PECTUS EXCAVATUM

DEFINISI

Pectus excavatum adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki dada cekung ke atau dada memcengkram. Dalam kasus parah, pectus excavatum dapat terlihat seolah-olah pusat dada telah dikeruk keluar, sehingga meninggalkan bekas penyok mendalam. Sementara dada cekung sering terlihat segera setelah lahir, tingkat keparahan pectus excavatum biasanya memburuk selama percepatan pertumbuhan remaja.

Juga disebut sebagai saluran dada, pectus excavatum lebih umum pada laki-laki daripada perempuan. Kasus berat pectus excavatum akhirnya dapat mengganggu fungsi jantung dan paru-paru. Tetapii, bahkan kasus pectus excavatum ringan dapat membuat anak-anak yang merasa diri sadar tentang penampilan mereka. Operasi dapat memperbaiki kelainan.

GEJALA

Bagi banyak orang dengan pectus excavatum, mereka tanda atau gejala hanya indentasi sedikit di dada mereka. Pada beberapa orang, kedalaman indentasi memburuk pada awal masa remaja dan dapat terus memburuk selama dewasa.

Dalam kasus parah pectus excavatum, dada dapat memampatkan paru-paru dan jantung. Tanda dan gejala dapat mencakup :

  • Penurunan toleransi
  • Detak jantung cepat atau jantung berdebar-debar
  • Infeksi pernapasan berulang
  • Mengi atau batuk
  • Nyeri dada
  • Murmur jantung
  • Kelelahan

PENYEBAB

Sementara penyebab pectus excavatum yang tepat tidak diketahui, itu mungkin kondisi warisan karena kadang-kadang dijalankan dalam keluarga.

FAKTOR RESIKO

Pectus excavatum lebih umum pada laki-laki daripada perempuan.

KOMPLIKASI

Kasus berat pectus excavatum dapat memampatkan paru-paru dan mendorong jantung atas ke satu sisi. Kasus-kasus ringan pectus excavatum dapat mengakibatkan masalah-masalah citra diri.

Masalah jantung dan paru-paru

Jika kedalaman indentasi dada parah, itu dapat mengurangi jumlah ruang paru-paru yang harus berkembang. Kompresi ini juga dapat menekan jantung, mendorong ke sisi kiri dada dan mengurangi kemampuan untuk memompa secara efisien.

Masalah-masalah citra diri

Anak-anak yang mengalami pectus excavatum juga cenderung memiliki postur membungkuk ke depan, dengan rusuk menyala dan tulang belikat. Banyak yang kurang percaya diri akan penampilan mereka sehingga mereka menghindari kegiatan, seperti berenang.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Jika Anda atau anak Anda memiliki pectus excavatum, Anda mungkin pertama membahas masalah dengan dokter keluarga Anda. Dokter mungkin merujuk Anda ke dokter yang mengkhususkan diri dalam bedah ortopedi.

Apa yang dapat Anda lakukan

Anda mungkin ingin menulis sebuah daftar yang mencakup :

  • Deskripsi rinci tanda dan gejala
  • Informasi tentang masalah medis sebelumnya
  • Informasi tentang masalah medis yang umum di keluarga Anda
  • Semua obat-obatan dan suplemen makanan yang Anda atau anak Anda ambil
  • Pertanyaan-pertanyaan yang Anda ingin tanyakan kepada dokter, termasuk perawatan yang tersedia

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter

Dokter Anda dapat menanyakan beberapa pertanyaan berikut :

  • Kapan tanda-tanda dan gejala mulai?
  • Apakah gejala memburuk?
  • Adakah orang lain dalam keluarga Anda yang memiliki masalah yang sama?

TES DAN DIAGNOSIS

Pectus excavatum dapat biasanya didiagnosis hanya dengan memeriksa dada. Tapi dokter mungkin menyarankan beberapa jenis tes untuk memeriksa masalah terkait dengan jantung dan paru-paru. Tes ini dapat mencakup :

  • Dada X-ray. Tes ini dapat memvisualisasikan dada dan sering menunjukkan jantung yang dipindahkan ke sisi kiri dada. X-Ray tidak menyakitkan dan mengambil hanya beberapa menit untuk diselesaikan.
  • Computerized tomography (CT). Sebuah CT scan dapat digunakan untuk membantu menentukan tingkat keparahan pectus excavatum dan apakah jantung atau paru-paru dikompresi. CT scan mengambil banyak foto sinar-x dari berbagai sudut untuk menghasilkan penampang gambar struktur internal tubuh.
  • Elektrokardiogram dapat menunjukkan apakah irama jantung normal atau tidak teratur, dan jika sinyal-sinyal listrik yang mengontrol detak jantung yang diatur dengan baik. Tes ini tidak menyakitkan dan melibatkan penempatan petunjuk listrik lebih dari selusin, yang melekat pada tubuh dengan lengket perekat.
  • Ekokardiogram adalah sonogram jantung. Ia bisa menampilkan citra seberapa baik jantung dan katup yang bekerja. Gambar yang diproduksi oleh transmisi gelombang suara melalui tongkat ditekan terhadap dada.
  • Tes fungsi paru-paru. Jenis tes ini mengukur jumlah udara yang paru-paru Anda dapat tahan dan seberapa cepat Anda dapat mengosongkan paru-paru Anda.
  • Tes Latihan. Tes ini memantau seberapa baik jantung dan paru-paru berfungsi saat Anda latihan, biasanya di atas treadmill.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Pectus excavatum dapat diperbaiki dengan pembedahan, tapi operasi biasanya disediakan untuk orang yang memiliki tanda dan gejala yang moderat sampai parah. Orang yang memiliki tanda dan gejala ringan mungkin terbantu dengan terapi fisik. Latihan tertentu dapat memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan derajat dimana dada dapat memperluas.

Jenis operasi

Jika Anda memiliki pectus excavatum sedang sampai parah, dokter mungkin menyarankan operasi. Dua jenis operasi paling umum yang digunakan untuk memperbaiki pectus excavatum berbeda dengan ukuran insisi digunakan :

  • Sayatan besar. Sayatan pusat dada memungkinkan ahli bedah untuk melihat dada secara langsung. Tulang rawan Cacat melampirkan tulang rusuk dengan tulang dada yang lebih rendah akan dihapus dan dada tetap ke dalam posisi yang lebih normal dengan bedah hardware, seperti logam penyangga atau mesh pendukung. Pendukung ini dihapus dalam enam sampai 12 bulan.
  • Sayatan kecil. Untuk prosedur invasif minimal, insisi kecil ditempatkan pada setiap sisi dada, di bawah setiap lengan. Alat-alat yang panjang dan kamera serat optik yang sempit dimasukkan melalui sayatan. Sebuah bar logam melengkung berulir bawah dada yang tertekan, untuk meningkatkan itu ke dalam posisi yang lebih normal. Dalam beberapa kasus, lebih dari satu bar digunakan. Bar akan dihapus setelah dua tahun.

Kebanyakan orang yang menjalani operasi untuk memperbaiki pectus excavatum merasa bahagia dengan perubahan bagaimana dada mereka melihat, tidak peduli prosedur yang digunakan. Hasil terbaik dicapai ketika operasi dilakukan di sekitar Percepatan pertumbuhan pada masa pubertas, tetapi orang dewasa juga telah diuntungkan dari pectus excavatum perbaikan.

CARA MENGATASI DAN DUKUNGAN

Kebanyakan remaja hanya ingin sama dan terlihat seperti rekan-rekan mereka. Ini bisa sangat sulit untuk anak-anak yang memiliki pectus excavatum. Dalam beberapa kasus, konseling mungkin diperlukan untuk membantu mengatasi menguasai keterampilan. Kelompok-kelompok dukungan online dan forum juga tersedia, dimana Anda dapat berbicara dengan orang-orang yang menghadapi jenis masalah yang sama.