Penanganan dan Pengobatan Jerawat Batu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat yang paling membandel atau susah dihilangkan. Apalagi kemunculannya cukup menimbulkan rasa sakit dan gatal yang hebat dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya.

Tidak hanya sakit saja, jerawat batu juga dapat mempengaruhi penampilan anda. Sebab ukurannya besar, berwarna kemerahan serta ada nanah. Bisa anda bayangkan jika jerawat yang muncul tidak hanya satu, pasti akan mengurangi keindahan penampilan anda. Dan perlu anda ketahui bahwa jerawat batu tidak hanya menyerang bagian wajah saja, tapi juga bisa muncul pada bagian tubuh.

Seperti yang kita ketahui bahwa munculnya jerawat batu bisa disebabkan oleh banyak hal seperti penggunaan make up dan gaya hidup. Namun, pada remaja jerawat batu seringkalo dikaitkan dengan hormon androgen sebagai penyebabnya. Pada masa remaja akan terjadi peningkatan hormon androgen yang mana berakibat pada tersumbatnya pori-pori dan jerawat.

Setelah mengetahui penyebabnya, anda pasti ingin segera mengetahui bagaimana cara penanganan dan pengobatan jerawat batu agar cepat menghilang. Berikut penanganan dan pengobatan jerawat batu yang bisa anda lakukan.

Penanganan

Untuk menangani jerawat batu yang harus anda lakukan adalah:

  1. Kurangi stress. Stress karena pelajaran di sekolah atau pengarh lingkungan dapat meningkatkan produksi hormon yang memperparah kondisi jerawat batu yang anda alami. Jadi sebaiknya tenangkan pikiran agar tidak terlalu stres. Tidur yang cukup juga diperlukan sehingga waktu istirahat terpenuhi, tubuhpun santai dan mengurangi tingkat stres.
  2. Jaga kebersihan. Menjaga kebersihan khususnya tangan dan wajah sangat penting untuk menangani jerawat batu. Sebab tangan merupakan bagian tubuh yang sering menyentuh wajah anda. Jika tangan kotor maka dapat memperparah jerawat karena banyak kuman. Untuk itu pastikan tangan selalu bersih dan jaga kebersihan wajah dengan mencuci muka dua kali sehari.
  3. Dengan olahraga akan membantu penyembuhan jerawat semakin cepat.
  4. Jangan menggunakan prouk kecantikan seperti masker, facial scrub atau produk dengan kandungan minyak karena memperparah jerawat.

Pengobatan

Tidak bisa dipungkiri jika merubah kebiasaan saja tidak cukup untuk menghilangkan jerawat batu pada wajah. Diperlukn beberapa obat yang diresepkan oleh dokter sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat batu. Obat-obatan tersebut meliputi:

  • Untuk mengatasi peradangan karena jerawat batu biasanya dokter akan meresepkan antibioti kepada anda.
  • Jika antibiotik tidak mampu atau jerawat kebal dengan antibiotik. Maka diganti dengan Isotretinoin yaitu obat yang berfungsi menekan produksi kelenjar minyak kulit dan mengurangi peradangan.

Obat ketiga yaitu spironolactone yang menangani jerawat dengan menghambat produksi hormon penyebab jerawat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here