Penanganan Mata Gatal pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mata yang gatal akan menimbulkan perasaan tidak nyaman pada wanita terlebih dapat merusak penampilan karena tidak jarang mengakibatkan mata menjadi merah. Mata seringkali terinfeksi kotoran dan debu sehingga mata menjadi merah disertai dengan rasa gatal. Kebiasaan buruk mengucek mata ketika terasa gatal sebenarnya akan memperburuk kondisi mata tidak hanya semakin merah, mata juga akan terasa panas dan juga berair. Ketika terjadi iritasi mata diharapkan untuk tidak mengucek mata dalam waktu yang lama.

Infeksi mata disebabkan oleh banyak hal dan semuanya bisa diatasi dengan melakukan sejumlah terapi secara alami. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menangani mata gatal:

  • Cuci Mata dengan Air Mawar. Cara ini adalah cara paling mudah dan nyaman. Cukup siram mata dengan air mawar setiap hari. Cara ini dapat memberikan efek dingin dan menenangkan pada mata.
  • Timun. Selain bisa dimakan, Timun memang banyak memberikan khasiat pada bagian luar tubuh manusia. Salah satunya, bisa mengatasi mata gatal dan merah. Timun dapat memberikan efek dingin dan menenangkan juga pada mata. Selain itu, Timun mengandung anti-iritiasi yang berguna untuk mengurangi peradangan, bengkak serta iritasi pada mata.
  • Obat Mata. Banyak merk-merk terkenal yang dijual dipasaran cukup teteskan di area mata yang gatal dan merah. Obat mata akan memberikan efek dingin yang dapat menyegarkan pada mata yang gatal.
  • Daun Sirih. Daun Sirih memang disebut-sebut sebagai salah satu apotik hidup yang mudah di dapat. Cukup ambil daun sirih muda segar sebanyak 5-6 helai. Lalu, rebus dengan air hingga mendidih. Setelah ramuan ini direbus, silahkan celupkan mata anda ke ramuan air daun sirih atau bilas mata dengan ramuan daun sirih.
  • Kentang. Irisan kentang mentah juga bisa membantu mengatasi mata gatal dan merah. Tempelkan irisan kentang ke mata dan diamkan. Mata akan merasa rileks dan juga mata gatal dan merah akan segera hilang.
  • Susu. Mata gatal dan merah disertai bengkak, susu bisa menjadi cara terbaik untuk mengatasinya. Ambil Susu dengan kapas, lalu tempelkan ke mata. Mata yang gatal dan merah akan terasa sejuk.
  • Pencahayaan. Perhatikan pencahayaan dalam ruangan.jangan bekerja pada ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata.sebab mata akan cepat lelah karena menerima dua sumber cahaya sekaligus yaitu cahaya lampu dan monitor.
  • Hindari menggunakan kontak lens jika mata masih infeksi.
  • Hindari pemakaian make up. Hindari pemakaian make up di daerah mata sampai infeksi bisa benar-benar hilang atau sembuh.
  • Berhenti menggosok mata Anda. Hal ini justru menyebabkan peradangan setelah menggosok. Menggosok mata bisa mendorong alergen atau bakteri masuk lebih dalam sehingga malah meningkatkan rasa mata gatal dan membuat mata semakin merah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY