Penanganan Bayi Kembar Siam

SehatFresh.com – Memiliki bayi kembar merupakan salah satu hal yang sangat membahagiakan bagi sebagian orang. Banyak hal yang harus diketahui untuk mendapatkan kehamilan kembar. Salah satu faktor yang menunjang kehamilan kembar adalah faktor genetik atau keturunan. Salah satu pasangan baik suami atau istri yang memiliki riwayat kehamilan kembar memiliki kemungkinan akan mendapatkan bayi kembar.

Perawatan untuk kehamilan kembar tentunya akan meningkat dua kali lipat. Kehamilan kembar juga sangat beresiko menimbulkan permasalahan seperti kembar dempet atau kembar siam. Salah satu faktor penyebab kehamilan kembar siam yaitu adanya kegagalan zigot yang mengakibatkan pembelahan tidak sempurna.

Kemungkinan kembar siam pada janin dapat diketahui melalui pemeriksaan USG standar sejak trimester pertama. Cara untuk melihat sejauh mana bayi kembar terhubung dan bagaimana fungsi organ mereka, dapat dilakukan pemeriksaan yang lebih canggih saat trimester kedua, seperti USG yang lebih mendetail, ekokardiogram, dan MRI scan.

Ibu yang mengandung anak kembar siam akan menjalani pemantauan oleh dokter secara seksama selama kehamilan hingga melahirkan. Proses persalinan yang akan dijalani adalah operasi caesar. Operasi ini biasanya akan direncanakan sebelum tanggal kelahira, seperti pada dua minggu hingga satu bulan sebelum tanggal perkiraan kelahiran.

Bayi kembar siam akan menghadapi proses kelahiran yang sulit serta memiliki peluang hidup yang rendah. Sebagian besar bayi kembar siam cenderung kehilangan nyawa mereka pada saat lahir atau tidak lama setelahnya.

Sebagian kecil bayi kembar siam yang bertahan hidup berpeluang untuk menjalani operasi pemisahan. Operasi ini termasuk prosedur yang berisiko tinggi dan berbahaya.

Tingkat kesulitan prosedur pemisahan yang akan dilakukan tentu tidak sama untuk masing-masing pasangan bayi kembar siam. Perbedaan ini tergantung pada bagian tubuh dan organ dalam apa yang menyatu serta kondisi kesehatan kedua bayi. Keahlian tim dokter bedah juga akan menjadi kunci penting dalam menentukan kesuksesan prosedur operasi. Tim dokter bedah juga harus memikirkan tentang operasi rekonstruksi apa yang perlu dilakukan jika operasi pemisahan berhasil.

Persiapkan fisik dan mental bagi Anda yang sedang merencanakan atau mendambakan anak kembar. Perhatikan kondisi kesehatan tubuh dan biasakan mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menunjang kehamilan yang sehat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY