PEMBESARAN TIROID

DEFINISI

Gondok adalah pembesaran abnormal kelenjar tiroid. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di dasar leher Anda tepat di bawah jakun. Meskipun menyembuhkan penyakit gondok biasanya tidak menyakitkan, gondok besar dapat menyebabkan batuk dan membuat sulit bagi Anda untuk menelan atau bernapas. Penyebab paling umum dari gondok di seluruh dunia adalah kurangnya yodium dalam diet. Di Amerika Serikat, di mana penggunaan garam beryodium umum, gondok lebih sering karena kelebihan atau kekurangan hormon tiroid atau nodul yang berkembang dalam kelenjar itu sendiri.

Pengobatan tergantung pada ukuran gondok, gejala dan penyebab yang mendasari. Menyembuhkan penyakit gondok kecil yang tidak terlihat dan tidak menyebabkan masalah biasanya tidak memerlukan pengobatan.

GEJALA

Tidak semua penyakit gondok menyebabkan tanda-tanda dan gejala. Ketika tanda-tanda dan gejala terjadi mereka mungkin termasuk :

  • Pembengkakan terlihat di pangkal leher Anda yang mungkin sangat jelas ketika Anda bercukur
  • Perasaan yang ketat di tenggorokan Anda
  • Batuk
  • Suara serak
  • Kesulitan menelan
  • Kesulitan bernapas

PENYEBAB

Kelenjar tiroid Anda menghasilkan dua hormon utama yaitu tiroksin (T-4) dan triiodothyronine (T-3). Hormon ini beredar di aliran darah Anda dan membantu mengatur metabolisme Anda. Mereka mempertahankan tingkat di mana tubuh Anda menggunakan lemak dan karbohidrat, membantu mengontrol suhu tubuh Anda, mempengaruhi detak jantung Anda, dan membantu mengatur produksi protein. Kelenjar tiroid Anda juga menghasilkan kalsitoni hormon yang membantu mengatur jumlah kalsium dalam darah Anda.

Kelenjar pituitari dan hipotalamus mengontrol tingkat hormon diproduksi dan dikeluarkan. Proses dimulai ketika hipotalamus  di wilayah di dasar otak Anda yang bertindak sebagai termostat untuk seluruh system, kelenjar pituitari memberikan tanda untuk membuat hormon yang dikenal sebagai hormon perangsang, y aitutiroid (TSH). Kelenjar pituitari Anda juga terletak di dasar otak Anda yang mengeluarkan TSH, tergantung pada berapa banyak tiroksin dan T-3 di dalam darah Anda. Kelenjar tiroid Anda, pada gilirannya, mengatur produksi hormon berdasarkan jumlah TSH yang diterima dari kelenjar pituitari.

Memiliki gondok tidak selalu berarti bahwa kelenjar tiroid tidak berfungsi normal. Bahkan ketika itu diperbesar, tiroid Anda dapat menghasilkan jumlah hormon yang normal. Hal ini mungkin juga, namun, menghasilkan terlalu banyak atau terlalu sedikit tiroksin dan T-3.

Sejumlah faktor yang dapat menyebabkan kelenjar tiroid Anda untuk membesar. Di antara yang paling umum :

  • Kekurangan yodium. Yodium, penting bagi produksi hormon tiroid, ditemukan terutama dalam air laut dan tanah di daerah pantai. Di negara berkembang, orang-orang yang hidup di pedalaman atau di ketinggian tinggi sering kekurangan yodium dan dapat mengembangkan gondok ketika tiroid membesar dalam upaya untuk mendapatkan lebih banyak yodium. Kekurangan yodium awal bahkan bisa lebih buruk dengan diet tinggi dalam menghambat hormon makanan, seperti kubis, brokoli dan kembang kol. Meskipun kurangnya yodium dalam diet adalah penyebab utama dari gondok di banyak bagian dunia, hal ini tidak sering terjadi di negara-negara dimana yodium secara rutin ditambahkan ke garam meja dan makanan lainnya.
  • Penyakit Graves. Gondok kadang-kadang dapat terjadi ketika kelenjar tiroid Anda menghasilkan hormon tiroid terlalu banyak (hipertiroidisme). Dalam penyakit graves, antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang kelenjar tiroid Anda, menyebabkan ia menghasilkan tiroksin berlebih. Overstimulation ini menyebabkan tiroid membengkak.
  • Penyakit Hashimoto. Gondok dapat juga hasil dari tiroid kurang aktif (hypothyroidism,). Seperti penyakit Graves, penyakit Hashimoto adalah gangguan autoimun. Tapi bukan menyebabkan tiroid Anda menghasilkan terlalu banyak hormon, kerusakan Hashimoto sehingga menghasilkan terlalu sedikit tiroid. Hormon penginderaan tingkat rendah, kelenjar pituitari Anda menghasilkan lebih banyak TSH untuk merangsang tiroid, yang kemudian menyebabkan kelenjar untuk membesar.
  • Multinodular gondok. Dalam kondisi ini, beberapa benjolan padat atau berisi cairan yang disebut nodul mengembangkan di kedua sisi tiroid Anda, mengakibatkan keseluruhan pembesaran kelenjar.
  • Nodul soliter tiroid. Dalam kasus ini, nodul tunggal berkembang dalam salah satu bagian dari kelenjar tiroid Anda. Kebanyakan nodul jinak dan tidak menyebabkan kanker.
  • Kanker tiroid. Kanker Tiroid jauh lebih umum daripada tiroid jinak nodul. Kanker Tiroid sering muncul sebagai pembesaran di satu sisi tiroid.
  • Hormon yang diproduksi selama kehamilan, human chorionic gonadotropin (HCG), dapat menyebabkan kelenjar tiroid Anda untuk sedikit memperbesar.
  • Tiroiditis akut adalah kondisi peradangan yang dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak pada tiroid. Ini juga dapat menyebabkan sebuah kelebihan atau kekurangan tiroksin.

FAKTOR RESIKO

Menyembuhkan penyakit gondok dapat mempengaruhi siapa saja. Mereka dapat hadir pada saat lahir dan terjadi setiap saat sepanjang hidup, meskipun mereka lebih umum setelah usia 40. Beberapa faktor risiko yang umum untuk gondok meliputi :

  • Kurangnya yodium dalam Diet. Orang-orang yang tinggal di daerah dimana pasokan yodium rendah dan tidak memiliki akses ke suplemen yodium, beresiko tinggi penyakit gondok.
  • Perempuan. Karena perempuan lebih rentan terhadap gangguan tiroid, mereka juga lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit gondok.
  • Usia Anda. Kesempatan Anda untuk mengembangkan gondok meningkat seiring usia.
  • Sejarah medis. Riwayat pribadi atau keluarga penyakit autoimun meningkatkan risiko Anda.
  • Kehamilan dan menopause. Untuk alasan yang tidak sepenuhnya jelas, masalah tiroid lebih cenderung terjadi selama kehamilan dan menopause.
  • Obat tertentu. Beberapa perawatan medis, termasuk Imunosupresan, obat jantung amiodarone (Cordarone, Pacerone) dan psikiatri obat lithium (Lithobid), meningkatkan risiko.
  • Paparan radiasi. Risiko Anda meningkat jika Anda pernah menerima perawatan radiasi untuk leher atau daerah dada atau Anda telah terpapar radiasi di fasilitas nuklir, tes atau kecelakaan.

KOMPLIKASI

Menyembuhkan penyakit gondok kecil yang tidak menyebabkan masalah fisik atau tidak membutuhkan perhatian khusus. Tapi menyembuhkan penyakit gondok besar dapat membuat sulit untuk bernapas atau menelan dan dapat menyebabkan batuk dan suara serak.

Menyembuhkan penyakit gondok yang dihasilkan dari kondisi lain seperti hipotiroidisme atau hipertiroidisme, dapat dikaitkan dengan sejumlah gejala, mulai dari kelelahan dan penurunan berat badan yang tidak diinginkan, lekas marah dan kesulitan tidur.

 PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Jika Anda telah didiagnosis dengan gondok, Anda cenderung memiliki tes lebih lanjut untuk menentukan penyebabnya. Anda mungkin merasakan manfaat dengan membuat daftar pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter Anda, seperti :

  • Apa yang menyebabkan gondok ?
  • Apakah kondisi ini serius?
  • Apa yang dapat dilakukan untuk mengobati penyebab yang mendasari?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana cara Saya dalam menanganinya secara bersamaan?
  • Apa alternatif untuk pengobatan utama yang Anda usulkan?
  • Apa yang akan terjadi jika saya memilih untuk tidak melakukan apa-apa?
  • Akan gondok akan terus lebih besar?
  • Apa pengobatan yang Anda sarankan?
  • Apakah saya harus mengambil obat-obatan? Untuk berapa lama?

 TES DAN DIAGNOSIS

Dokter Anda mungkin menemukan kelenjar tiroid diperbesar hanya dengan merasakan leher Anda dan setelah Anda melakukan tes fisik. Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin juga dapat merasakan kehadiran nodul.

Mendiagnosis gondok dapat juga melibatkan :

  • Sebuah tes hormon. Tes darah dapat menentukan jumlah hormon yang diproduksi oleh tiroid dan kelenjar hipofisis. Jika tiroid kurang aktif, tingkat hormon tiroid akan rendah. Pada saat yang sama, tingkat hormon perangsang yaitu tiroid (TSH) akan ditinggikan karena kelenjar pituitari berusaha merangsang kelenjar tiroid untuk menghasilkan lebih banyak hormon tiroid. Gondok yang terkait dengan tiroid terlalu aktif biasanya melibatkan tingkat tinggi hormon tiroid dalam darah dan yang lebih rendah daripada tingkat TSH normal.
  • Tes antibodi. Beberapa penyebab gondok melibatkan produksi antibodi abnormal. Tes darah dapat mengkonfirmasi kehadiran antibodi ini.
  • Ultrasonografi. Perangkat seperti tongkat (tranduser) ditempatkan di leher Anda. Gelombang suara memantul melalui leher dan punggung, membentuk gambar pada layar komputer. Mengungkapkan gambar ukuran kelenjar tiroid Anda dan apakah kelenjar berisi nodul yang dokter Anda mungkin belum bisa merasakan.
  • Scan tiroid. Selama scan tiroid, Anda akan memiliki isotop radioaktif yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah di bagian dalam siku Anda. Anda kemudian berbaring di atas meja dengan kepala Anda ditarik mundur sementara kamera khusus menghasilkan gambar tiroid Anda di layar komputer. Waktu yang diperlukan untuk prosedur dapat bervariasi, tergantung berapa lama isotop dibutuhkan untuk mencapai kelenjar tiroid. Scan tiroid memberikan informasi tentang sifat dan ukuran tiroid Anda, tetapi mereka lebih invasif, memakan waktu dan lebih mahal daripada tes USG.
  • Biopsi. Selama biopsi aspirasi jarum halus, USG digunakan untuk membimbing jarum ke tiroid Anda mendapatkan jaringan atau cairan sampel untuk pengujian.

 PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Pengobatan Gondok tergantung pada ukuran gondok, tanda-tanda dan gejala Anda dan penyebab yang mendasari. Dokter Anda dapat merekomendasikan :

  • Pengamatan. Jika gondok Anda kecil dan tidak menyebabkan masalah, dan tiroid Anda berfungsi normal, dokter mungkin menyarankan pendekatan menunggu dan melihat.
  • Obat-obatan. Jika Anda memiliki hipotiroidisme, penggantian hormon tiroid dengan levothyroxine (Levothroid, Synthroid) akan mengatasi gejala hipotiroidisme serta memperlambat Pelepasan hormon perangsang tiroid dari kelenjar pituitari, yang sering mengurangi ukuran gondok. Untuk radang kelenjar tiroid, dokter mungkin menyarankan obat aspirin atau kortikosteroid untuk mengobati peradangan. Untuk menyembuhkan penyakit gondok terkait dengan hipertiroidisme, Anda mungkin perlu obat untuk menormalkan kadar hormon.
  • Bedah. Menghapus semua atau bagian dari kelenjar tiroid Anda (total atau sebagian operasi pengangkatan tiroid) adalah pilihan jika Anda memiliki gondok besar yang tidak nyaman atau menyebabkan kesulitan bernapas atau menelan, atau dalam beberapa kasus, jika Anda memiliki nodular gondok menyebabkan hipertiroidisme. Operasi ini juga pengobatan untuk kanker tiroid. Anda mungkin perlu untuk mengambil levothyroxine setelah operasi, tergantung pada jumlah tiroid dihapus.
  • Yodium radioaktif. Dalam beberapa kasus, yodium radioaktif digunakan untuk mengobati kelenjar tiroid terlalu aktif. Yodium radioaktif diambil secara oral dan mencapai kelenjar tiroid Anda melalui aliran darah, menghancurkan sel-sel tiroid. Hasil pengobatan mengurangi ukuran gondok, tetapi akhirnya juga dapat menyebabkan kelenjar tiroid kurang aktif. Penggantian hormon dengan hormon tiroid sintetis levothyroxine kemudian sering diperlukan, biasanya untuk hidup.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN

Jika gondok disebabkan oleh diet Anda, saran ini dapat membantu :

  • Mendapatkan cukup yodium. Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup yodium, menggunakan garam beryodium atau makan makanan laut atau rumput laut seperti sushi adalah sumber yang baik dan rumput laut bisa dikonsumsi sekitar dua kali seminggu. Udang dan kerang lainnya yang sangat tinggi di yodium. Jika Anda tinggal di dekat pantai, buah-buahan dan sayuran local mungkin mengandung beberapa yodium, seperti susu sapi, dan yoghurt. Setiap orang membutuhkan sekitar 150 mikrogram yodium sehari. Tetapi jumlah yang cukup penting terutama untuk wanita hamil dan menyusui dan bayi dan anak-anak.
  • Mengurangi konsumsi yodium. Meskipun jarang, mendapatkan yodium terlalu banyak kadang-kadang menyebabkan gondok. Jika kelebihan yodium menjadi masalah, menghindari yodium dengan garam, kerang, rumput laut, dan yodium suplemen.