Pemahaman serta Penyebab Trikomoniasis pada Wanita

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Trikomoniasis merupakan infeksi yang terjadi pada saluran urogenital yang dapat bersifat akut atau kronis dan merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh adanya parasit Trikomonas vaginalis. Parasit ini paling sering menyerang kaum wanita, namun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada pria dan menularkan ke pasangannya lewat kontak seksual. Vagina merupakan tempat infeksi yang paling sering pada wanita, sedangkan uretra (saluran kemih) merupakan tempat infeksi paling sering dialami pada pria.

Penyakit Kelamin Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan karena adanya protozoa parasit Trichomonas vaginalis, yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman seperti nyeri, gatal atau perih dan cairan berbau tidak sedap pada bagian intim. trikomoniasis dapat menyerang kaum pria ataupun wanita, namun wanita lebih rentan tertular penyakit ini.

Trikomoniasis adalah infeksi menular seksual (pada wanita) yang bisa menyebabkan keluarnya cairan dari dinding vagina yang berbau busuk, rasa gatal pada kelamin dan nyeri ketika buang air kecil. Pria yang memiliki trikomoniasis biasanya tidak memiliki gejala. Wanita hamil yang memiliki trikomoniasis memiliki risiko cukup tinggi untuk melahirkan secara prematur. Untuk mencegah infeksi berulang terhadap organisme yang menyebabkan trikomoniasis, kedua pasangan harus rutin menjalani perawatan. Perawatan yang paling umum untuk trikomoniasis melibatkan satu dosis tinggi metronidazole. Anda dapat mengurangi risiko infeksi ini dengan menggunakan kondom dengan benar setiap kali berhubungan seks.

Mendiagonisis adanya parasit trikomoniasis ini tidak semudah menditeksi penyakit seksual lainnya karena efek yang ditimbulkan terkadang tidak menimbulkan gejala dan jika timbul gejala pun hampir sama dengan penyakit menular seksual lainnya.

Namun dokter akan melakukan test laboratorium dengan mengambil sampel cairan dari area vagina.

Penyebab Trikomoniasis

Pada wanita, penyakit ini biasanya ditandai dengan keluarnya cairan dari vagina yang berbusa dan berwarna kuning kehijauan. Vulva (alat kelamin wanita bagian luar) mengalami iritasi dan luka, dan hubungan intim bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri. Pada kasus yang berat, vulva dan kulit di sekitar vagina bisa meradang dan bibir kemaluan (labia) membengkak.

Trikomoniasis disebabkan oleh parasit yang disebut Trichomonas vaginalis (TV). Tidak semua penderitanya akan mengalami gejala. Sekitar setengah dari mereka yang terinfeksi parasit ini tidak mengalami gejala apa pun. Trikomoniasis disebabkan oleh sejenis parasit berukuran kecil yang disebut Trichomonas vaginalis. Parasit ini biasanya disebarkan melalui hubungan seks tanpa menggunakan kondom atau saling berbagai alat/mainan seks. Penyakit ini tidak bisa ditularkan melalui: Seks anal, Seks oral, Ciuman dengan pasangan dan Berbagi pemakaian alat makan, dudukan toilet, dan handuk.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah dengan menjaga kesehatan Anda, pasangan Anda, periksakan sedini mungkin untuk mencegah tersebarnya penularan parasit trikomoniasis. Baca juga penyakit kelamin. (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY