Penanganan Benjolan pada Sendi Jempol Kaki (Bunion)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gangguan kesehatan bisa terjadi pada tubuh bagian manapun tidak terkecuali bagian yang jarang terlihat seperti kaki khusunya jari kaki, sering kali kita meremehkan gangguan-gangguan yang terjadi pada bagian tersebut. Jika kondisi tersebut dibiarkan, tentunya akan membuat tidak nyaman dan menganggu aktifitas kita.

Salah satu gangguan yang bisa terjadi pada bagian kaki adalah bunion, bunion adalah kondisi dimana adanya tulang menonjol yang terbentuk pada sendi bagian bawah ibu jari kaki. Bunion akan menyebabkan Ibu jari kaki terdorong dan menjadi miring ke satu sisi mendekati jari telunjuk kaki dan dapat menimbulkan rasa nyeri saat berjalan ataupun saat memakai alas kaki yang sempit.

Penyebab munculnya bunion karena kondisi keseimbangan sendi ibu jari kaki dan telapak kaki mengalami gangguan. Gangguan ini menyebabkan sendi menjadi tidak stabil dan mengalami bunion sehingga ibu jari menjadi miring ke arah jari lainnya. Gaya hidup dan kebiasaan juga dapat menimbulkan bunion seperti memakai sepatu yang tidak benar dan tidak cocok dengan kondisi kaki sehingga menggangu kaki dan akan mempengaruhi cara berjalan. Selain itu dengan memakai sepatu yang terlalu sempit akan menyebabkan jari – jari ke satu arah sehingga mendorong untuk terbentuk bunion. Bunion juga dapat disebakan oleh trauma pada kaki dan juga kelainan bawaan dari lahir.

Jika Anda merasa bagian kaki Anda khsusnya bagain ibu jari terasa tidak nyaman Anda perlu berhati-hati dan memperhatikan gejala yang ditimbulkan oleh bunion ini antara lain:

  • Benjolan pada ibu jari kaki pada sisi luar;
  • Kemerahan, bengkak, dan rasa nyeri dekat tempat terjadinya bunion;
  • Luka yang dapat timbul jika ibu jari terdorong ke jari telunjuk menyebabkan gesekan yang berlebihan dan tidak seharusnya;
  • Rasa sakit yang timbul saat menggerakan ibu jari kaki.

Jika gejala ini sudah terjadi dan terasa mulai menganggu, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasai dan menangani bunion yang terjadi.

Perhatikan Sepatu yang Anda Gunakan

Jika sepatu yang anda gunakan meneybabkan kondisi bunion semakin parah, ada baiknya jika Anda mengganti sepatu Anda. Pakailah sepatu yang mendukung dengan alas dan bentuk lengkungan yang baik serta ukuran yang pas dan sesuai dengan kaki Anda, selain itu Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memilih jenis sepatu yang bisa digunakan. Jangan memakai sepatu berhak tinggi atau sepatu berujung lancip. Sepatu seperti itu memang cantik, namun sepatu berhak tinggi dan sepatu berujung lancip membuat bunion bertambah parah. Sepatu seperti ini menambah rasa sakit dan membuat bunion sulit disembuhkan. Pakailah sandal dengan frekuensi terbatas jika memungkinkan.

Lakukan Olahraga Kaki

Olahraga dapat membantu memperlambat atau bahkan menghentikan perkembangan bunion, sehingga mencegah kebutuhan tindakan operasi. Cobalah olahraga-olahraga berikut setiap hari, khususnya setelah melepas sepatu:

  • Regangkan ibu jari. Gunakan jari-jari untuk menarik ibu jari ke posisi yang benar bersama jari-jari lain.
  • Regangkan jari-jari kaki. Arahkan secara lurus ke depan selama 10 detik, lalu tekuk ke bawah selama 10 detik. Ulangi gerakan ini beberapa kali.
  • Lenturkan jari-jari kaki. Tekan jari-jari kaki ke lantai atau dinding hingga tertekuk ke belakang. Tahan selama 10 detik, lalu luruskan. Ulangi gerakan ini beberapa kali.
  • Jepit benda dengan jari-jari kaki. Berlatihlah mengambil sehelai pakaian atau handuk dengan jari-jari kaki, lepaskan, lalu ambil benda itu sekali lagi.

Gunakan Alat Bantu

Jika Anda menyadari adanya bunion sejak dini Anda bisa menggunakan bantalan bunion atau alas sepatu untuk meluruskan jari-jari kaki. Bantalan bunion yang dibeli di apotek atau toko obat bisa membantu mengurangi rasa sakit dan mengembalikan ibu jari ke posisi semula. Alas khusus sepatu juga bisa membantu meluruskan jari-jari kaki ketika Anda memakai sepatu

Redakan Rasa Sakit

Mengolahragakan kaki dan jari-jari adalah langkah yang baik, namun penyebab bunion harus ditangani. Redakan rasa sakit pada kaki menggunakan cara-cara berikut ini:

  • Rendam kaki di dalam air hangat. Anda bisa merendam kaki anda kedalam air hangat selama kurang lebih 20 menit. Kehangatan air akan melemaskan sendi dan meredakan rasa sakit untuk sementara.
  • Gunakan bungkusan es batu. Untuk mengatasi rasa sakit yang sangat parah, menggunakan bungkusan es batu adalah pilihan yang baik. Isilah kantung plastik dengan es batu dan bungkus dengan handuk tipis. Letakkan bungkusan es batu pada kaki selama 20 menit, beberapa kali sehari.
  • Minumlah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen, untuk meredakan rasa sakit.

Jika cara-cara di atas sudah Anda lakukan namun bunion masih terasa sakit atau kondisinya semkain parah, sebaiknya Anda segera menghubungi tenaga medis untuk melakukan perawatan lebih lanjut atau melakukan operasi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY