PATAH TULANG PINGGUL

DEFINISI
Penyakit Patah tulang pinggul adalah cedera serius yang terjadi terutama jika Anda telah memasuki usia tua dan komplikasi dapat mengancam kehidupan Anda. Patah tulang pinggul terjadi pada orang tua dari yang berumur 65 tahun keatas, dan resiko paling cepat terkena penyakit ini di usia 80an.

Orang tua berada pada risiko patah tulang pinggul yang lebih tinggi karena kondisi tulang cenderung melemah seiring dengan usia. Melemahnya tulang ini disebut osteoporosis. Beberapa obat, pandangan yang lemah dan masalah keseimbangan juga membuat orang tua lebih mungkin untuk berjalan dan terjatuh, hal tersebut adalah salah satu penyebab umum dari patah tulang pinggul.

Patah tulang pinggul hampir selalu memerlukan bedah perbaikan atau penggantian yang diikuti oleh terapi fisik bulanan. Melakukan hal-hal tertentu untuk mempertahankan kepadatan tulang dan menghindakan diri dari terjatuh dapat membantu mencegah patah tulang pinggul.

GEJALA
Tanda dan gejala dari patah tulang pinggul adalah sebagai berikut:

  • Ketidakmampuan untuk segera bergerak setelah terjatuh
  • Sakit parah di sekitar pinggul atau selangkangan
  • Ketidakmampuan untuk menempatkan berat badan pada kaki dimana pinggul anda terluka
  • Kekakuan, memar dan bengkak sekitar daerah pinggul Anda
  • Kaki terasa lebih pendek pada pinggul yang terluka
  • Perpindahan rasa sakit ke luar kaki Anda pada pinggul yang terluka

PENYEBAB
Dampak buruk dalam kecelakaan mobil, dapat menyebabkan patah tulang pinggul pada orang dari segala usia. Pada orang dewasa yang lebih tua, patah tulang pinggul adalah sering sebagai akibat jatuh dari berdiri. Pada orang dengan kondisi tulang sangat lemah, patah tulang pinggul dapat terjadi hanya dengan berdiri dengan kakinya dan melakukan gerakan memutar.

FAKTOR RISIKO
Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko patah tulang pinggul, yaitu:

  • Usia. Tingkat patah tulang pinggul meningkat secara substansial seiring usia. Sama halnya dengan usia Anda, kepadatan tulang dan otot juga memilki massa penurunan. Usia yang lebih tua juga dapat menyebabkan masalah pandangan dan masalah keseimbangan pada tubuh , bersamaan dengan waktu reaksi tubuh yang lebih lambat untuk menghindari jatuh ketika tubuh terasa goyah. Jika Anda tidak bergerak aktif, otot-otot akan cenderung untuk melemah bahkan melebihi usia Anda. Semua faktor tersebut dapat menjadi peningkatan risiko patah tulang pinggul.
  • Seks. Perempuan kehilangan kepadatan tulang di tingkat yang lebih cepat daripada pria. Penurunan tingkat estrogen yang terjadi dengan menopause mempercepat hilangnya kepadatan tulang dan meningkatkan risiko patah tulang pinggul. Namun, pria juga dapat terkena kepadatan tulang.tingkat rendah berbahaya.
  • Kondisi medis yang kronis. Osteoporosis adalah faktor risiko yang paling kuat penyebab patah tulang pinggul, tetapi kondisi medis lainnya dapat menyebabkan perapuhan tulang. Ini termasuk gangguan endokrin, seperti tiroid terlalu aktif, dan gangguan usus, yang dapat mengurangi penyerapan vitamin D dan kalsium pada tulang anda.
  • Obat tertentu. Obat-obatan kortison, seperti prednison, dapat melemahkan tulang jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Dalam beberapa kasus, obat-obatan tertentu atau kombinasi dari obat-obatan dapat membuat Anda pusing dan lebih rentan untuk terjatuh.
  • Masalah gizi. Kurangnya kalsium dan vitamin D saat anda melakukan diet disaat anda muda akan menurunkan massa puncak tulang Anda dan dapat meningkatkan risiko dikemudian hari. Gangguan makan yang serius, seperti nervosa anoreksia dan bulimia, dapat merusak kerangka tubuh Anda karena menghilangkan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh tuntuk membangun tulang Anda.
  • Kondisi Fisik yang tidak aktif. Latihan beban, seperti berjalan, membantu memperkuat tulang dan otot dan mengurangi kemungkinan patah tulang. Jika Anda tidak teratur melakukan latihan beban maka berakibat pada kepadatan tulang dan tulang menjadi lemah.
  • Penggunaan tembakau dan alkohol. Merokok dan minuman beralkohol dapat mengganggu proses-proses pembentukan tulang dan mengakibatkan pengikisan tulang.

KOMPLIKASI
Patah tulang pinggul adalah cedera serius yang dapat mengurangi kebebasan masa depan Anda dan bahkan bisa memperpendek hidup Anda. Banyak orang dewasa yang tinggal secara independen sebelum mereka mengalami patah tulang pinggul yang masih tinggal di sebuah panti jompo lebih dari setahun setelah cedera mereka.

Jika patah tulang pinggul membuat Anda sulit bergerak untuk waktu yang lama, Anda berkemungkinan besar mengidap satu atau lebih dari komplikasi berikut:

  • Gumpalan darah di kaki atau paru-paru
  • Luka baring dengan
  • Infeksi saluran kemih
  • Radang paru-paru

Selain itu, orang-orang yang pernah mengalami patah tulang pinggul memiliki resiko yang tinggi akan mengalaminya kembali.

PESIAPAN SEBELUM KERUMAH SAKIT
Panggilah ambulans jika Anda terjatuh jatuh atau mengalami luka di bagian pinggul. Tunggulah paramedis untuk memindahkan Anda dengan aman. Jika memungkinkan, bawalah anggota keluarga atau teman Anda untuk ikut rumah sakit karena mereka dapat membantu menjawab pertanyaan dan mempertimbangkan pilihan pengobatan yang anda perlukan.

Apa yang Anda perkiraan
Staf penyelamat dan rumah sakit akan mengajukan beberapa pertanyaan berikut :

  • Apakah Anda baru saja terjatuh atau memliki cedera lain pinggul Anda?
  • Apa sajakah gejala yang Anda rasakan?
  • Seberapa parah rasa sakit yang derita?
  • Bisakah Anda menempatkan berat badan pada kaki Anda di pinggul yang terluka?
  • Apakah Anda telah didiagnosa dengan kondisi medis lainnya?
  • Apakah Anda pernah melakukan tes kepadatan tulang?
  • Obat apa saja yang Anda konsumsi saat ini?
  • Apakah Anda menggunakan alkohol?
  • Apakah Anda Merokok?
  • Apakah Anda pernah dioperasi sebelumnya? Apakah ada masalah?
  • Apakah keluarga Anda, seperti orangtua atau saudara Anda pernah mengalami patah tulang atau osteoporosis ?
  • Apakah Anda saat ini hidup sendirian?

TES DAN DIAGNOSIS
Seringkali dokter dapat menentukan bahwa Anda menderita patah tulang pinggul berdasarkan gejala dan dengan memperhatikan posisi abnormal pinggul dan kaki Anda. X-ray biasanya akan mengkonfirmasi bahwa Anda memiliki fraktur dan menunjukkan persis di mana fraktur adalah pada tulang Anda.

Jika Anda X-ray tidak menunjukkan fraktur tetapi Anda masih memiliki nyeri panggul, dokter Anda dapat memesan CT atau MRI scan untuk mencari fraktur garis rambut kecil.

Patah tulang pinggul terjadi di salah satu dari dua daerah sepanjang tulang paha Anda, tulang panjang yang meluas dari panggul sampai lutut Anda, yaitu “

  • Leher femoralis. Leher femoralis terletak di bagian atas tulang paha Anda, tepat di bawah kepalanya, yang merupakan bagian bola bola dan samabunganya
  • Wilayah intertrochanteric. Wilayah ini sedikit lebih jauh ke bawah dari sendi panggul, di bagian tulang paha atas Anda yang menuju ke luar.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Pengobatan untuk patah tulang pinggul sering melibatkan penggabungan operasi, rehabilitasi dan obat-obata.

Operasi
Jenis operasi umumnya tergantung pada bagian tulang yang terkena patah tulang, tingkat keparahan fraktur dan tingkat usia Anda. Pilihan bedah dapat mencakup:

  • Perbaikan dengan hardware. Ahli bedah dapat menyisipkan sekrup logam ke dalam tulang untuk menahannya bersama-sama sementara fraktur disembuhkan. Dalam beberapa kasus, sekrup melekat pada pelat besi yang berjalan bersama dengan tulang paha. Pilihan lain adalah memasukkan sebuah batang yang dikenal sebagai paku, ke bagian sumsum tulang paha. Sekrup kemudian melewati bagian atas batang, melalui leher femoralis dan ke bagian bola dari sendi panggul Anda.
  • Mengganti bagian tulang paha. Jika ujung tulang patah atau mereka telah rusak, dokter Anda dapat menghapus kepala dan leher tulang paha dan menginstal pengganti logam (prostesis). Prosedur ini disebut penggantian pinggul parsial.
  • Mengganti seluruh sendi pinggul. Total penggantian pinggul mencakup penggantian tulang paha atas Anda dan soket dalam tulang pelvis dengan bagian-bagian buatan yang disebut prostesis. Total penggantian pinggul mungkin menjadi pilihan yang baik jika arthritis atau cedera sendi Andatelah rusak sebelumnya.

Jika suplai darah ke bagian daerah dari sendi pinggul Anda rusak selama patah tulang pinggul, maka kecil kemungkinan untuk disembuhkan. Hal ini paling sering terjadi pada orang tua yang memiliki fraktur femoralis leher, sehingga dokter mungkin menyarankan parsial atau total penggantian pinggul untuk cedera ini.

Rehabilitasi
Tim perawatan Anda mungkin akan membawa Anda keluar dari tempat tidur dan
Melakukan terapi pada hari pertama setelah operasi. Terapi fisik awalnya akan fokus pada berbagai gerakan dan latihan penguatan. Tergantung pada jenis operasi yang Anda lakukan dan apakah Anda memiliki bantuan di rumah, Anda mungkin perlu untuk pergi dari rumah sakit untuk perpanjangan fasilitas perawatan.
Dalam perpanjangan perawatan dan di rumah, Anda dapat malakukan terapi dengan seorang ahli terapi okupasional mempelajari teknik mandiri di kehidupan sehari-hari, seperti menggunakan toilet, mandi, berpakaian, dan memasak. Okupasi terapis akan menentukan jika berjalan atau kursi roda dapat membantu Anda mendapatkan kembali kemudahan dan kemandirian Anda.

Obat-obatan
Obat yang berfungsi meningkatkan kepadatan tulang yaitu Bifosfonat yang dapat membantu mengurangi risiko patah tulang pinggul untuk kedua kalinya. Sebagian besar obat ini diambil secara pribadi dan dikaitkan dengan efek samping yang mungkin sulit untuk ditolerir, termasuk mual, sakit perut dan peradangan kerongkongan. Jika ini adalah masalah, Anda mungkin ingin mengambil jenis Bifosfonat melalui tabung. intravena (IV)
Bifosfonat terapi jangka panjang telah dikaitkan dengan masalah langka di mana tulang paha atas retak, tetapi biasanya tidak rusak sepenuhnya. Bifosfonat juga berpotensi mempengaruhi tulang rahang Anda. Osteonecrosis rahang adalah suatu kondisi yang jarang terjadi setelah ekstraksi gigi di mana bagian dari tulang rahang mati dan memburuk.

PENCEGAHAN
Pilihan gaya hidup sehat di awal masa dewasa dapat membangun masa tulang lebih lama dan mengurangi risiko osteoporosis kemudian hari. Langkah-langkah yang sama mungkin menurunkan risiko hilangnya keseimbangan tubuh dan terjatuh serta meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan jika Anda menerapkannya pada usia berapa pun. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Latihan untuk memperkuat tulang dan meningkatkan keseimbangan. Latihan beban, seperti berjalan, mendorong tubuh Anda untuk meningkatkan kepadatan tulang. Latihan juga akan meningkatkan kekuatan Anda secara keseluruhan, membuat Anda cenderung untuk tidak terjatuh. Mencoba untuk latihan selama 30 menit sehari hari dalam seminggu. Juga melatih keseimbangan juga merupakan kunci untuk mengurangi risiko jatuh, karena keseimbangan cenderung memburuk seiring usia.
  • Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan atau merokok. Menjaga kepadatan tulang Anda salah satunya dengan menghindari penggunaan alkohol berlebihan dan tidak Merokok. Minum terlalu banyak juga dapat mengganggu keseimbangan Anda dan membuat Anda lebih cenderung terjatuh.
  • Perhatikan kondisi rumah Anda. Perhatikan kondisi karpet, tali listrik dan kurangi kelebihan furniture dan apa pun yang bisa menganggu pergerakan Anda di dalam rumah. Pastikan setiap kamar dan lorong memilki penerangan yang baik.
  • Periksa mata Anda. Pergi ke dokter mata Anda untuk melakukan tes setiap tahun, atau lebih sering jika Anda memiliki diabetes atau penyakit mata.
  • Memperhatikan obat-obatan yang Anda konsumsi. Merasa lemah dan pusing, yang kemungkinan efek samping obat-obatan yang banyak, dapat meningkatkan risiko terjatuh. Bicarakanlah dengan dokter Anda tentang efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan yang anda konsumsi.