Penanganan Multiple Sclerosis pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Wanita merupakan kelompok yang paling banyak menderita Multiple Sclerosis, wanita dua kali lebih umum terserang penyakit ini dibandingkan dengan laki-laki. Umumnya penyakit ini menyerang wanita antara usia 22 – 39 tahun tahun, namun jangkauan serangan dari penyakit ini sebenarnya sangat luas hingga mencapai kira-kira usia 10 – 59 tahun.

Multiple Sclerosis (MS) adalah penyakit yang menyerang sistem syaraf pusat, yaitu otak dan jaringan syaraf sumsum tulang belakang akibat rusaknya Myelin. Kerusakan Myelin sendiri terjadi akibat autoimun dimana sistem kekebalan tubuh yang keliru, sistem kekebalan yang seharusnya bertugas sebagai benteng pertahanan tubuh dari verbagai virus yang masuk pada kasus autoimun pada Multiple Sclerosis malah menyerang Myelin yang merupakan lapisan lemak putih yang membentuk selubung silinder meduler di sekitar sumbu dari beberapa serabut syaraf, rusaknya Myelin akan mengakibatkan sinyal-sinyal yang dikirimkan dari otak ke bagian tubuh lain atau sebalikny akan terganggu karena Myelin memungkinkan untuk mengalirkan impuls syaraf otak ke bagian tubuh lain ataupun sebaliknya.

Faktor dari seseorang terkena Multiple Scelrosis masih belum diketahui secara pasti hingga kini adapun beberapa hal yang diyakini menjadi faktor mulai dari usia, jenis kelamin, faktor genetik, pengaruh infeksi tertentu, pengaruh kondisi autoimun tertentu, merokok, kekurangan vitamin D, cuaca, sampai suhu dapat menjadi pebebab seseorang terserang Multiple Sclerosis.

Gejala yang terjadi pada orang yang terkena penyakit ini bisa beragam karena rusaknya Myelin dapat menyerang mata, keseimbangan, otot, indera perasa, kemampuan berbicara, kandung kemih, usus, dan sensitivitas terhadap panas. beberapa gejala yang umumnya timbul karena penyakit ini adalah bermasalah dengan kandung kemih atau buang air besar, cadel, letih, pusing, kejang otot (tremor), lemah atau mati rasa pada salah satu bagian tubuh atau satu tungkai disaat yang bersamaan, masalah dengan berjalan kaki karena kurangnya koordinasi, gangguan penglihatan pada satu mata dan terasa sakit ketika menggerakan bola mata, kejang, perubahan sensorik, kesemutan, atau electricshock yang terjadi pada saat leher digerakkan, ini sering terjadi terutama ada saat membungkukan leher ke depan (lhermitte sign), sampai pada gangguan kognitif dan emosi.

Multiple Sclerosis sendiri dibagi menjadi 4 jenis, yang pertama yaitu Relapsing-Remitting MS, Benign MS, Secondary Progressive MS, dan Primary Progressive MS. Pembagian jenis dari Multiple Sclerosis ini bergantung pada gejala yang dialami oleh penderita.

Meskipun Multiple Sclerosis adalah penyakit progresif yang belum ditemukan obatnya namun ada baiknya Anda melakukan beberapa penanganan untuk menanggulangi Multiple Sclerosis yang Anda derita, beberapa cara yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Meningkatkan asupan vitamin D. Kekurangan vitamin d menjadi salah satu faktor penyebab penyakit ini maka dengan menambah asupan vitamin D ketubuh maka diyakini dapat mengurangi gejala atau mencegah Anda terserang penyakit ini.
  • Meningkatkan asupan lemak esential. Asam lemak omega 3 dapat menghambat mediator inflamatori di jaringan perifel dan sel gilal.
  • Mengurangi gula. Pengurangan gula dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah yang dapat mengarah pada inflamasi kronis.
  • Mengurangi susu dan produk susu hasil pasteurisasi. Penelitain yang dimuat dalam jurnal Neuroepidemiology memuat bahwa mengkonsumsi susu sapi ada kaitannya dengan prevalensi penyakit ini.
  • Hindari aspartam dan jus buah kalengan atau botolan yang artifisial. Aspartam dapat dengan cepat dimetabolis menjadi metanol yang erupakan neurotoksin.
  • Perbanyak konsumsi makanan nabati yang mentah. Ini dapat membantu orang yang memiliki penyakit autoimun yang parah karena bahan organik yang belum diolah mengandung banyak nutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Kontrol kadar zat besi. Kelebihan zat besi dapat merusak endothelium dan merusak DNA
  • Menerapakan pola hidup sehat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY