekomendasikan pereda nyeri non-preskripsi, seperti acetaminophen (Tylenol, others), naproxen sodium (Aleve, orang lain) atau ibuprofen (Advil, Motrin IB, orang lain).

Terapi
Setelah tulang Anda sembuh, Anda mungkin perlu untuk meregangkan otot kaku dan ligamen di pergelangan kaki dan kaki. Seorang ahli terapi fisik dapat mengajarkan Anda latihan untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan.

Bedah dan prosedur lainnya

  • Reduksi. Jika Anda memiliki pergeseran fraktur, yang berarti kedua ujung fraktur tidak sejajar, dokter mungkin perlu memanipulasi kembali potongan ke posisi yang tepat – proses ini disebut reduksi. Tergantung pada jumlah rasa sakit dan bengkak yang Anda miliki, Anda mungkin perlu relaksan otot, obat penenang atau bahkan anestesi umum sebelum prosedur ini.
  • Imobilisasi. Untuk menyembuhkan, patah tulang harus diimobilisasi sehingga ujung-ujungnya bisa menyatu kembali. Dalam kebanyakan kasus, ini memerlukan cor. Fraktur kecil kaki mungkin hanya perlu penjepit yang dapat dilepas, boot atau sepatu dengan sol yang kaku. Sebuah kaki yang patah biasanya ditempelkan ke jari kaki sebelahnya, dengan sepotong kain kasa di antara keduanya.
  • Bedah. Dalam beberapa kasus, ahli bedah ortopedi mungkin perlu menggunakan pin, piring atau sekrup untuk mempertahankan posisi yang tepat dari tulang Anda selama proses pengobatan. Alat-alat ini dapat diangkat setelah patah tulang sembuh jika menonjol atau menyakitkan.

o Pencegahan
Olahraga dasar dan tips keselamatan ini dapat membantu mencegah patah pergelangan kaki atau patah kaki:

  • Pakailah sepatu yang tepat. Gunakan sepatu hiking medan kasar. Pakailah sepatu berujung baja di lingkungan kerja Anda jika perlu. Pilih sepatu atletik yang tepat untuk olahraga Anda.
  • Gantilah sepatu atletik secara teratur. Buang sepatu kets secepatnya saat tapak atau tumitnya menipis habis atau jika sepatu yang Anda pakai sudah tidak rata.
  • Mulailah perlahan-lahan. Itu berlaku untuk program kebugaran baru dan setiap latihan individu. Cross-train. Kegiatan bolak-balik dapat mencegah stress fracture. Bergerak berputa dengan berenang atau bersepeda.
  • Membangun kekuatan tulang. Makanan yang kaya kalsium, seperti susu, yogurt dan keju, benar-benar dapat membuat tubuh Anda sehat. Mengonsumsi suplemen vitamin D juga dapat membantu.
  • Gunakan lampu pada malam hari. Umumnya jari kaki yang patah adalah akibat dari berjalan dalam gelap.
  • Merapikan rumah Anda. Menjaga lantai agar tidak berantakan dapat membantu Anda untuk menghindari Anda terjatuh saat berjalan.
  • Memperkuat otot pergelangan kaki Anda. Jika Anda terbiasa memutar pergelangan kaki Anda, mintalah dokter Anda melakukan olahraga untuk membantu memperkuat otot-otot yang mendukung pergelangan kaki Anda.