PATAH UJUNG KAKI

DEFINISI

Patah ujung kaki adalah cedera umum yang paling sering terjadi ketika Anda menjatuhkan sesuatu di kaki Anda atau menyandung kaki Anda.

Dalam kebanyakan kasus, patah ujung kaki dapat diimobilisasi dengan merekatkannya ke  jari kaki sebelahnya. Tetapi jika fraktur yang terjadi parah – terutama jika melibatkan jempol kaki Anda – Anda mungkin perlu gips atau bahkan operasi untuk memastikan proses penyembuhan kaki Anda yang patah berjalan dengan baik.

Sebagian jari kaki yang patah dapat sembuh dengan baik, biasanya dalam waktu empat sampai enam minggu. Tergantung pada lokasi dan tingkat keparahan cedera, patah kaki dapat terinfeksi atau lebih rentan terhadap osteoarthritis di masa depan.

GEJALA

Tanda dan gejala patah kaki meliputi :

  • Nyeri
  • Pembengkakan
  • Perubahan warna

Kapan Anda Harus ke Dokter?

Konsultasikan dengan dokter jika rasa sakit, pembengkakan dan perubahan warna terus berlanjut selama lebih dari beberapa hari atau jika cedera mengganggu kemampuan Anda untuk berjalan atau memakai sepatu.

PENYEBAB

Dalam kebanyakan kasus, patah ujung kaki terjadi ketika Anda menjatuhkan sesuatu yang berat pada kaki Anda atau tersandung dengan sesuatu yang keras

  • Komplikasi

Komplikasi dapat mencakup :

  • Infeksi. Jika kulit di dekat kaki Anda yang cedera mengalami luka, tulang Anda akan berisiko lebih tinggi terkena infeksi.
  • Osteoarthritis. Kerusakan tubuh karena penuaan dari arthritis ini lebih mungkin terjadi ketika fraktur memanjang ke salah satu sendi di jari kaki.
  • Persiapan Sebelum ke Dokter

Meskipun Anda awalnya berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda, Anda mungkin akan direkomendasikan ke dokter spesialis bedah ortopedi.

Apa yang dapat Anda lakukan?

Anda dapat menulis daftar yang mencakup :

  • DeskripsilengkapgejalaAnda
  • Penjelasansingkat tentang bagaimanacedera terjadi
  • Informasi tentangmasalah medis lainnyayang pernah Anda alami
  • Semuaobat-obatan dansuplemen yang Anda konsumsi
  • Pertanyaanyang ingin Anda tanyakan kepadadokter

Apa yang dapat Anda harapkan dari dokter?

Dokter mungkin akan menanyai Anda beberapa pertanyaan berikut :

  • Bagaimanacedera initerjadi?
  • ApakahAndatidak memakai alas kakipada saat itu?
  • Dimana tepatnya daerah sakit yang Anda rasakan?
  • Apakahlebih dari satujariyang cedera?
  • Apakah adagerakankakitertentu yangmembuatcederaAndamembaikatau memburuk?

TES DAN DIAGNOSIS

Selama pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa titik nyeri di jari-jari kaki. Dokter juga akan memeriksa kulit di sekitar luka Anda untuk memastikan itu utuh dan kaki masih menerima aliran darah dan sinyal saraf yang memadai.

Jika dokter menduga bahwa Anda mengalami patah ujung kaki, dokter mungkin akan merekomendasikan prosedur sinar-X untuk kaki Anda yang akan diambil dari berbagai sudut.

PERAWATAN DAN OBAT-OBATAN

Rasa sakit yang terkait dengan patah ujung kaki yang sederhana biasanya dapat dikurangi dengan obat-obatan over-the-counter seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, dan lain-lain), natrium naproxen (Aleve) atau acetaminophen (Tylenol, dan lain-lain). Obat penghilang rasa sakit yang lebih kuat akan diresepkan jika rasa sakit yang Anda alami lebih parah.

Reduksi

Jika fragmen tulang Anda yang patah tidak dapat disatukan kembali dengan baik, dokter mungkin perlu memanipulasi potongan-potongan agar kembali ke posisi yang tepat – proses ini disebut reduksi. Dalam kebanyakan kasus, hal ini dapat dilakukan tanpa menyayat kulit Anda. Es atau obat bius dapat disuntikkan untuk membuat kaki Anda mati rasa.

Imobilisasi

Untuk menyembuhkan, tulang yang patah harus dilumpuhkan (imobilisasi) sehingga ujung-ujungnya bisa disatukan kembali. Contohnya termasuk :

  • Merekatkan ke jari sebelah (buddy taping). Jika Anda mengalami fraktur yang sederhana di salah satu jari-jari kaki Anda, dokter mungkin hanya perlu merekatkan kaki yang cedera ke jari sebelahnya. Kaki yang tidak cedera disebelahnya itu berfungsi seperti bidai. Berilah selalu beberapa kain kasa atau periksalah di antara jari-jari kaki sebelum direkatkan untuk mencegah iritasi kulit.
  • Mengenakan sepatu yang kaku di bagian bawahnya (stiff-bottomed shoe). Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan sepatu pasca-bedah yang memiliki dasar kaku dan lembut di bagian atasnya yang ditutup dengan potongan kain pengikat. Hal ini dapat mencegah kaki Anda meregang dan memberikan lebih banyak ruang untuk mengatasi pembengkakan.
  • Pemasangan gips. Jika fragmen kaki Anda yang patah tidak dapat disatukan kembali, Anda mungkin memerlukan sebuah gips.

Operasi

Dalam beberapa kasus, ahli bedah mungkin perlu menggunakan pin, lempeng atau sekrup untuk mempertahankan posisi yang tepat dari tulang Anda selama proses penyembuhan.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Elevasi dan es dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Sandarkanlah kaki Anda ketika memungkinkan sehingga kaki yang cedera berada lebih tinggi dari jantung Anda. Jika Anda menggunakan es, bungkuslah jari yang cedera dengan handuk sehingga tidak terjadi kontak langsung dengan kulit Anda, dan lakukan proses ini hanya selama 20 menit.