Pemahaman Variokel (Pembengkakan Buah Zakar) dan Penyebabnya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Beberapa pria mengalami masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi kesuburan. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor yang membuat produksi sperma terganggu sehingga kualitas dan kuantitas sperma yang dihasilkan tidak baik. Salah satu gangguan yang bisa menyebabkan ketidaksuburan atau infertilitas adalah variokel.

Variokel merupakan suatu gangguan yang terjadi di kantung testis berupa pembengkakan pembuluh vena. Pembengkakan tersebut disebabkan oleh darah yang berkumpul di vena. Terjadinya gangguan aliran darah yang berbalik arah menyebabkan darah tersebut mengumpul di vena.

Karena darah mengumpul di vena membuat suhu di sekitar area kantung testis menjadi tinggi/panas yang dapat mempengaruhi produksi sperma yang kurang baik dan menyebabkan ketidaksuburan atau infertilitas.

Berikut ini adalah penyebab dari gangguan variokel, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Faktor usia
  • Keturunan
  • Kelainan bawaan sejak lahir yaitu katup skrotum yang tidak terbentuk sempurna
  • Selalu mengenakan celana ketat
  • Daerah testis selalu berkeringat karena suhu di area terebut terlalu panas
  • Stres yang dialami terus menerus
  • Gesekan yang sering dialami oleh testis bagi yang sering menggunakan sepeda

Seringkali gangguan variokel tidak menimbulkan gejala yang terlihat, namun terkadang beberapa hal seperti nyeri yang terjadi di testis, merasa tidak nyaman di kantung testis dan benjolan karena pembengkakan vena dirasakan oleh pria dengan gangguan variokel. Gangguan tersebut seringkali terjadi pada pria dengan usia antara 15 hingga 25 tahun. Jarang ditemukan pria yang belum pubertas mengalami gangguan variokel.

Beberapa kasus gangguan variokel tidak memerlukan tindak lanjut namun ada di antaranya yang harus mendapatkan penanganan dari dokter. Dengan berkonsultasi kepada dokter, akan dilakukan pemeriksaan skrotum dan apabila belum didapatkan hasil yang diinginkan, dokter akan melakukan pemeriksaan ultrasound.

Jika memang harus dilakukan penanganan lebih lanjut, dokter bisa menyarankan dua metode untuk mengatasi gangguan variokel tersebut yaitu varikokelektomi dan embolisasi.

Pembedahan varikokelektomi yaitu pembedahan dengan melakukan sayatan di atas skrotum dan dilakukan upaya mengekspos pembuluh darah melalui pemotongan lapisan jaringan.

Embolisasi

Perawatan embolisasi dilakukan tanpa pembedahan. Perawatan ini dilakukan dengan menempatkan kumparan kecil untuk mengalirkan darah dari variokel. Embolisasi sekarang ini mulai banyak menjadi pilihan karena untuk pemulihannya tidak memerlukan waktu yang terlalu lama dan dapat meningkatkan kualitas produksi sperma.

Demikian di atas adalah pemahaman mengenai gangguan variokel pada pria, penyebab dan pengobatannya. Bagi Anda yang mengalami variokel, bisa dilakukan upaya untuk mengatasi gangguan variokel secara alami yaitu dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung omega 3 untuk kesehatan sperma dan makan makanan yang mengandung antioksidan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here