PATAH TULANG SELANGKA

DEFINISI

Patah tulang selangka adalah cedera yang umum, terutama pada anak-anak serta orang muda. Tulang selangka Anda menghubungkan bagian atas dada ke bahu Anda. Penyebab umum dari tulang selangka rusak termasuk terjatuh, olahraga cedera dan trauma dari kecelakaan lalu lintas. Bayi kadang-kadang dapat mengalmi patah selangka selama proses kelahiran.

Mencari perhatian medis segera untuk tulang selangka rusak. Sebagian menyembuhkan dengan es, penghilang rasa sakit, sling dan terapi fisi. Tapi istirahat rumit mungkin memerlukan operasi untuk menyetel kembali patah tulang dan menanamkan piring, sekrup atau batang ke dalam tulang untuk menahan tulang di tempat selama penyembuhan.

GEJALA

Tanda dan gejala dari tulang selangka yang rusak meliputi :

  • Rasa sakit yang meningkat dengan gerakan bahu
  • Pembengkakan
  • Kelembutan
  • Memar
  • Tonjolan di atau dekat bahu Anda
  • Grinding atau suara berderak ketika Anda mencoba untuk memindahkan bahu Anda
  • Kekakuan atau ketidakmampuan untuk memindahkan bahu Anda
  • Anak-anak yang baru lahir akan sering tidak menggerakan lengan mereka selama beberapa hari setelah Fraktur tulang selangka berhubungan dengan kelahiran.

Kapan Anda harus menemui dokter

Jika Anda melihat tanda-tanda atau gejala patah tulang selangka di Anda atau anak Anda, atau jika ada cukup sakit untuk mencegah penggunaan normal, hubungi dokter segera. Keterlambatan dalam diagnosis dan pengobatan dapat menyebabkan penyembuhan yang buruk.

PENYEBAB

Penyebab umum dari tulang selangka rusak meliputi :

  • Jatuh, seperti jatuh ke bahu Anda atau ke tangan terulur.
  • Cedera olahraga, seperti pukulan langsung ke bahu Anda
  • Kecelakaan mobil, sepeda motor, atau sepeda.
  • Kelahiran cedera

FAKTOR RESIKO

Tulang selangka Anda tidak mengeras sepenuhnya sampai sekitar usia 20. Hal ini menempatkan anak-anak dan remaja beresiko tinggi patah tulang selangka. Risiko berkurang setelah usia 20, tapi kemudian naik lagi pada orang tua selama kekuatan tulang berkurang seiring usia.

KOMPLIKASI

Kebanyakan patah tulang selangka sembuhkan tanpa kesulitan. Komplikasi, ketika mereka terjadi, termasuk :

  • Cedera saraf atau pembuluh darah. Patah ujung tulang selangka yang bergerigi mungkin melukai saraf dan pembuluh darah terdekat. Mencari perhatian medis segera jika Anda mengalami mati rasa atau dingin di lengan atau tangan.
  • Penyembuhan buruk atau tertunda. Tulang selangka rusak parah mungkin sembuh lambat atau tidak sempurna. Penyatuan tulang yang buruk selama penyembuhan dapat mempersingkat tulang.
  • Benjolan di tulang. Sebagai bagian dari proses penyembuhan, tempat dimana tulang bersambung bersama membentuk benjolan tulang. Benjolan ini sangat mudah untuk dilihat karena dekat dengan kulit. Kebanyakan benjolan hilang dengan berjalannya waktu, tetapi beberapa ada yang bersifat permanen.
  • Osteoartritis. Fraktur yang melibatkan sendi yang menghubungkan tulang selangka, bahu atau dada Anda mungkin meningkatkan risiko akhirnya mengembangkan arthritis di sendi.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Tergantung pada keparahan, dokter keluarga atau dokter ruang gawat darurat dapat merekomendasikan untuk melihat seorang ahli bedah ortopedi.

 Apa yang dapat Anda lakukan

Mungkin akan membantu untuk menulis daftar yang mencakup :

  • Deskripsi rinci gejala Anda dan peristiwa yang menyebabkan cedera
  • Informasi tentang masa lalu masalah medis
  • Semua obat-obatan dan suplemen diet
  • Pertanyaan-pertanyaan yang Anda ingin tanyakan kepada dokter

 Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter

Dokter Anda mungkin akan menanyakan beberapa pertanyaan berikut :

  • Bagaimana cedera terjadi?
  • Apakah Anda pernah patah tulang?
  • Apakah Anda didiagnosa dengan tulang lemah?

TES DAN DIAGNOSIS

Selama uji fisik, dokter akan memeriksa daerah yang terkena untuk nyeri, pembengkakan, kelainan atau luka terbuka. X-Ray menentukan tingkat kerusakan tulang selangka, menunjukkan lokasi dan menentukan jika ada cedera sendi. Dokter mungkin juga menyarankan CT scan untuk mendapatkan gambar yang lebih rinci.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Membatasi pergerakan setiap patah tulang penting untuk penyembuhan. Untuk tidak membuat banyak gerakan tulang selangka yang patah, Anda mungkin perlu memakai sling lengan. Berapa lama Imobilisasi yang diperlukan tergantung pada tingkat keparahan cedera. Penyatuan tulang biasanya memakan waktu tiga sampai enam minggu untuk anak-anak dan enam sampai 12 minggu untuk orang dewasa. Tulang selangka bayi yang pecah pada saat persalinan biasanya sembuh hanya dengan mengontrol rasa sakit dan penanganan bayi secara hati-hati.

Obat

Untuk mengurangi nyeri dan peradangan, dokter mungkin merekomendasikan pereda nyeri over-the-counter. Jika Anda memiliki sakit parah, Anda mungkin perlu resep obat yang mengandung narkotika selama beberapa hari.

Terapi

Rehabilitasi dimulai segera setelah pengobatan awal. Dalam kebanyakan kasus, hal ini penting untuk memulai beberapa gerakan untuk meminimalkan kekakuan pada bahu Anda sementara Anda masih memakai kain selempang. Setelah selempang dilepas, dokter mungkin merekomendasikan latihan rehabilitasi tambahan atau terapi fisik untuk memulihkan kekuatan otot, gerak sendi dan fleksibilitas.

Operasi

Bedah mungkin diperlukan jika tulang selangka menembus kulit Anda, parah atau di beberapa bagian. Operasi Patah tulang selangka biasanya mencakup menempatkan perangkat fiksasi seperti piring, sekrup atau batang untuk mempertahankan posisi tulang yang tepat selama penyembuhan. Komplikasi bedah, meskipun jarang, dapat mencakup infeksi dan kurangnya penyembuhan tulang.

GAYA HIDUP DAN PENCEGAHAN DI RUMAH

Menerapkan es ke daerah yang terkena selama 20 untuk 30 menit setiap beberapa jam selama dua sampai tiga hari pertama setelah patah tulang selangka dapat membantu mengendalikan rasa sakit dan bengkak.