Penanganan dan Pengobatan Kanker Penis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penis merupakan salah satu bagian dari alat reproduksi laki-laki. Penis dibagi menjadi dua bagian, yaitu batang dan kepala penis. Penis memiliki fungsi sebagai alat reproduksi, yaitu untuk memasukkan sperma ke dalam saluran reproduksi pada wanita.

Begitu penting fungsi penis bagi seorang laki-laki. Jadi anda harus rajin menjaga kesehatan organ reproduksi anda. Mungkin menjaga kebersihan organ reproduksi identik dengan wanita, tetapi tak salah bukan jika seorang laki-laki juga menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksinya.

Karena jika seorang laki-laki meremehkan kesehatan organ reproduksi akan menyebabkan beberapa kerugian. Salah satunya yaitu dapat terkena penyakit kanker penis.

Kanker penis merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh kaum pria, karena selain dapat menganggu fungsi utama dari penis yaitu memasukkan sperma ke dalam saluran reproduksi wanita. Kanker penis juga dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya.

Penanganan

Penanganan pada kanker penis jika semakin dini akan semakin baik karena penyakit akan terdeteksi lebih awal dan kemungkinan untuk sembuh lebih besar. Mungkin penanganan dini bisa dimulai dari diri anda dahulu yaitu dengan mengecek apakah benar anda menderita kanker penis atau tidak.

Menurut ahli dari Rumah Sakit Modern Guangzhou, bagi para pria yang ingin mendeteksi dini penisnya, dapat dilakukan dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk, putar ke dua sisi penis, jika merasa ada pembengkakan, segeralah periksa ke dokter. Deteksi dini ini dapat dilakukan di kamar mandi atau kamar tidur anda.

Ketika anda pergi ke dokter, biasanya untuk menegakkan diagnosa dokter akan melakukan tindakan biopsi.

Pengobatan

Pada pengobatan kanker penis ini dapat bermacam- macam, misalnya:

  1. Penektomi

Penektomi atau pemotongan penis merupakan salah satu pengobatan yang digunakan pada kanker penis. Penektomi dilakukan tergantung dengan panjangnya penis yang akan dipotong, dan tergantung dari luasnya kanker pada penis. Ada dua macam penektomi yaitu, penektomi parsial atau pengangkatan sebagian kecil penis. Dan untuk stadium lanjut dilakukan penektomi total disertai uretrostomi atau pembuatan lubang uretra yang baru di daerah perinium.

  1. Terapi penyinaran

Untuk terapi penyinaran, biasanya akan dilakukan setelah proses pengangkatan tumor yang terlokalisir dan tumor tersebut belum menyebar. Tetapi penggunaan terapi penyinaran ini dapat memberikan efek samping seperti, nafsu makan menurun, lelah, iritasi dan kemerahan, adanya cedera atau luka bakar pada rektum. Waktu penyinaran biasanya dilakukan sebanyak 5 kali dalam seminggu selama 6 sampai 8 minggu.

  1. Kemoterapi

Seperti jenis kanker lainnya, pada kanker penis juga dapat dilakukan pengobatan menggunakan kemoterapi. Kemoterapi ini dapat dilakukan sebagai tambahan terhadap pengangkatan tumor. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY