Penanganan Bayi yang Mempunyai Kelebihan Berat Badan

www.sehatFresh.com

SehatFresh.com – Ketika seorang ibu mengandung janinnya dan setiap bulannya ibu tersebut telah di ukur untuk tinggi fundusnya karena tujuannya untuk mengetahui perkiraan berat badan  bayi yang akan dilahirkannya, tentunya setiap bayi yang dilahirkan mempunyai berat badan yang berbeda-beda, begitu pula dengan pertumbuhannya. Namun pada umumnya bayi yang sudah lahir dan mengalami kenaikan berat badan yang sangat cepat tiga bulan pertama secara drastis. Dan faktor apa saja yang mempengaruhi berat badan bayi?

Sebenarnya sangat mudah untuk anda memantau berat badan bayi anda dengan cara dengan menghitung apa yang dikonsumsinya yaitu (intake) dan apa yang dikeluarkannya yaitu (output). Seorang bayi jika mengalami kelebihan berat badan biasanya karena intakenya yang berlebihan. Maka akan mempengaruhi berat badannya menurut Dr. H.M.V.Ghazali, Mba.MM dari Kid;s Word.

Prinsip untuk menangani berat badan anak yang memiliki berat badan yang berlebihan memang sederhana, yaitu dengan cara mengurangi posi makanan yang tidak sehat dan meningkatkan aktivitas fisik yang di lakukannya. Namun pada umumnya memperbaiki berat badan anak dapat berlangsung dalam waktu yang cukup lama untuk untuk anda yang menjadi orang tua harus benar-benar teliti untuk melakukannya.  Oleh karena itu ada beberapa metode yang efektif dan efisien untuk mencapai kebiasaan tersebut dengan memulainya dari pola makan sehari-hari yang sehat.

Dan perlu anda ketahui anak yang gemuk itu belum tentu sehat. Karena terdapat berbagai faktor genetik dan lingkugan yang menyebabkan anak memiliki berat badan yang berlebihan tidak sama seperti anak pada seumurannya. Maka ketika anak memiliki berat badan yang normal ia akan cenderung lebih sehat dan jarang terkena sakit, dan memiliki kemampuan belajar yang baik srta percaya diri. Dan bila anak anda memiliki berat badan yang berlebihan maka anda harus memperhatikan intake dan output pada anak tersebut dengan mengontrol pola makannya seperti :

  1. Cara mencari bahan untuk makannya

Ketika anda berbelanja, pilihlah jenis makanan yang sehat, batasi makanan yang tinggi gula dan lemak. Untuk memilih produk susu pilihlah prodek yang rendah lemaknya.

  1. Waktu makan

Ketika anda memberikan makanan sebaiknya pada jam makannya.

  1. Memperhatikan porsi makannya

Anda  bisa sajikan pada piring yang lebih kecil, dengan cara ini anak akan makan dengan porsinya yang cukup.

  1. Serapan

Anda perlu mengawali pagi pada anak anda dengan serapan terlebih dahulu, dan sajikan makanan yang tinggi serat atau roti gandum yang rendah gula, dan susu yang rendah lemak perbanyaklah porsi buah-buahan sehingga anak akan  kenyang lebih lama dan berenergi.

  1. Cemilan yang dimakan

Cemilan merupakan bagian penting dari pola makan anak, selalu di sediakan cemilan yang rendah kalori, seperti buah dan sayur yang dipotong untuk menjadikan cemilan pada anak anda yang mudah dijangkaunya.

  1. Minuman

Dalam minuman yang diminum anak anda bisa hindari untuk menambahkan gula pasir buatan, karena sebenarnya tanpa anda memberikan gula, pada makanan atau minuman susu juga sudah mengandung gula sesuai porsinya. Serta sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi air mineral.

Untuk output yang didapat biasanya dengan aktivitas yang dilakukan anak, dengan melakukan kegiatan favoritnya bersama teman-temannya. Dan untuk orang tua cobalah ajari anak dengan mengikuti kegiatan yang menyenagkan hati nya agar pertumbuhan dan perkembangan berjalan dengan baik. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here