Penanganan Anak Terserang Flu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit flu memang umum terjadi yang sering terserang flu tidak lain adalah anak-anak. Mereka yang terkena flu akan merasa tidak nyaman sehingga menjadi sering rewel. Penyakit flu pada anak sendiri disebabkan dari berbagai faktor yaitu cuaca buruk, terinfeksi virus, dan menurunnya sistem kekebalan tubuh pada anak. Penyakit flu biasanya terjadi karena infeksi saluran pernapasan dan membuat anak-anak rewel serta menangis. Gejala yang terjadi pada anak jika terkena flu yaitu ditandai dengan demam tinggi hingga 38 derajat celcius akibat reaksi tubuh karena sedang melawan virus yang berkembang di dalam tubuh sang anak. Gejala penyakit flu selanjutnya ditandai dengan pilek dan mata merah serta berair.

Anak yang terserang penyakit flu juga biasanya merasakan sakit kepala serta pening dan juga disertai dengan nyeri pada sekujur tubuh. Sistem kekebalan tubuh pada anak mudah untuk mengalami penurunan. Anak usia muda sistem kekebalan tubuhnya memang belum begitu sempurna sehingga sangat mudah terkena penyakit  flu. Anda senang mengajak anak untuk pergi jalan-jalan dan sering sekali terkena angin juga bisa menyebabkan flu pada anak karena tubuh anak akan mengalami kedinginan yang dapat memicu terjangkitnya penyakit flu. Penyakit flu memang bisa saja terjadi kepada siapa saja serta kapan saja sehingga bagi Anda yang memiliki anak yang sedang mengalami flu sebaiknya ikuti cara untuk menanganinya berikut ini.

Jika Anak mengalami demam yang sangat tinggi sebaiknya berikan obat penurun panas yang tepat atau bisa juga Anda mengantisipasinya dahulu dengan mengompres. Dengan mengompres akan menurunkan panas yang begitu tinggi pada anak akibat gejala penyakit flu. Jika anak sudah terlanjur terserang flu sebaiknya segera bersihkan lingkungan rumah agar menjadi steril dan terbebas dari virus atau bakteri yang menempel pada rumah. Adanya debu juga dapat memicu anak menjadi bersin sehingga Anda harus benar-benar menjaga kebersihan lingkungan. Berikanlah anak makanan yang bergizi serta memiliki nutrisi yang mencukupi. Dengan memberikan asupan gizi yang cukup dapat meredakan flu dengan cepat.

Berikan juga sayuran serta buah-buahan yang banyak mengandung vitamin sehingga anak akan cepat fit kembali. Bagi bayi yang terkena flu dianjurkan untuk diberikan ASI eksklusif secara rutin untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang didapatkan dari ASI sang ibu. Namun jika penyakit flu pada anak tidak kunjung membaik sebaiknya Anda harus segera membawanya ke dokter untuk diberikan penanganan yang tepat. Berikan cairan atau air putih yang sebanyak mungkin. Meminum banyak air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang pada anak. Air putih juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk menyembuhkan penyakit flu dengan cepat karena sangat menyehatkan. Berikanlah waktu istirahat yang cukup jika anak terserang flu untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh mereka.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY