Penanganan Anyang-Anyangan pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anyang-anyanan ternyata tidak dapat mengenai wanita saja, pria juga bisa terkena penyakit yang berhubungan dengan kandung kemih ini, pada artinya anyang-anyangan adalah kondisi dimana adanya peningkatan frekuensi berkemih yang diakibatkan gangguan penyimpanan kencing. Keluhan ini sering dijumpai pada infeksi saluran kemih dan gangguan persarafan yang menyebabkan kandung kemih menjadi lebih aktif (overactive bladder).

Banyak penyebab anyang-anyangan misalnya karena penumpukan air kencing di kandung kemih. Anda bisa memeriksanya dengan cara meraba bagian bawah pusar, jika terasa keras maka terjadi penumpukan, dan karena suatu hal air kencing itu tidak bisa keluar sehingga keluarnya hanya sedikit-sedikit. Berbagai macam cara bisa digunakan untuk mengatasi anyang-anyangan yang terjaid pada Anda, seperti:

  • Minum banyak air. Hal ini akan sangat bermanfaat jika Anda mengalami anyang anyangan yang dikarenakan dehidrasi. Selain bermanfaat mengatasi anyang anyangan, minum air putih yang banyak juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh.
  • Dengarkan gemercik air keran. Anda bisa melakukan ini dengan sangat mudah, masuk lah ke kamar mandi lalu nyalakan keran kecil saja, dengarkan gemericik alirannya hal ini bisa merangsang untuk kandung kemih untuk mengeluarkan cairan air kencing tersebut. Tapi bila Anda mengalami pembesaran prostat hal ini tidak akan berhasil dilakukan, yang bisa dilakukan adalah segera pergi ke dokter.
  • Minum daun kumis kucing. Bahan yang perlu disediakan antara lain adalah daun kumis kucing yang sudah dikeringkan dan gula jawa secukupnya. Cara untuk membuat ramuan ini adalah dengan menyeduh kumis kucing layaknya menyeduh teh. Lalu tambahkan gula jawa pada seduhan tadi. Ingat gunakan gula jawa bukan gula putih, karena gula putih dapat mengurangi efek manfaat dari kumis kucing.
  • Minum jeruk nipis dan gula pasir. Bahan yang perlu disediakan tentunya jeruk nipis dan gula pasir secukupnya. Cara membuatnya sangat mudah peras jeruk nipis tadi, masukan ke dalam gelas lalu beri air hangat secukupnya kemudian tambahkan gula pasir secukupnya, aduk dan siap untuk dikonsumsi.
  • Ikat Jempol Kaki. Cara ini memang terlihat sedikit lucu namun banyak yang menganggapnya efektif. Caranya, ikatlah jempol kaki Anda dengan karet gelang atau pengikat lainnya selama kurang lebih 10 menit.
  • Pijat Refleksi. Telapak kaki dipercaya mengandung banyak syaraf yang menyambungkan ke seluruh tubuh, pemijatan di telapak kaki pun dianggap dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk anyang anyangan. Melakukan pijatan di daerah yang tepat dan menekan dengan agak keras daerah tersebut secara berulang-ulang selama beberapa menit dipercaya dapat menyembuhkan anyang-anyangan. Agar tidak sakit saat memijat, Anda juga dapat mengoleskan body lotion atau minyak urut secukupnya.
  • Mengoleskan balsem atau minyak kayu putih. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh anyang anyangan terkadang cukup menyiksa dan mengganggu pekerjaan. Maka dari itu Anda dapat mencoba mengurangi rasa sakitnya dengan mengoleskan balsem atau minyak kayu putih di sekitar pusar dan perut bagian bawah.
  • Periksa ke dokter. pergi ke dokter perlu dilakukan jika anyang anyangan tidak dapat diatasi dengan menggunakan cara-cara diatas, maka Anda harus segera datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY