Penangan Luka Bakar pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Luka bakar bisa terjadi pada setiap kelompok usia mualai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua. Luka bakar merupakan kondisi dimana terjadi kerusakan pada jaringan tubuh khusunya kulit.

Luka bakar bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti sinar matahari, zat kimia, listrik dan api. Untuk mereka yang bisa terkena luka bakar karena sinar matahari harus mewaspadai terjadinya sengatan panas. Sengatan panas dari matahari yang tidak diatasi dengan cepat dapat menimbulkan kerusakan pada , jantung, dan ginjal. Kondisi bia semakin memburuk jika penangan tidak dilakukan dengan cepat, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Jika Anda merasa terjadi kelelahan karena panas matahari, segera berpindah  ke tempat teduh dan pastikan minum banyak air untuk menghindari dehidrasi serta dan longgarkan pakaian Anda. Jika kondisi tidak segera membaik, segera pergi ke rumah sakit sebelum mengalami sengatan panas.

Anda bisa memberikan pertolongan pertama untuk mengobati luka bakar ringan untk menghindari kerusakan kulit yang terjadi semakin parah. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Mendinginkan luka dengan air biasa selama 20-30 menit, hindari penggunaan es atau air dingin.
  • Menyingkirkan pakaian atau benda lain yang menutupi luka bakar.
  • Membersihkan dan menutup luka bakar dengan plastik bening yang bersih atau perban.
  • Mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti parasetamol atau poltadek.
  • Jauhkan luka bakar dari sinar matahari langsung.

Jika terjadi kulit melepuh akibat luka bakar, hindari untuk memecahnya sendiri karena berisiko membuat luka terinfeksi. Kondisi lain dari luka bakar perlu diperhatikan juga untuk menghindari terjadi keadaan yang lebih parah, Anda dapat melakukan atau memanggil pertolongan medis secepatnya jika luka bakar dalam kondisi sebagai berikut :

  • Luka bakar yang terjadi cukup luas dan dalam
  • Luka bakar yang disebabkan karna listrik atau bahan kimia
  • Luka bakar terjadi di alat vital, wajah, lengan, kaki, persendian, tealpak tangan atau kaki.
  • Merasa lemas, puisng dan kesulitan bernafas.

Perlu di ingat bahwa pertolongan pertama hanyalah langkah awal dari pencegahan agar luka bakar tidak semakin memburuk.. Dalam hal ini penangan di Rumah Sakit diperlukan untuk pengobatan bagi pasien luka bakar, beberapa langkah yang dilakukan untuk pengobatan lka bakar anatara lain :

  • Obat penghilang rasa sakit. Luka bakar terkadang bisa sangat menyakitkan.Pemberian morfin biasanya dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit.
  • Antibiotik. Infeksi bsia saja terjadi akibat luka bakar yang diderita, Pemberian antibiotik bisa melalui infus untuk mengatasi infeksi yang terjadi.
  • Cairan infus. Dokter biasanya akan memberikan cairan infus secara berkelanjutan pada pasien dengan luka bakar. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan juga kegagalan fungsi organ tubuh.
  • Suntikan tetanus. Suntikan ini kemungkinan akan disarankan untuk menghindari kondisi yang lebih parah.
  • Operasi Plastik. Pada luka bakar yang parah, mungkin diperlukan operasi plastik untuk memulihkan kulit dan ersendian yang terbakar untuk bisa ditingkatkan fleksibilitasnya. Biasanya otongan dari kulit sendiri yang sehat digunakan untuk menggantikan jaringan saraf kulit yang terluka parah.

Setelah operasi luka bakar, sebaiknya hindari sinar matahari langsung mengenai luka bakar yang terjadi. Sinar matahari langsung  yang mengenai luka bakar bisa mengakibatkan kulit melepuh.

Luka bakar ringan akan sembuh dalam waktu kurang dari 6 hari. Sedangkan luka bakar parah memerlukan waktu yang lebih lama yaitu 20 hari. Kesembuhan luka bakar bergantung pada penanganan awal di rumah, oleh sebab itu kita harus mengetahui tindakan apa saja yang harus diberikan pada mereka yang mengalami luka bakar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY