Pemberian Susu Pada Anak

SehatFresh.com – Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan perlu diperhatikan asupan nutrisinya. Dalam hal makanan, asupan gizi anak haruslah lengkap. Semua makanan harus memenuhi gizi dan nutrisi yang yang prinsipnya mengacu pada 4 sehat 5 sempurna. Makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari empat jenis makanan sehat yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah yang kemudian disertakan susu sebagai penyempurnanya.

Susu sebagai paripurna pedoman hidup sehat memiliki kandungan gizi yang tinggi. Susu merupakan pelengkap kebutuhan nutrisi tubuh orang dewasa sekaligus sumber nutrisi andalan bagi pertumbuhan anak. Susu menyimpan banyak mineral dan vitamin untuk menunjang tumbuh kembang anak. Nutrisi utama dalam susu adalah kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Agar penyerapan nutrisinya maksimal, susu perlu diberikan pada waktu dan porsi yang tepat.

Faktanya, banyak orang tua yang belum mengetahui kapan waktu terbaik anak minum susu. Saat sarapan, menjadi waktu yang tepat untuk memberinya satu gelas susu untuk menyiapkan cukup energi saat belajar di sekolah. Pada waktu minum susu di pagi hari, sebaiknya susu tidak disandingkan dengan makanan-makanan yang kaya akan zat besi. Hal ini dikarenakan penyerapan kalsium dapat terhambat. Aturlah menu makanan dengan sebaiknya agar kebutuhan kalsiumnya terpenuhi dengan baik.

Selain di pagi hari, waktu yang tepat untuk memberi susu pada anak adalah malam hari menjelang tidur. Minum susu menjelang tidur dapat membuatnya lebih rileks, tidur lebih lelap, dan melancarkan sistem pencernaan anak. Aktivitas tubuh di malam hari cenderung terbatas sehingga kalsium susu akan terserap secara optimal.

Selain waktunya, porsi pemberian susu pada anak juga perlu diperhatikan. Kebutuhan susu untuk setiap anak berbeda-beda disesuaikan dengan usianya. Anjuran minum susu untuk anak yang berusia 2-3 tahun adalah dua gelas per hari sedangkan untuk usia 4-8 tahun cukup 2,5 gelas per hari. Penyerapan kalsium dalam tubuh dapat terhambat apabila konsumsinya disertai makanan yang kaya zat besi. Oleh karena itu, saat Anda menyiapkan menu makanan yang banyak sayur hijau dan daging, sebaiknya jangan berikan susu pada anak Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa menyiapkan segelas susu pada jeda waktu makan siang dan makan malam.

Jika anak terus meminta minum susu, jangan diberikan apabila telah melebihi porsi yang seharusnya. Meski nutrisi dalam susu baik untuk tumbuh kembang anak, pemberian susu berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi susu lebih dari dua gelas sehari justru bisa mengikis zat besi sehingga bisa berujung pada kondisi anemia.

Sumber gambar : www.gayahidupku.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY